Program Studi Info Prodi | IIK Bhakti Wiyata

Pendaftaran Program Reguler, Jalur Reguler 1 Gelombang 1, D3 D4 S1 IIK Bhakta T.A. 2024 - 2025 Daftar Sekarang

Telah dibuka Program Kelas Karyawan (Kategori RPL, Progsus dan Alih Jenjang) TA 2024-2025Info Selengkapnya

S1 Psikologi

Menghasilkan tenaga psikologi yang memiliki keunggulan di bidang psikologi kesehatan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

S1 Psikologi

border
Tingkat : Sarjana
SKS : 148
Durasi : 4 Tahun
Gelar : S.Psi
akreditasi

Akreditasi LAM-PTKes

Terakreditasi

Sekilas Tentang Program Studi S1 Psikologi

Program studi S1 Psikologi Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK Bhakta) berdiri pada tahun 2022 dengan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknokogi Republik Indonesia No 555/E/O/2022. Berdirinya program studi S1 Psikologi sebagai program studi ke-22 di IIK Bhakta menunjukkan bahwa institut kesehatan pertama di Indonesia ini selalu fokus dalam usaha pemenuhan tenaga kesehatan yang berkualitas. Psikologi merupakan salah satu bidang ilmu yang memiliki peranan dalam kesehatan. Prodi S1 Psikologi IIK Bhakta memiliki keunggulan pada psikologi kesehatan.

 

Psikologi Kesehatan merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana pengaruh faktor psikologis dalam menjaga kondisi sehat dan ketika mengalami kondisi sakit. Psikologi kesehatan menjadi keunggulan Prodi S1 Psikologi IIK Bhakta karena diharapkan mampu menciptakan lulusan yang unggul sebagai tenaga psikologi di lingkup penyedia layanan kesehatan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Ilmu Psikologi yang berdampingan dengan Ilmu Kesehatan masih belum banyak ditemui di Indonesia. Dalam penyelenggaraan pembelajaran dan Tridharma Perguruan Tinggi, Prodi S1 Psikologi IIK Bhakta bekerjasama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) dan berbagai fasilitas layanan kesehatan serta dunia kerja dan industri untuk mensukseskan implementasi kurikulum Merdeka Belajar.

DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini

Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Kesehatan

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi S1 Psikologi

Puput Mariyati, M.Psi.Psikolog , Kaprodi S1 Psikologi IIK Bhakta

Selamat Datang di S1 Psikologi

Program studi S1 Psikologi merupakan program studi sarjana yang berada di bawah Fakultas Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. Program studi S1 Psikologi berdiri pada tahun 2022 sebagai program studi ke-22 di Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK Bhakta) dengan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No 555/E/O/2022.

Prodi S1 Psikologi IIK Bhakta berfokus pada psikologi kesehatan, yaitu ilmu psikologi yang mempelajari bagaimana pengaruh faktor psikologis dalam menjaga kondisi kesehatan. Psikologi kesehatan menjadi keunggulan Prodi S1 Psikologi IIK Bhakta karena diharapkan mampu menciptakan lulusan bergelar S.Psi (Sarjana Psikologi) yang unggul sebagai tenaga psikologi yang mampu meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Selain itu, lulusan Program juga dapat bekerja sebagai tenaga kerja di bidang SDM, Staf konsultan di bidang psikologi, pengajar dan pengembang pendidikan, penulis, konselor, pengembang komunitas, asisten peneliti, asisten Psikolog, fasilitator dan motivator dalam program pelatihan, administrator alat tes psikologi dan pelaku usaha mandiri.

Sebagai prodi baru, Program Studi S1 Psikologi IIK Bhakta banyak diminati oleh calon mahasiswa. Psikologi menjadi salah satu jurusan kuliah terfavorit di Indonesia. Hal ini bisa menjadi peluang bagi Program Studi S1 Psikologi IIK Bhakta untuk berkembang pesat dan menghasilkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan dan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja, seperti kemampuan melakukan interview, observasi, dan tes psikologi, mengembangkan instrumen pengukuran psikologi, menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada, melakukan intervensi psikologi non-klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi dan masyarakat, memperoleh informasi dari data dan melakukan analisis data secara bertanggungjawab, melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif serta menuangkan pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah sesuai dengan kaidah etik dan profesionalisme, dan merencanakan dan mengembangkan karier dan pengembangan diri sendiri. Semoga Program Studi S1 Psikologi IIK Bhakta makin dikenal oleh masyarakat dan makin banyak peminat. Terima kasih.

