Program Studi D3 Analisis Farmasi Makanan | IIK Bhakti Wiyata

Pendaftaran Program Reguler, Jalur Reguler 1 Gelombang 1, D3 D4 S1 IIK Bhakta T.A. 2024 - 2025 Daftar Sekarang

Telah dibuka Program Kelas Karyawan (Kategori RPL, Progsus dan Alih Jenjang) TA 2024-2025Info Selengkapnya

D3 Analisis Farmasi & Makanan

Lulusan D3 Analisis Farmasi dan Makanan mampu mengambil sampel bahan farmasi, kosmetik dan makanan dengan benar, serta terampil menetapkan metode analisa yang akan digunakan.

D3 Analisis Farmasi & Makanan

border
Tingkat : Diploma
SKS : 111
Durasi : 3 Tahun
Gelar : A.Md.Kes
akreditasi

Akreditasi LAM-PTKes

B | 0169/LAM-PTKes/Akr/Dip /IV/2020

Sekilas Tentang Program Studi D3 Analisis Farmasi & Makanan

Program studi D3 Analisis Farmasi dan Makanan memberikan pendidikan yang lebih spesifik dan fokus pada bidang analisis atau pengujian sediaan farmasi dan makanan. Mahasiswa diberi pemahaman mendalam tentang teknik analisis, standar kualitas, dan peraturan yang berlaku dalam industri farmasi dan makanan. D3 Analisis Farmasi dan Makanan menekankan pengembangan keterampilan praktis dalam melakukan berbagai jenis analisis, seperti analisis kimia, mikrobiologi, dan fisik. Mahasiswa belajar tentang teknik-teknik laboratorium terkini dan berlatih menggunakan peralatan analisis modern yang digunakan dalam industri farmasi dan makanan.

Lulusan dari prodi ini dipersiapkan dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk langsung masuk ke dunia kerja. Mereka dapat bekerja di laboratorium farmasi dan pemerintah, laboratorium kontrol kualitas makanan, perusahaan farmasi dan makanan, badan pengawas makanan dan obat, serta institusi penelitian. Meskipun D3 Analisis Farmasi dan Makanan secara langsung mempersiapkan lulusan untuk memasuki dunia kerja, mereka juga dapat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi jika mereka ingin mengejar spesialisasi atau posisi yang lebih tinggi dalam industri farmasi dan makanan.

 

Awal Mula D3 Anafarma di IIK Bhakta

Dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia dan memenuhi kebutuhan pasar pada bidang tenaga ahli madya analis farmasi dan makanan, prodi ini berdiri tahun 1993 berdasarkan SK Menkes No. HK. 00.06.1.1.1860 tentang izin penyelenggaraan akademi analisa farmasi dan makanan Bhakti Wiyata Kediri dan diperbarui izinnnya pada tanggal 27 September 2005 dengan No SK pendirian 139/D/O/2005 dan perubahan nama dari Akademi Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) menjadi D3 Analisis Farmasi dan Makanan (D3 ANAFARMA) bergabung dibawah Fakultas Farmasi di Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. 

D3 Analisis Farmasi dan Makanan (D3 Anafarma) Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri adalah jenjang pendidikan tinggi program Diploma Kesehatan, yang diselenggarakan dengan tujuan:

  1. Menghasilkan tenaga teknis kefarmasian yang unggul dan kompeten dibidang Analisis obat tradisional.
  2. Menghasilkan penelitian dasar dan terapan dalam bidang Analisis obat tradisional untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat. 
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat berdasarkan keahlian dibidang Analisis obat tradisional untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat. 
  4. Menghasilkan program studi yang efisien dan efektif pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama)

D3 Anafarma terakreditasi berdasarkan Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan No. HK. 06.01/IV/3/00362/2010 berlalu selama 5 tahun. Reakreditasi D3 Anafarma IIK Bhakta dilakukan pada tahun 2015. D3 Anafarma IIK-BW Kediri terakreditasi berdasarkan SK Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (PERKUMPULAN LAM-PT Kes) No: 0162/LAM-PTKes/Akr/Dip/XI/2015. Masa studi PS D3 Anafarma IIK Bhakta Kediri di tempuh dengan studi selama 3 tahun dengan jumlah total SKS (Sistem Kredit Semester) maksimal 120 SKS.

