Program Studi D3 Fisioterapi | IIK Bhakti Wiyata

Pendaftaran Program Reguler, Jalur Reguler 1 Gelombang 1, D3 D4 S1 IIK Bhakta T.A. 2024 - 2025 Daftar Sekarang

Telah dibuka Program Kelas Karyawan (Kategori RPL, Progsus dan Alih Jenjang) TA 2024-2025Info Selengkapnya

D3 Fisioterapi

Kompetensi utama lulusan prodi ini adalah memberikan pelayanan rehabilitasi medis pasien dengan cidera fisik, faktor penuaan, penyakit atau lingkungan.

D3 Fisioterapi

border
Tingkat : Diploma 3
SKS : 118
Durasi : 4 Tahun
Gelar : Ahli Madya Kesehatan (A.Md.Kes)
akreditasi

Akreditasi LAM-PTKes

Baik Sekali | 0359/LAM-PTKes/Akr/Dip/IX/2021

Sekilas Tentang Program Studi D3 Fisioterapi

Informasi

Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan/atau kelompok untuk mengembangkan, memeilihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis) pelatihan fungsi, dan komunikasi. 

Fisioterapi didasari pada teori ilmiah dan dinamis yang diaplikasikan secara luas dalam hal penyembuhan, pemulihan, pemeliharaan, dan promosi fungsi gerak tubuh yang optimal, meliputi: mengelola gangguan gerak dan fungsi, meningkatkan kemampuan fisik dan fungsional tubuh, mengembalikan, memelihara, dan mempromosikan fungsi fisik yang optimal, kebugaran dan kesehatan jasmani, kualitas hidup yang berhubungan dengan gerakan dan kesehatan, mencegah terjadinya gangguan, gejala, dan perkembangan, keterbatasan kemampuan fungsi, serta kecacatan yang mungkin dihasilkan oleh penyakit, gangguan, kondisi, ataupun cedera.Selanjutnya, setiap orang yang telah lulus pendidikan fisioterapi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Mengapa Belajar Program Studi ini di IIK Bhakta?

Letaknya yang strategis di Jawa Timur, menjalin kerjasama dengan berbagai RS baik di Jawa Timur dan Jawa Tengah, mempunyai gedung dan sarana yang memadai, biaya yang terjangkau, Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mempunyai laboratorium yang memadai, ruangan kelas ber AC, adanya keterampilan tambahan di bidang akupunktur dan akupresur.

 

Pekerjaan Masa Depan

Lulusan D3 Fisioterapi memiliki berbagai kesempatan di lapangan kerja. Mayoritas dari lulusan ini bekerja sebagai:

  1. PNS baik di Rumah sakit maupun puskesmas.
  2. Fisioterapis di Rumah sakit swasta.
  3. Fisioterapis di klinik pelayanan kesehatan.
  4. Tenaga fisioterapis di Klub kebugaran/klub olahraga.
  5. Tenaga terapis di pusat perawatan kecantikan (Salon dan Spa).
  6. Berpraktek secara mandiri.
  7. Home visit/ kunjungan rumah.
  8. Klinik tumbuh kembang.
  9. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Email : fisioterapi@iik.ac.id

DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini

PRESTASI

Selain belajar bersama, dosen dan para mahasiswa di IIK Bhakta juga saling support dalam meraih prestasi bersama.

Prestasi Mahasiswa D3 Fisioterapi

Mahasiswa prodi D3 Fisioterapi, Mulyani Dwi Atmojo berhasil raih Juara 3 Kateori Putra dalam ajang Pencak Silat UNP CUP di Universitas PGRI Kediri.

Prestasi Mahasiswa D3 Fisioterapi

Mahasiswa D3 Fisioterapi yang diwakilkan oleh Mohammad Ainurrahman Raih Juara 1 dalam Lomba High Ollie Skateboard 2018 di Sumenep, Madura.

Prestasi Mahasiswa D3 Fisioterapi

Elkana Gary Sayo Mahasiswa Prodi D3 Fisioterapi Meraih Juara 1 Duta Lalu Lintas Kota Kediri 2018.

Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Kesehatan

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi D3 Fisioterapi

Whida Rahmawati, SST.FT, M , Kaprodi D3 Fisioterapi IIK Bhakta

Selamat Datang di D3 Fisioterapi

Program Studi D3 Fisioterapi merupakan program studi vokasi yang berda dibawah Fakultas Kesehatan Institut Ilmu KEsehatan Bhakti WIyata Kediri dan berdiri sejak bulan September 2005 TERDAFTAR berdasarkan SK pendirian No : 139/D/O/2005. Program Studi D3 Fisioterapi telah terakreditasi B oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan dengan no SK 0359/LAM-PTKes/Akr/Dip/IX/2021, tanggal 10 September 2021.