Salam sehat jiwa!

Kaprodi S1 Psikologi

Puput Mariyati, M.Psi.Psikolog

Jumlah Statistik
statistik prodi S1 Psikologi IIK Bhakta

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi
Menjadi program studi yang unggul dalam mutu pengelolaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang psikologi kesehatan sesuai perkembangan IPTEK berlandaskan budaya PLUS di tingkat nasional tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan psikologi yang bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga menghasilkan tenaga psikologi yang unggul di tingkat nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu di tingkat nasional untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang psikologi kesehatan berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu di tingkat nasional berdasarkan keahlian di bidang psikologi kesehatan untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.
  4. Mengembangkan kelembagaan menuju manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

Sikap:

  1. Mampu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Mampu berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain.
  6. Mampu bekerjasama dan memiliki rasa kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Mampu menaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang psikologi kesehatan secara mandiri.
  10. Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Mampu menginternalisasi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama) dalam memberikan pelayanan psikologi

 

Pengetahuan:

  1. Mampu menguasai konsep dasar dan teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, organisasi dan komunitas.
  2. Mampu memahami dan menerapkan metode penelitian dasar psikologi termasuk rancangan penelitian analisis data dan interpretasinya.
  3. Mampu memahami konsep dasar asesmen psikologis dalam menganalisis gejala psikologis pada inividu, kelompok, organisasi dan komunitas.
  4. Mampu memahami konsep intervensi non klinis berasarkan prinsip-prinsip perubahan perilaku pada individu, kelompok, organisasi dan komunitas.
  5. Mampu menguasai prinsip-prinsip literasi data, teknologi dan humanitas

 

Keterampilan Umum:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang psikologi kesehatan
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang psikologi kesehatan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang psikologi kesehatan berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  10. Mampu memuplikasikan karya akademik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir yang diunggah dalam laman perguruan tinggi
  11. Mampu beradaptasi, bekerjasama, berkreasi, berkontribusi dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global
  12. Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarisme
  13. Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  14. Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulisan

Keterampilan Khusus:

  1. Mampu melakukan interview, observasi, dan tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia.
  2. Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik dan modern.
  3. Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada.
  4. Mampu melakukan intervensi psikologi non-klinis untuk perubahan perilaku individu,  kelompok, organisasi dan masyarakat dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia.
  5. Mampu memperoleh informasi dari data dan melakukan analisis data secara bertanggungjawab.
  6. Mampu memperoleh serta mengolah informasi melalui penggunaan teknologi secara bertanggungjawab dalam konteks psikologi.
  7. Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif generik.
  8. Mampu menuangkan pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah sesuai dengan kaidah etik dan profesionalisme.
  9. Mampu merencanakan dan mengembangkan karier dan pengembangan diri sendiri (career and personal development).
  10. Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
S1 Psikologi IIK Bhakta

Asisten Psikolog
Asisten Psikolog
HRD
HRD
Pengajar
Pengajar
Konselor
Konselor
Asisten Peneliti
Asisten Peneliti
Perwira Karier
Perwira Karier
Fasilitator dan Motivator
Fasilitator dan Motivator
Pelaku Usaha Mandiri
Pelaku Usaha Mandiri
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta
Pengajar
Pengajar
Administrator Tes Psikologi
Administrator Tes Psikologi

Distribusi Mata Kuliah


Semester


No Data

Fasilitas Laboratorium
S1 Psikologi

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Anak
Lab Anatomi & Fisiologi
Lab ANC
Lab Baby Spa
Lab Bermain Anak
Lab CBT Center
Lab Elektroterapi
Lab Gizi
Lab Gymnasium
Lab Imunoserologi
Lab INC & Neunatus
Lab KMB 1
Lab KMB 2
Lab Komunitas Keluarga
Lab Konseling Individu
Lab Laboran dan Alat Tes
Lab Manajemen
Lab Manual Terapi
Lab Mini Hospital
Lab OSCE
Lab Pediatri
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab PNC
Lab Anak
Lab Anatomi & Fisiologi
Lab ANC
Lab Baby Spa
Lab Bermain Anak
Lab CBT Center
Lab Elektroterapi
Lab Gizi
Lab Gymnasium
Lab Imunoserologi
Lab INC & Neunatus
Lab KMB 1
Lab KMB 2
Lab Komunitas Keluarga
Lab Konseling Individu
Lab Laboran dan Alat Tes
Lab Manajemen
Lab Manual Terapi
Lab Mini Hospital
Lab OSCE
Lab Pediatri
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab PNC
360 Campus Tour IIK Bhakta