Anafarma merupakan jenjang pendidikan Diploma 3 bergelar Ahli Madya Analis Kesehatan (A.Md.Kes) yang bertujuan untuk menghasilkan Ahli Madya Analis yang terampil, berdedikasi, berkualitas sehingga lulusannya mampu memasuki dunia kerja sebagai tenaga laboratorium kontrol kualitas (QC), Laboratorium Penelitian dan Pengembangan (R&D) pada industri obat, obat tradisional, kosmetik, alat kesehatan makanan dan minuman, serta sebagai tenaga analisis di Laboratorium Industri Farmasi dan Makanan, BPOM dan Balai Standardisasi.

DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini

Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Farmasi

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi D3 Analisis Farmasi & Makanan

apt. Rachma Nurhayati, M.Farm , Kaprodi D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

Selamat Datang di D3 Analisis Farmasi & Makanan

Program Studi D3 Analisis Farmasi dan Makanan (Anafarma) merupakan program studi vokasi yang berada di bawah Fakultas Farmasi Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri dan berdiri sejak 27 September 2005. Prodi D3 Anafarma telah terakreditasi B berdasarkan SK Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Nomor SK : 0169/LAM-PTKes/Akr/Dip /IV/2020.

Prodi D3 Anafarma berorientasi menghasilkan tenaga vokasi farmasi yang siap bekerja di bidang analisis atau pengujian laboratorium baik di bidang farmasi maupun makanan sebagai bagian dari penjaminan mutu produk. Kurikulum D3 Anafarma yang digunakan berbasis KKNI (Kerangka Klasifikasi Nasional Indonesia) dengan menititik beratkan pada mata kuliah praktikum untuk meningkatan kompetensi lulusan.

Mahasiswa D3 Anafarma sudah dibekali dengan PKL (Praktek Kerja Lapangan) di berbagai lahan seperti Industri Farmasi, Industri Obat Tradisional, Industri Makanan dan Minuman, Balai Pengujian Pemerintah (BPOM, Balai Standardisasi, Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu, Materia Medika Batu, dsb) dan Perum Jasa Tirta sehingga mampu meningkatkan kompetensi di dunia kerja. Pada Akhir masa studi mahasiswa mengikuti ujian kompetensi secara nasional serta diambil sumpahnya sebagai tenaga vokasi farmasi.

Sampai saat ini Prodi D3 Anafarma telah menghasilkan lulusan yang bekerja diberbagai perusahaan dan instansi kesehatan. Lulusan D3 Anafarma menjadi lulusan yang mendapatkan pekerjaan dengan masa tunggu relatif singkat yaitu minimal 3 bulan setelah kelulusan. Ini merupakan bukti nyata bahwa lulusan D3 Anafarma IIK Bhakti WIyata Kediri merupakan tenaga kesehatan yang banyak dibutuhkan yang mampu bersaing didunia kerja.

Dengan demikian diharapkan prodi D3 Anafarma terus memberikan kontribusi di dunia kesehatan sesuai dengan visi institusi dan ikut serta dalam mencerdaskan bangsa melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan Fakta ini kami berharap kepercayaan masyarakat luas kepada prodi D3 Anafarma akan semakin meningkat. Terima Kasih dan Selamat Berkarya

Kaprodi D3 Analisis Farmasi & Makanan

apt. Rachma Nurhayati, M.Farm

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi Program Studi D3 Anafarma IIK BW-Kediri

Menjadi program studi yang unggul dalam mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang analisis obat tradisional dan pengelolaan berlandaskan budaya PLUS pada tahun 2025.

Misi Program Studi D3 Analisis Farmasi dan Makanan

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang bermutu untuk menghasilkan tenaga teknis kefarmasian yang unggul.
  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu untuk  mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang farmasi yang berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat bermutu dibidang farmasi dalam memanfaatkan ilmu dan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.
  4. Mengembangkan kelembagaan menuju manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan Sejahtera dalam berkehidupan Bersama).

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

1. Pelaksana Pengujian Mutu Sediaan Farmasi dan Makanan

Ahli Madya Kesehatan bidang Analis Farmasi dan Makanan mempunyai kemampuan dalam melaksanakan Analisis mutu sediaan Farmasi dan Makanan sesuai standar operasional dan standar baku Analis.