Program Studi D3 Fisioterapi berorientasi untuk menghasilkan tenaga teknis fisioterapi yang siap bekerja dalam pelayanan tindakan teknis fisioterapi, sebagai edukator dalam bidang fisioterapi, sebagai pelaksana promotor kesehatan di bidang fisioterapi, sebagai pengelola ALur teknis Pelayanan Fisioterapi dan sebagai asisten peneliti klinik di dalam bidang fisioterapi khususnya fisioterapi muskuloskeletal dan olahraga. Kurikulum D3 Fisioterapi yang digunakan berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dengan menitikberatkan pada mata kuliah praktikum dalam meningkatkan kompetensi lulusan. Mahasiswa D3 Fisioterapi sudah dibekali PKL di rumah sakit dan klinik fisioterapi khusus berdasarkan kompetensi yang dicapai. Pada masa akhir studi mahasiswa mengikuti ujian kompetensi Fisioterapi Nasional / UKOM serta diambil sumpahnya sebagai Tenaga Teknis Fisioterapi.

Sampai saat ini Prodi D3 Fisioterapi telah menghasilkan lulusan yang bekerja di berbagai bidang instansi kesehatan. Lulusan D3 Fisioterapi menjadi lulusan yang cepat mendapatkan pekerjaan dengan masa tunggu relatif singkat. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa lulusan D3 Fisioterapi IIK Bhakta merupakan tenaga kesehatan yang banyak dibutuhkan dan mampu bersaing didunia kerja. Dengan Demikian diharapkan prodi D3 Fisioterapi dapat terus berkontribusi di dunia kesehatan sesuai dengan visi dan misi institut dan ikut serta dalam mencerdaskan bangsa melalui Tri dharma perguruan tinggi. Berdasarkan hal ini kami berharap kepercayaan masyarakat luas kepada prodi D3 Fisioterapi akan semakin meningkat. Terima Kasih dan selamat berkarya.

Kaprodi D3 Fisioterapi

Whida Rahmawati, SST.FT, M

Jumlah Statistik
statistik prodi D3 Fisioterapi IIK Bhakta

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam mutu pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat di bidang sport physio dan muskuloskeletal berdasarkan perkembangan IPTEK dan pengelolaan berlandaskan budaya PLUS di tingkat nasional tahun 2025

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi (Competency based) yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan di bidang fisioterapi khususnya fisioterapi musculoskeletal.
  2. Melaksanakan penelitian (evidence-based practice Physiotheraphy) yang berkualitas berbasis musculuskeletal
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dan melibatkan peran serta masyarakat khususnya di bidang musculoskeletal
  4. Melaksanakan manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem  informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama).

 

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan fisioterapi yang mampu berpikir kritis dan ilmiah, berdaya saing tinggi serta kompeten di bidang fisioterapi khususnya fisioterapi musculoskeletal.
  2. Meningkatkan kerjasama kemitraan dengan lembaga-lembaga pemerintahan, swasta, di tingkat lokal dan nasional sebagai upaya meningkatkan kualitas gerak dan fungsi tubuh khususnya di bidang musculoskeletal.
  3. Menghasilkan penelitian yang terkait dengan kualitas gerak dan fungsi tubuh di bidang fisioterapi khususnya musculoskeletal.

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

Mampu melaksanakan penatalaksanaan fisioterapi untuk mengoptimalkan kesehatan pada bidang musculoskeletal dengan berfokus pada upaya preventif, promotif, kuratif, rehabilitatif, dokumentasi dan edukatif serta cekatan dalam penanganan kedaruratan pada pasien serta mampu melakukan dan memodifikasi tindakan terapi pada layanan gerak dan fungsi pada aspek musculoskeletal sepanjang rentang kehidupan.

Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta

Pengembangan Kompetensi Mahasiswa dengan PBL dan PKL

Mahasiswa D3 Farmasi melaksanakan PKL sebagai tenaga teknis kefarmasian pada semester 6 (enam) selama satu bulan yang bertempat di RS. Bhayangkara Surabaya, apotek Kimia Farma Surabaya, Malang, Kediri dan sejumlah daerah lainnya di Jawa Timur.

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
D3 Fisioterapi IIK Bhakta

Apotek
Apotek
Rumah Sakit
Rumah Sakit
Puskesmas
Puskesmas
Club kebugaran
Club kebugaran
Pusat Perawatan Kencantikan
Pusat Perawatan Kencantikan
Praktek Mandiri
Praktek Mandiri
Home Visit
Home Visit
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta

Apa Kata Alumni tentang D3 Fisioterapi IIK Bhakta?