Sekilas Tentang Program Studi S1 Psikologi

Program studi S1 Psikologi Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK Bhakta) berdiri pada tahun 2022 dengan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknokogi Republik Indonesia No 555/E/O/2022. Berdirinya program studi S1 Psikologi sebagai program studi ke-22 di IIK Bhakta menunjukkan bahwa institut kesehatan pertama di Indonesia ini selalu fokus dalam usaha pemenuhan tenaga kesehatan yang berkualitas. Psikologi merupakan salah satu bidang ilmu yang memiliki peranan dalam kesehatan. Prodi S1 Psikologi IIK Bhakta memiliki keunggulan pada psikologi kesehatan.

 

Psikologi Kesehatan merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana pengaruh faktor psikologis dalam menjaga kondisi sehat dan ketika mengalami kondisi sakit. Psikologi kesehatan menjadi keunggulan Prodi S1 Psikologi IIK Bhakta karena diharapkan mampu menciptakan lulusan yang unggul sebagai tenaga psikologi di lingkup penyedia layanan kesehatan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Ilmu Psikologi yang berdampingan dengan Ilmu Kesehatan masih belum banyak ditemui di Indonesia. Dalam penyelenggaraan pembelajaran dan Tridharma Perguruan Tinggi, Prodi S1 Psikologi IIK Bhakta bekerjasama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) dan berbagai fasilitas layanan kesehatan serta dunia kerja dan industri untuk mensukseskan implementasi kurikulum Merdeka Belajar.



DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini





Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Kesehatan

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi S1 Psikologi

Puput Mariyati, M.Psi.Psikolog , Kaprodi S1 Psikologi IIK Bhakta

Selamat Datang di S1 Psikologi

Program studi S1 Psikologi merupakan program studi sarjana yang berada di bawah Fakultas Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. Program studi S1 Psikologi berdiri pada tahun 2022 sebagai program studi ke-22 di Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK Bhakta) dengan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No 555/E/O/2022.

Prodi S1 Psikologi IIK Bhakta berfokus pada psikologi kesehatan, yaitu ilmu psikologi yang mempelajari bagaimana pengaruh faktor psikologis dalam menjaga kondisi kesehatan. Psikologi kesehatan menjadi keunggulan Prodi S1 Psikologi IIK Bhakta karena diharapkan mampu menciptakan lulusan bergelar S.Psi (Sarjana Psikologi) yang unggul sebagai tenaga psikologi yang mampu meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Selain itu, lulusan Program juga dapat bekerja sebagai tenaga kerja di bidang SDM, Staf konsultan di bidang psikologi, pengajar dan pengembang pendidikan, penulis, konselor, pengembang komunitas, asisten peneliti, asisten Psikolog, fasilitator dan motivator dalam program pelatihan, administrator alat tes psikologi dan pelaku usaha mandiri.

Sebagai prodi baru, Program Studi S1 Psikologi IIK Bhakta banyak diminati oleh calon mahasiswa. Psikologi menjadi salah satu jurusan kuliah terfavorit di Indonesia. Hal ini bisa menjadi peluang bagi Program Studi S1 Psikologi IIK Bhakta untuk berkembang pesat dan menghasilkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan dan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja, seperti kemampuan melakukan interview, observasi, dan tes psikologi, mengembangkan instrumen pengukuran psikologi, menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada, melakukan intervensi psikologi non-klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi dan masyarakat, memperoleh informasi dari data dan melakukan analisis data secara bertanggungjawab, melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif serta menuangkan pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah sesuai dengan kaidah etik dan profesionalisme, dan merencanakan dan mengembangkan karier dan pengembangan diri sendiri. Semoga Program Studi S1 Psikologi IIK Bhakta makin dikenal oleh masyarakat dan makin banyak peminat. Terima kasih.

Salam sehat jiwa!