2. Pelaksana Pemastian Mutu Sediaan Farmasi dan Makanan

Ahli Madya Kesehatan bidang Analis Farmasi dan Makanan mempunyai kemampuan dalam melaksanakan pemastian mutu sediaan   farmasi dan makanan   sesuai   Standar Operasional  Prosedur.

3. Asisten Peneliti dalam Pengembangan Pengujian Mutu Sediaan Farmasi dan Makanan

Ahli Madya Kesehatan bidang Analis Farmasi dan Makanan mempunyai kemampuan dalam membantu proses penelitian dasar, terapan dan pengembangan pengujian di laboratorium bidang farmasi dan makanan.

4. Pelaksana Pengelolaan Laboratorium Farmasi dan Makanan

Ahli Madya Kesehatan bidang Analis Farmasi dan Makanan mempunyai kemampuan melaksanakan pengelolaaan bahan dan peralatan laboratorium Farmasi dan Makanan.

Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta

Pengembangan Kompetensi Mahasiswa dengan PBL dan PKL

Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron program pendidikan dengan progam penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung. Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori-teori yang diperoleh dari mata kuliah yang telah diberikan sehingga terampil dalam bidangnya. Kemudian setelah menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan mahasiswa membuat laporan ke akademik. PKL dilaksanakan selama 3 bulan.

Lahan PKL yang sudah kami jalani diantaranya yaitu:

  1. Perusahaan Umum (PERUM) Jasa Tirta I LKA Malang dan Mojokerto
  2. UPT Materia Medika Batu Malang
  3. Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Surabaya
  4. Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan
  5. UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang-Lembaga Tembakau Surabaya
  6. PT. Phapros Tbk
  7. PT. PIM Pharmaceutical
  8. PT. Organon Pharma Indonesia Tbk
  9. PT. Rama Emerald Multi Sukses
  10. PT. Balatif

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

Apotek
Apotek
Rumah Sakit
Rumah Sakit
Puskesmas
Puskesmas
Pedagang Besar Farmasi
Pedagang Besar Farmasi
Industri Farmasi
Industri Farmasi
Lembaga Pendidkan
Lembaga Pendidkan
Industri makan dan minuman
Industri makan dan minuman
Dinas Kesehatan
Dinas Kesehatan
Balai Penelitian Tanaman Obat dan Obat Tradisional
Balai Penelitian Tanaman Obat dan Obat Tradisional
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan
Industri Obat Tradisional
Industri Obat Tradisional
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta

Apa Kata Alumni tentang D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta?

Testimonial from Yustika Natalia Trisnawati, A.Md, graduate of  D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

Kuliah di IIK Bhakta itu asyik, terutama jurusan Analisis Farmasi dan Makanan kita bisa belajar bereksperimen dengan berbagai bahan kimia maupun obat, bakteri dan sebagainya. Dan menurut saya pribadi jurusan ini sangat umum. Jadi jika kita memasuki dunia kerja banyak lowongan kerja yang bisa kita masuki, tak terkecuali apotek. So, kuliah di IIK Bhakta itu tidak rugi jika kita benar-benar mempunyai niat untuk belajar bukan hanya mencari nilai semata, karena setiap prestasi yang kita dapat disana kita juga mendapat reward-nya, yakni beasiswa dan saya pernah mendapatkannya.

Yustika Natalia Trisnawati, A.Md
Tahun Lulus 2012
Staff Laboratorium Serologi di PT. Mensana Satwa Timur Blitar – Jawa Timur

Testimonial from Nuryana Y. Tantika, graduate of  D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

Kurang dari 3 bulan saya sudah mendapatkan panggilan kerja di Medece Kosmetika Indonesia, saya bekerja dari tahun 2017 hingga saat ini. Pertama kali saya menginjakkan kaki di IIK BW. Saya yakin, ini adalah salah satu kampus kesehatan terbaik. Perkembangannya sangat luar biasa dari tahun ke tahun. Tidak salah menjadikan IIK BW pilihan nomor satu. IIK BW tidak hanya mengajarkan kita ilmu-ilmu yang seharusnya kita pelajari, tetapi kreatifitas dan inovasi sebagai mahasiswa pun sangat dihargai. Suatu kebanggaan bagi saya pernah menjadi bagian dari institusi pendidikan yang memiliki visi dan misi untuk selalu maju dan terdepan dalam mutu.