Testimoni Mifta Holida Fitri, lulusan D3 Fisioterapi IIK Bhakta

Selama belajar di IIK Bhakta, baik karyawan dosen maupun teman-teman sangat ramah. Apalagi di jurusan D3 Fisioterapi ini mendapatkan ilmu tentang Fisioterapi kecantikan dan acupresure yang dapat saya kembangkan setelah lulus. Sebelum saya lulus pun saya sudah bekerja dan memang saya akui lapangan pekerjaan untuk Fisioterapi lulusan IIK Bhakta Kediri masih sangat luas. Banyak pengalaman selama belajar di kampus ini yang bisa saya salurkan dalam dunia kerja. Terima kasih Fisioterapi IIK Bhakta SUKSES SELALU.

Mifta Holida Fitri
Tahun Lulus 2010

Testimoni Adelya Dewi Titisari, lulusan D3 Fisioterapi IIK Bhakta

Lingkungan kampus sangat enak untuk belajar. Pelajaran yang di dapat pada jurusan D3 Fisioterapi sangat menarik dan variatif. Membuat saya sangat bersemangat menjadi Fisioterapis. Dosennya pun sangat bersahabat dan enak di ajak sharing. Saya bangga kuliah di IIK Bhakta jurusan D3 Fisioterapi.

Adelya Dewi Titisari
Tahun Lulus 2011

Distribusi Mata Kuliah


Semester


distribusi mata kuliah

Fasilitas Laboratorium
D3 Fisioterapi

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Anak
Lab Anatomi & Fisiologi
Lab ANC
Lab Baby Spa
Lab Bermain Anak
Lab CBT Center
Lab Elektroterapi
Lab Gizi
Lab Gymnasium
Lab Imunoserologi
Lab INC & Neunatus
Lab KMB 1
Lab KMB 2
Lab Komunitas Keluarga
Lab Konseling Individu
Lab Laboran dan Alat Tes
Lab Manajemen
Lab Manual Terapi
Lab Mini Hospital
Lab OSCE
Lab Pediatri
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab PNC
Lab Anak
Lab Anatomi & Fisiologi
Lab ANC
Lab Baby Spa
Lab Bermain Anak
Lab CBT Center
Lab Elektroterapi
Lab Gizi
Lab Gymnasium
Lab Imunoserologi
Lab INC & Neunatus
Lab KMB 1
Lab KMB 2
Lab Komunitas Keluarga
Lab Konseling Individu
Lab Laboran dan Alat Tes
Lab Manajemen
Lab Manual Terapi
Lab Mini Hospital
Lab OSCE
Lab Pediatri
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab PNC
360 Campus Tour IIK Bhakta

Sekilas Tentang Program Studi D3 Fisioterapi

Informasi

Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan/atau kelompok untuk mengembangkan, memeilihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis) pelatihan fungsi, dan komunikasi. 

Fisioterapi didasari pada teori ilmiah dan dinamis yang diaplikasikan secara luas dalam hal penyembuhan, pemulihan, pemeliharaan, dan promosi fungsi gerak tubuh yang optimal, meliputi: mengelola gangguan gerak dan fungsi, meningkatkan kemampuan fisik dan fungsional tubuh, mengembalikan, memelihara, dan mempromosikan fungsi fisik yang optimal, kebugaran dan kesehatan jasmani, kualitas hidup yang berhubungan dengan gerakan dan kesehatan, mencegah terjadinya gangguan, gejala, dan perkembangan, keterbatasan kemampuan fungsi, serta kecacatan yang mungkin dihasilkan oleh penyakit, gangguan, kondisi, ataupun cedera.Selanjutnya, setiap orang yang telah lulus pendidikan fisioterapi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Mengapa Belajar Program Studi ini di IIK Bhakta?

Letaknya yang strategis di Jawa Timur, menjalin kerjasama dengan berbagai RS baik di Jawa Timur dan Jawa Tengah, mempunyai gedung dan sarana yang memadai, biaya yang terjangkau, Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mempunyai laboratorium yang memadai, ruangan kelas ber AC, adanya keterampilan tambahan di bidang akupunktur dan akupresur.