Kaprodi S1 Psikologi

Puput Mariyati, M.Psi.Psikolog

Jumlah Statistik
statistik prodi S1 Psikologi IIK Bhakta

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi
Menjadi program studi yang unggul dalam mutu pengelolaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang psikologi kesehatan sesuai perkembangan IPTEK berlandaskan budaya PLUS di tingkat nasional tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan psikologi yang bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga menghasilkan tenaga psikologi yang unggul di tingkat nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu di tingkat nasional untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang psikologi kesehatan berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu di tingkat nasional berdasarkan keahlian di bidang psikologi kesehatan untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.
  4. Mengembangkan kelembagaan menuju manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

Sikap:

  1. Mampu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Mampu berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain.
  6. Mampu bekerjasama dan memiliki rasa kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Mampu menaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang psikologi kesehatan secara mandiri.
  10. Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Mampu menginternalisasi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama) dalam memberikan pelayanan psikologi

 

Pengetahuan:

  1. Mampu menguasai konsep dasar dan teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, organisasi dan komunitas.
  2. Mampu memahami dan menerapkan metode penelitian dasar psikologi termasuk rancangan penelitian analisis data dan interpretasinya.
  3. Mampu memahami konsep dasar asesmen psikologis dalam menganalisis gejala psikologis pada inividu, kelompok, organisasi dan komunitas.
  4. Mampu memahami konsep intervensi non klinis berasarkan prinsip-prinsip perubahan perilaku pada individu, kelompok, organisasi dan komunitas.
  5. Mampu menguasai prinsip-prinsip literasi data, teknologi dan humanitas

 

Keterampilan Umum:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang psikologi kesehatan
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang psikologi kesehatan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang psikologi kesehatan berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  10. Mampu memuplikasikan karya akademik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir yang diunggah dalam laman perguruan tinggi
  11. Mampu beradaptasi, bekerjasama, berkreasi, berkontribusi dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global
  12. Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarisme
  13. Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  14. Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulisan

Keterampilan Khusus:

  1. Mampu melakukan interview, observasi, dan tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia.
  2. Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik dan modern.
  3. Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada.
  4. Mampu melakukan intervensi psikologi non-klinis untuk perubahan perilaku individu,  kelompok, organisasi dan masyarakat dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia.
  5. Mampu memperoleh informasi dari data dan melakukan analisis data secara bertanggungjawab.
  6. Mampu memperoleh serta mengolah informasi melalui penggunaan teknologi secara bertanggungjawab dalam konteks psikologi.
  7. Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif generik.
  8. Mampu menuangkan pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah sesuai dengan kaidah etik dan profesionalisme.
  9. Mampu merencanakan dan mengembangkan karier dan pengembangan diri sendiri (career and personal development).
  10. Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
S1 Psikologi IIK Bhakta

Asisten Psikolog
Asisten Psikolog
HRD
HRD
Pengajar
Pengajar
Konselor
Konselor
Asisten Peneliti
Asisten Peneliti
Perwira Karier
Perwira Karier
Fasilitator dan Motivator
Fasilitator dan Motivator
Pelaku Usaha Mandiri
Pelaku Usaha Mandiri
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta
Pengajar
Pengajar
Administrator Tes Psikologi
Administrator Tes Psikologi

Distribusi Mata Kuliah


Semester


No Data

Fasilitas Laboratorium
S1 Psikologi

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Anak
Lab Anatomi & Fisiologi
Lab ANC
Lab Baby Spa
Lab Bermain Anak
Lab CBT Center
Lab Elektroterapi
Lab Gizi
Lab Gymnasium
Lab Imunoserologi
Lab INC & Neunatus
Lab KMB 1
Lab KMB 2
Lab Komunitas Keluarga
Lab Konseling Individu
Lab Laboran dan Alat Tes
Lab Manajemen
Lab Manual Terapi
Lab Mini Hospital
Lab OSCE
Lab Pediatri
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab PNC
Lab Anak
Lab Anatomi & Fisiologi
Lab ANC
Lab Baby Spa
Lab Bermain Anak
Lab CBT Center
Lab Elektroterapi
Lab Gizi
Lab Gymnasium
Lab Imunoserologi
Lab INC & Neunatus
Lab KMB 1
Lab KMB 2
Lab Komunitas Keluarga
Lab Konseling Individu
Lab Laboran dan Alat Tes
Lab Manajemen
Lab Manual Terapi
Lab Mini Hospital
Lab OSCE
Lab Pediatri
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab PNC
360 Campus Tour IIK Bhakta