Nuryana Y. Tantika
Tahun Lulus 2017
Produk Specialist di Medece Kosmetika Indonesia

Testimonial from Pita Yuntika, graduate of  D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

IIK BW adalah kampus yang memiliki banyak sekali pilihan jurusan, salah satunya adalah analis farmasi dan makanan. Disana mendapatkan ilmu mengenai ilmu analisa baik dari obat kimia, obat tradisional, kosmetik, makanan serta minuman dan lebih menariknya lagi dari pengalaman yang saya dapat lulusan IIK BW lebih mudah loh untuk mendapatkan pekerjaan dan tidak kalah saing dengan lulusan dari univ lain yang lebih besar Terimakasih IIK

Pita Yuntika
Tahun Lulus 2017
Analis QC di PT. Interbat Sidoarjo

Testimonial from Wening Tyas Nugraheni, graduate of  D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

IIK BW merupakan institut kesehatan pertama yg ada di indonesia. Selain dalam bidang medis, IIK BW juga memiliki prodi analis farmasi dan makanan dimana kita bisa bereksperimen terhadap apa yang biasa kita konsumsi seperti makanan, minuman, obat, dan kosmetik, menganalisis berbagai produk, bagaimana baik buruknya kandungan yg ada dlm suatu produk.. dan masih banyak hal bisa dipelajari di prodi ini dan hampir semua industri akan membutuhkannya.. so, jangan khawatir akan pekerjaanmu nanti.. yg terpenting adalah tunjukkan kualitas diri.. Saya sudah membuktikannya, sekarang giliranmu...

Wening Tyas Nugraheni
Tahun Lulus 2018
Analis di PT Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul Tbk.

Testimonial from Martinus Sabiyantus Tes Loe, graduate of  D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

IIK BW Kediri merupakan salah satu institut kesehatan yg berada d jawa timur tepatnya di kota Kediri, IIK BW Kediri memiliki berbagai macam jurusan kesehatan salah satunya jurusan D3 Analisis Farmasi dan Makanan yg saya pelajari. Di jurusan ini saya banyak sekali belajar tentang cara mengidentifikasi zat-zat berbahaya dan bakteri yg ada pada makanan minuman, kosmetik dan obat tradisional. Yang saya banggakan dari jurusan D3 Analisis Farmasi dan Makanan adalah kita daapt dengan mudah bekerja di dunia perindustrian dan instansi kesehatan pemerintah. Sehingga dengan ilmu yg saya pelajari di jurusan ini saya dapat di terima untuk bekerja di salah satu instansi pemerihan Balai Pengawasan Obat dan Makanan di Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur. Terima Kasih.

Martinus Sabiyantus Tes Loe
Tahun Lulus 2016
Tenaga Teknis Laboratorium di Pos POM Atambua (Balai Pengawas Obat dan Makanan di Kupang) NTT

Testimonial from Kikik Andrian, graduate of  D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

IIK BW salah satu tempat perkuliahan yang recommended, seperti jurusan analisis farmasi dan makanan yang mengajarkan saya banyak hal diantaranya saya bisa melakukan eksperimen kimia,fisika,biologi,makanan dan minuman. Semuanya ada dalam satu jurusan ini. Yg jadi poin penting saya bangga dengan lulusan di anafarma ini, terlebih jangkauan didunia kerja sangat banyak dan beragam. Selain akademiknya yg menurut saya sudah baik, non akademik nya juga gak kalah baik contohnya saya, hoby saya yang silat saya berhasil dapat juara tingkat nasional loh Terima kasih IIK BW

Kikik Andrian
Tahun Lulus 2018
QC & Supervisor di PT. Bumi Widoro Kandang-Surabaya