 

Pekerjaan Masa Depan

Lulusan D3 Fisioterapi memiliki berbagai kesempatan di lapangan kerja. Mayoritas dari lulusan ini bekerja sebagai:

  1. PNS baik di Rumah sakit maupun puskesmas.
  2. Fisioterapis di Rumah sakit swasta.
  3. Fisioterapis di klinik pelayanan kesehatan.
  4. Tenaga fisioterapis di Klub kebugaran/klub olahraga.
  5. Tenaga terapis di pusat perawatan kecantikan (Salon dan Spa).
  6. Berpraktek secara mandiri.
  7. Home visit/ kunjungan rumah.
  8. Klinik tumbuh kembang.
  9. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Email : fisioterapi@iik.ac.id



DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini



PRESTASI

Selain belajar bersama, dosen dan para mahasiswa di IIK Bhakta juga saling support dalam meraih prestasi bersama.

Prestasi Mahasiswa D3 Fisioterapi

Mahasiswa prodi D3 Fisioterapi, Mulyani Dwi Atmojo berhasil raih Juara 3 Kateori Putra dalam ajang Pencak Silat UNP CUP di Universitas PGRI Kediri.

Prestasi Mahasiswa D3 Fisioterapi

Mahasiswa D3 Fisioterapi yang diwakilkan oleh Mohammad Ainurrahman Raih Juara 1 dalam Lomba High Ollie Skateboard 2018 di Sumenep, Madura.

Prestasi Mahasiswa D3 Fisioterapi

Elkana Gary Sayo Mahasiswa Prodi D3 Fisioterapi Meraih Juara 1 Duta Lalu Lintas Kota Kediri 2018.



Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Kesehatan

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi D3 Fisioterapi

Whida Rahmawati, SST.FT, M , Kaprodi D3 Fisioterapi IIK Bhakta

Selamat Datang di D3 Fisioterapi

Program Studi D3 Fisioterapi merupakan program studi vokasi yang berda dibawah Fakultas Kesehatan Institut Ilmu KEsehatan Bhakti WIyata Kediri dan berdiri sejak bulan September 2005 TERDAFTAR berdasarkan SK pendirian No : 139/D/O/2005. Program Studi D3 Fisioterapi telah terakreditasi B oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan dengan no SK 0359/LAM-PTKes/Akr/Dip/IX/2021, tanggal 10 September 2021.

Program Studi D3 Fisioterapi berorientasi untuk menghasilkan tenaga teknis fisioterapi yang siap bekerja dalam pelayanan tindakan teknis fisioterapi, sebagai edukator dalam bidang fisioterapi, sebagai pelaksana promotor kesehatan di bidang fisioterapi, sebagai pengelola ALur teknis Pelayanan Fisioterapi dan sebagai asisten peneliti klinik di dalam bidang fisioterapi khususnya fisioterapi muskuloskeletal dan olahraga. Kurikulum D3 Fisioterapi yang digunakan berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dengan menitikberatkan pada mata kuliah praktikum dalam meningkatkan kompetensi lulusan. Mahasiswa D3 Fisioterapi sudah dibekali PKL di rumah sakit dan klinik fisioterapi khusus berdasarkan kompetensi yang dicapai. Pada masa akhir studi mahasiswa mengikuti ujian kompetensi Fisioterapi Nasional / UKOM serta diambil sumpahnya sebagai Tenaga Teknis Fisioterapi.

Sampai saat ini Prodi D3 Fisioterapi telah menghasilkan lulusan yang bekerja di berbagai bidang instansi kesehatan. Lulusan D3 Fisioterapi menjadi lulusan yang cepat mendapatkan pekerjaan dengan masa tunggu relatif singkat. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa lulusan D3 Fisioterapi IIK Bhakta merupakan tenaga kesehatan yang banyak dibutuhkan dan mampu bersaing didunia kerja. Dengan Demikian diharapkan prodi D3 Fisioterapi dapat terus berkontribusi di dunia kesehatan sesuai dengan visi dan misi institut dan ikut serta dalam mencerdaskan bangsa melalui Tri dharma perguruan tinggi. Berdasarkan hal ini kami berharap kepercayaan masyarakat luas kepada prodi D3 Fisioterapi akan semakin meningkat. Terima Kasih dan selamat berkarya.

Kaprodi D3 Fisioterapi

Whida Rahmawati, SST.FT, M

Jumlah Statistik
statistik prodi D3 Fisioterapi IIK Bhakta

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam mutu pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat di bidang sport physio dan muskuloskeletal berdasarkan perkembangan IPTEK dan pengelolaan berlandaskan budaya PLUS di tingkat nasional tahun 2025

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi (Competency based) yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan di bidang fisioterapi khususnya fisioterapi musculoskeletal.
  2. Melaksanakan penelitian (evidence-based practice Physiotheraphy) yang berkualitas berbasis musculuskeletal
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dan melibatkan peran serta masyarakat khususnya di bidang musculoskeletal
  4. Melaksanakan manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem  informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama).