Course Distribution


Semester


distribusi mata kuliah

Fasilitas Laboratorium
D3 Analisis Farmasi & Makanan

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Bakteriologi
Lab Biologi Farmasi
Lab Farmakognisi
Lab Farmakologi
Lab Farmasetika
Lab Hematologi
Lab Instrument
Lab Kimia Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Parasitologi
Lab Simulasi Apotek
Lab Teknologi Sediaan Solida
Lab Teknologi Sediaan Steril
Lab Bakteriologi
Lab Biologi Farmasi
Lab Farmakognisi
Lab Farmakologi
Lab Farmasetika
Lab Hematologi
Lab Instrument
Lab Kimia Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Parasitologi
Lab Simulasi Apotek
Lab Teknologi Sediaan Solida
Lab Teknologi Sediaan Steril
360 Campus Tour IIK Bhakta

Sekilas Tentang Program Studi D3 Analisis Farmasi & Makanan

Program studi D3 Analisis Farmasi dan Makanan memberikan pendidikan yang lebih spesifik dan fokus pada bidang analisis atau pengujian sediaan farmasi dan makanan. Mahasiswa diberi pemahaman mendalam tentang teknik analisis, standar kualitas, dan peraturan yang berlaku dalam industri farmasi dan makanan. D3 Analisis Farmasi dan Makanan menekankan pengembangan keterampilan praktis dalam melakukan berbagai jenis analisis, seperti analisis kimia, mikrobiologi, dan fisik. Mahasiswa belajar tentang teknik-teknik laboratorium terkini dan berlatih menggunakan peralatan analisis modern yang digunakan dalam industri farmasi dan makanan.

Lulusan dari prodi ini dipersiapkan dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk langsung masuk ke dunia kerja. Mereka dapat bekerja di laboratorium farmasi dan pemerintah, laboratorium kontrol kualitas makanan, perusahaan farmasi dan makanan, badan pengawas makanan dan obat, serta institusi penelitian. Meskipun D3 Analisis Farmasi dan Makanan secara langsung mempersiapkan lulusan untuk memasuki dunia kerja, mereka juga dapat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi jika mereka ingin mengejar spesialisasi atau posisi yang lebih tinggi dalam industri farmasi dan makanan.

 

Awal Mula D3 Anafarma di IIK Bhakta

Dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia dan memenuhi kebutuhan pasar pada bidang tenaga ahli madya analis farmasi dan makanan, prodi ini berdiri tahun 1993 berdasarkan SK Menkes No. HK. 00.06.1.1.1860 tentang izin penyelenggaraan akademi analisa farmasi dan makanan Bhakti Wiyata Kediri dan diperbarui izinnnya pada tanggal 27 September 2005 dengan No SK pendirian 139/D/O/2005 dan perubahan nama dari Akademi Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) menjadi D3 Analisis Farmasi dan Makanan (D3 ANAFARMA) bergabung dibawah Fakultas Farmasi di Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. 

D3 Analisis Farmasi dan Makanan (D3 Anafarma) Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri adalah jenjang pendidikan tinggi program Diploma Kesehatan, yang diselenggarakan dengan tujuan:

  1. Menghasilkan tenaga teknis kefarmasian yang unggul dan kompeten dibidang Analisis obat tradisional.
  2. Menghasilkan penelitian dasar dan terapan dalam bidang Analisis obat tradisional untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat. 
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat berdasarkan keahlian dibidang Analisis obat tradisional untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat. 
  4. Menghasilkan program studi yang efisien dan efektif pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama)

D3 Anafarma terakreditasi berdasarkan Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan No. HK. 06.01/IV/3/00362/2010 berlalu selama 5 tahun. Reakreditasi D3 Anafarma IIK Bhakta dilakukan pada tahun 2015. D3 Anafarma IIK-BW Kediri terakreditasi berdasarkan SK Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (PERKUMPULAN LAM-PT Kes) No: 0162/LAM-PTKes/Akr/Dip/XI/2015. Masa studi PS D3 Anafarma IIK Bhakta Kediri di tempuh dengan studi selama 3 tahun dengan jumlah total SKS (Sistem Kredit Semester) maksimal 120 SKS.

Anafarma merupakan jenjang pendidikan Diploma 3 bergelar Ahli Madya Analis Kesehatan (A.Md.Kes) yang bertujuan untuk menghasilkan Ahli Madya Analis yang terampil, berdedikasi, berkualitas sehingga lulusannya mampu memasuki dunia kerja sebagai tenaga laboratorium kontrol kualitas (QC), Laboratorium Penelitian dan Pengembangan (R&D) pada industri obat, obat tradisional, kosmetik, alat kesehatan makanan dan minuman, serta sebagai tenaga analisis di Laboratorium Industri Farmasi dan Makanan, BPOM dan Balai Standardisasi.



DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini





Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Farmasi

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi D3 Analisis Farmasi & Makanan

apt. Rachma Nurhayati, M.Farm , Kaprodi D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

Selamat Datang di D3 Analisis Farmasi & Makanan

Program Studi D3 Analisis Farmasi dan Makanan (Anafarma) merupakan program studi vokasi yang berada di bawah Fakultas Farmasi Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri dan berdiri sejak 27 September 2005. Prodi D3 Anafarma telah terakreditasi B berdasarkan SK Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Nomor SK : 0169/LAM-PTKes/Akr/Dip /IV/2020.

Prodi D3 Anafarma berorientasi menghasilkan tenaga vokasi farmasi yang siap bekerja di bidang analisis atau pengujian laboratorium baik di bidang farmasi maupun makanan sebagai bagian dari penjaminan mutu produk. Kurikulum D3 Anafarma yang digunakan berbasis KKNI (Kerangka Klasifikasi Nasional Indonesia) dengan menititik beratkan pada mata kuliah praktikum untuk meningkatan kompetensi lulusan.

Mahasiswa D3 Anafarma sudah dibekali dengan PKL (Praktek Kerja Lapangan) di berbagai lahan seperti Industri Farmasi, Industri Obat Tradisional, Industri Makanan dan Minuman, Balai Pengujian Pemerintah (BPOM, Balai Standardisasi, Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu, Materia Medika Batu, dsb) dan Perum Jasa Tirta sehingga mampu meningkatkan kompetensi di dunia kerja. Pada Akhir masa studi mahasiswa mengikuti ujian kompetensi secara nasional serta diambil sumpahnya sebagai tenaga vokasi farmasi.

Sampai saat ini Prodi D3 Anafarma telah menghasilkan lulusan yang bekerja diberbagai perusahaan dan instansi kesehatan. Lulusan D3 Anafarma menjadi lulusan yang mendapatkan pekerjaan dengan masa tunggu relatif singkat yaitu minimal 3 bulan setelah kelulusan. Ini merupakan bukti nyata bahwa lulusan D3 Anafarma IIK Bhakti WIyata Kediri merupakan tenaga kesehatan yang banyak dibutuhkan yang mampu bersaing didunia kerja.

Dengan demikian diharapkan prodi D3 Anafarma terus memberikan kontribusi di dunia kesehatan sesuai dengan visi institusi dan ikut serta dalam mencerdaskan bangsa melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan Fakta ini kami berharap kepercayaan masyarakat luas kepada prodi D3 Anafarma akan semakin meningkat. Terima Kasih dan Selamat Berkarya

Kaprodi D3 Analisis Farmasi & Makanan

apt. Rachma Nurhayati, M.Farm

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi Program Studi D3 Anafarma IIK BW-Kediri

Menjadi program studi yang unggul dalam mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang analisis obat tradisional dan pengelolaan berlandaskan budaya PLUS pada tahun 2025.

Misi Program Studi D3 Analisis Farmasi dan Makanan

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang bermutu untuk menghasilkan tenaga teknis kefarmasian yang unggul.
  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu untuk  mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang farmasi yang berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat bermutu dibidang farmasi dalam memanfaatkan ilmu dan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.
  4. Mengembangkan kelembagaan menuju manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan Sejahtera dalam berkehidupan Bersama).

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

1. Pelaksana Pengujian Mutu Sediaan Farmasi dan Makanan

Ahli Madya Kesehatan bidang Analis Farmasi dan Makanan mempunyai kemampuan dalam melaksanakan Analisis mutu sediaan Farmasi dan Makanan sesuai standar operasional dan standar baku Analis.

2. Pelaksana Pemastian Mutu Sediaan Farmasi dan Makanan

Ahli Madya Kesehatan bidang Analis Farmasi dan Makanan mempunyai kemampuan dalam melaksanakan pemastian mutu sediaan   farmasi dan makanan   sesuai   Standar Operasional  Prosedur.