 

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan fisioterapi yang mampu berpikir kritis dan ilmiah, berdaya saing tinggi serta kompeten di bidang fisioterapi khususnya fisioterapi musculoskeletal.
  2. Meningkatkan kerjasama kemitraan dengan lembaga-lembaga pemerintahan, swasta, di tingkat lokal dan nasional sebagai upaya meningkatkan kualitas gerak dan fungsi tubuh khususnya di bidang musculoskeletal.
  3. Menghasilkan penelitian yang terkait dengan kualitas gerak dan fungsi tubuh di bidang fisioterapi khususnya musculoskeletal.

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

Mampu melaksanakan penatalaksanaan fisioterapi untuk mengoptimalkan kesehatan pada bidang musculoskeletal dengan berfokus pada upaya preventif, promotif, kuratif, rehabilitatif, dokumentasi dan edukatif serta cekatan dalam penanganan kedaruratan pada pasien serta mampu melakukan dan memodifikasi tindakan terapi pada layanan gerak dan fungsi pada aspek musculoskeletal sepanjang rentang kehidupan.

Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta

Pengembangan Kompetensi Mahasiswa dengan PBL dan PKL

Mahasiswa D3 Farmasi melaksanakan PKL sebagai tenaga teknis kefarmasian pada semester 6 (enam) selama satu bulan yang bertempat di RS. Bhayangkara Surabaya, apotek Kimia Farma Surabaya, Malang, Kediri dan sejumlah daerah lainnya di Jawa Timur.

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
D3 Fisioterapi IIK Bhakta

Apotek
Apotek
Rumah Sakit
Rumah Sakit
Puskesmas
Puskesmas
Club kebugaran
Club kebugaran
Pusat Perawatan Kencantikan
Pusat Perawatan Kencantikan
Praktek Mandiri
Praktek Mandiri
Home Visit
Home Visit
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta

Apa Kata Alumni tentang D3 Fisioterapi IIK Bhakta?

Testimoni Mifta Holida Fitri, lulusan D3 Fisioterapi IIK Bhakta

Selama belajar di IIK Bhakta, baik karyawan dosen maupun teman-teman sangat ramah. Apalagi di jurusan D3 Fisioterapi ini mendapatkan ilmu tentang Fisioterapi kecantikan dan acupresure yang dapat saya kembangkan setelah lulus. Sebelum saya lulus pun saya sudah bekerja dan memang saya akui lapangan pekerjaan untuk Fisioterapi lulusan IIK Bhakta Kediri masih sangat luas. Banyak pengalaman selama belajar di kampus ini yang bisa saya salurkan dalam dunia kerja. Terima kasih Fisioterapi IIK Bhakta SUKSES SELALU.

Mifta Holida Fitri
Tahun Lulus 2010

Testimoni Adelya Dewi Titisari, lulusan D3 Fisioterapi IIK Bhakta

Lingkungan kampus sangat enak untuk belajar. Pelajaran yang di dapat pada jurusan D3 Fisioterapi sangat menarik dan variatif. Membuat saya sangat bersemangat menjadi Fisioterapis. Dosennya pun sangat bersahabat dan enak di ajak sharing. Saya bangga kuliah di IIK Bhakta jurusan D3 Fisioterapi.

Adelya Dewi Titisari
Tahun Lulus 2011

Distribusi Mata Kuliah


Semester


distribusi mata kuliah

Fasilitas Laboratorium
D3 Fisioterapi

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Anak
Lab Anatomi & Fisiologi
Lab ANC
Lab Baby Spa
Lab Bermain Anak
Lab CBT Center
Lab Elektroterapi
Lab Gizi
Lab Gymnasium
Lab Imunoserologi
Lab INC & Neunatus
Lab KMB 1
Lab KMB 2
Lab Komunitas Keluarga
Lab Konseling Individu
Lab Laboran dan Alat Tes
Lab Manajemen
Lab Manual Terapi
Lab Mini Hospital
Lab OSCE
Lab Pediatri
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab PNC
Lab Anak
Lab Anatomi & Fisiologi
Lab ANC
Lab Baby Spa
Lab Bermain Anak
Lab CBT Center
Lab Elektroterapi
Lab Gizi
Lab Gymnasium
Lab Imunoserologi
Lab INC & Neunatus
Lab KMB 1
Lab KMB 2
Lab Komunitas Keluarga
Lab Konseling Individu
Lab Laboran dan Alat Tes
Lab Manajemen
Lab Manual Terapi
Lab Mini Hospital
Lab OSCE
Lab Pediatri
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab PNC
360 Campus Tour IIK Bhakta