3. Asisten Peneliti dalam Pengembangan Pengujian Mutu Sediaan Farmasi dan Makanan

Ahli Madya Kesehatan bidang Analis Farmasi dan Makanan mempunyai kemampuan dalam membantu proses penelitian dasar, terapan dan pengembangan pengujian di laboratorium bidang farmasi dan makanan.

4. Pelaksana Pengelolaan Laboratorium Farmasi dan Makanan

Ahli Madya Kesehatan bidang Analis Farmasi dan Makanan mempunyai kemampuan melaksanakan pengelolaaan bahan dan peralatan laboratorium Farmasi dan Makanan.

Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta

Pengembangan Kompetensi Mahasiswa dengan PBL dan PKL

Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron program pendidikan dengan progam penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung. Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori-teori yang diperoleh dari mata kuliah yang telah diberikan sehingga terampil dalam bidangnya. Kemudian setelah menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan mahasiswa membuat laporan ke akademik. PKL dilaksanakan selama 3 bulan.

Lahan PKL yang sudah kami jalani diantaranya yaitu:

  1. Perusahaan Umum (PERUM) Jasa Tirta I LKA Malang dan Mojokerto
  2. UPT Materia Medika Batu Malang
  3. Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Surabaya
  4. Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan
  5. UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang-Lembaga Tembakau Surabaya
  6. PT. Phapros Tbk
  7. PT. PIM Pharmaceutical
  8. PT. Organon Pharma Indonesia Tbk
  9. PT. Rama Emerald Multi Sukses
  10. PT. Balatif

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

Apotek
Apotek
Rumah Sakit
Rumah Sakit
Puskesmas
Puskesmas
Pedagang Besar Farmasi
Pedagang Besar Farmasi
Industri Farmasi
Industri Farmasi
Lembaga Pendidkan
Lembaga Pendidkan
Industri makan dan minuman
Industri makan dan minuman
Dinas Kesehatan
Dinas Kesehatan
Balai Penelitian Tanaman Obat dan Obat Tradisional
Balai Penelitian Tanaman Obat dan Obat Tradisional
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan
Industri Obat Tradisional
Industri Obat Tradisional
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta

Apa Kata Alumni tentang D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta?

Testimonial from Yustika Natalia Trisnawati, A.Md, graduate of  D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

Kuliah di IIK Bhakta itu asyik, terutama jurusan Analisis Farmasi dan Makanan kita bisa belajar bereksperimen dengan berbagai bahan kimia maupun obat, bakteri dan sebagainya. Dan menurut saya pribadi jurusan ini sangat umum. Jadi jika kita memasuki dunia kerja banyak lowongan kerja yang bisa kita masuki, tak terkecuali apotek. So, kuliah di IIK Bhakta itu tidak rugi jika kita benar-benar mempunyai niat untuk belajar bukan hanya mencari nilai semata, karena setiap prestasi yang kita dapat disana kita juga mendapat reward-nya, yakni beasiswa dan saya pernah mendapatkannya.

Yustika Natalia Trisnawati, A.Md
Tahun Lulus 2012
Staff Laboratorium Serologi di PT. Mensana Satwa Timur Blitar – Jawa Timur

Testimonial from Nuryana Y. Tantika, graduate of  D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

Kurang dari 3 bulan saya sudah mendapatkan panggilan kerja di Medece Kosmetika Indonesia, saya bekerja dari tahun 2017 hingga saat ini. Pertama kali saya menginjakkan kaki di IIK BW. Saya yakin, ini adalah salah satu kampus kesehatan terbaik. Perkembangannya sangat luar biasa dari tahun ke tahun. Tidak salah menjadikan IIK BW pilihan nomor satu. IIK BW tidak hanya mengajarkan kita ilmu-ilmu yang seharusnya kita pelajari, tetapi kreatifitas dan inovasi sebagai mahasiswa pun sangat dihargai. Suatu kebanggaan bagi saya pernah menjadi bagian dari institusi pendidikan yang memiliki visi dan misi untuk selalu maju dan terdepan dalam mutu.

Nuryana Y. Tantika
Tahun Lulus 2017
Produk Specialist di Medece Kosmetika Indonesia

Testimonial from Pita Yuntika, graduate of  D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

IIK BW adalah kampus yang memiliki banyak sekali pilihan jurusan, salah satunya adalah analis farmasi dan makanan. Disana mendapatkan ilmu mengenai ilmu analisa baik dari obat kimia, obat tradisional, kosmetik, makanan serta minuman dan lebih menariknya lagi dari pengalaman yang saya dapat lulusan IIK BW lebih mudah loh untuk mendapatkan pekerjaan dan tidak kalah saing dengan lulusan dari univ lain yang lebih besar Terimakasih IIK

Pita Yuntika
Tahun Lulus 2017
Analis QC di PT. Interbat Sidoarjo

Testimonial from Wening Tyas Nugraheni, graduate of  D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

IIK BW merupakan institut kesehatan pertama yg ada di indonesia. Selain dalam bidang medis, IIK BW juga memiliki prodi analis farmasi dan makanan dimana kita bisa bereksperimen terhadap apa yang biasa kita konsumsi seperti makanan, minuman, obat, dan kosmetik, menganalisis berbagai produk, bagaimana baik buruknya kandungan yg ada dlm suatu produk.. dan masih banyak hal bisa dipelajari di prodi ini dan hampir semua industri akan membutuhkannya.. so, jangan khawatir akan pekerjaanmu nanti.. yg terpenting adalah tunjukkan kualitas diri.. Saya sudah membuktikannya, sekarang giliranmu...

Wening Tyas Nugraheni
Tahun Lulus 2018
Analis di PT Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul Tbk.

Testimonial from Martinus Sabiyantus Tes Loe, graduate of  D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

IIK BW Kediri merupakan salah satu institut kesehatan yg berada d jawa timur tepatnya di kota Kediri, IIK BW Kediri memiliki berbagai macam jurusan kesehatan salah satunya jurusan D3 Analisis Farmasi dan Makanan yg saya pelajari. Di jurusan ini saya banyak sekali belajar tentang cara mengidentifikasi zat-zat berbahaya dan bakteri yg ada pada makanan minuman, kosmetik dan obat tradisional. Yang saya banggakan dari jurusan D3 Analisis Farmasi dan Makanan adalah kita daapt dengan mudah bekerja di dunia perindustrian dan instansi kesehatan pemerintah. Sehingga dengan ilmu yg saya pelajari di jurusan ini saya dapat di terima untuk bekerja di salah satu instansi pemerihan Balai Pengawasan Obat dan Makanan di Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur. Terima Kasih.

Martinus Sabiyantus Tes Loe
Tahun Lulus 2016
Tenaga Teknis Laboratorium di Pos POM Atambua (Balai Pengawas Obat dan Makanan di Kupang) NTT

Testimonial from Kikik Andrian, graduate of  D3 Analisis Farmasi & Makanan IIK Bhakta

IIK BW salah satu tempat perkuliahan yang recommended, seperti jurusan analisis farmasi dan makanan yang mengajarkan saya banyak hal diantaranya saya bisa melakukan eksperimen kimia,fisika,biologi,makanan dan minuman. Semuanya ada dalam satu jurusan ini. Yg jadi poin penting saya bangga dengan lulusan di anafarma ini, terlebih jangkauan didunia kerja sangat banyak dan beragam. Selain akademiknya yg menurut saya sudah baik, non akademik nya juga gak kalah baik contohnya saya, hoby saya yang silat saya berhasil dapat juara tingkat nasional loh Terima kasih IIK BW

Kikik Andrian
Tahun Lulus 2018
QC & Supervisor di PT. Bumi Widoro Kandang-Surabaya

Course Distribution


Semester


distribusi mata kuliah

Fasilitas Laboratorium
D3 Analisis Farmasi & Makanan

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Bakteriologi
Lab Biologi Farmasi
Lab Farmakognisi
Lab Farmakologi
Lab Farmasetika
Lab Hematologi
Lab Instrument
Lab Kimia Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Parasitologi
Lab Simulasi Apotek
Lab Teknologi Sediaan Solida
Lab Teknologi Sediaan Steril
Lab Bakteriologi
Lab Biologi Farmasi
Lab Farmakognisi
Lab Farmakologi
Lab Farmasetika
Lab Hematologi
Lab Instrument
Lab Kimia Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Parasitologi
Lab Simulasi Apotek
Lab Teknologi Sediaan Solida
Lab Teknologi Sediaan Steril
360 Campus Tour IIK Bhakta