Program Studi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok | IIK Bhakti Wiyata

Pendaftaran Program Reguler, Jalur Reguler 1 Gelombang 1, D3 D4 S1 IIK Bhakta T.A. 2024 - 2025 Daftar Sekarang

Telah dibuka Program Kelas Karyawan (Kategori RPL, Progsus dan Alih Jenjang) TA 2024-2025Info Selengkapnya

D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok

Mencetak lulusan yang menguasai aplikasi metode pengobatan tradisional Tiongkok dan bekerjasama langsung dengan Yunnan University dan Baoshan College dalam pemberian beasiswa pendidikan.

D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok

border
Tingkat : Diploma 4
SKS : 146
Durasi : 4 Tahun
Gelar : S.Tr.Kes
akreditasi

Akreditasi LAM-PTKes

B | 0579/LAM-PTKes/Akr/Dip/IX/2019

Sekilas Tentang Program Studi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok

Informasi

Pengobatan ala Tiongkok menjadi sebuah tren masa kini. Masyarakat mulai percaya dan mencoba pengobatan Tiongkok. Pengobatan Tiongkok dipercaya memiliki khasiat dan manfaat luar biasa dalam proses penyembuhan tubuh dari penyakit.

D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) IIK BW merupakan satu-satunya prodi PTT yang ada di Jawa Timur. Kami menjadi pelopor prodi PTT karena melihat animo massa yang banyak membutuhkan lulusan PTT. Untuk menciptakan lulusan dengan kualitas terbaik, kami telah bekerja sama dengan universitas ternama di Cina yaitu Yunnan University of Traditional Chinese Medicine.

Kami juga menggunakan dosen terbaik yang memiliki kompetensi, keahlian dan profesionalitas tinggi. Selain itu prodi PTT telah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium dan kelengkapan alat yang memadai pula. Hal ini membuat prodi PTT semakin mapan dalam mencetak lulusan PTT yang andal dan profesional.

DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini

Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Kesehatan

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok

Anindini Winda Amalia., S.Kep., Ns., M.Si , Kaprodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok IIK Bhakta

Selamat Datang di D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok

Prodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) IIK Bhakta merupakan program studi sarjana terapan yang berada di bawah Fakultas Kesehatan. Prodi D4 PTT telah mendapat akreditasi B dari LAM-PTKes yang berlaku sampai 28 September 2024, suatu capaian yang selalu kami usahakan peningkatannya dari waktu ke waktu.

Di samping itu perlu kami sampaikan bahwa Prodi D4 PTT merupakan pelopor pengembang pengobatan tradisional Tiongkok yang ada di Indonesia, dengan kompetensi utama yang dimiliki lulusannya antara lain akupuntur, herbal, tuina, guasha dan terapi makanan. Untuk meningkatkan kompetensinya prodi kami juga telah bekerjasama dengan kampus Traditional Chinese Medicine di Cina antara lain Yunnan University of Traditional Chinese Medicine, Baoshan College of Traditional Chinese Medicine, dan Fujian University of Traditional Chinese Medicine.

Lulusan kami juga telah tergabung dalam perkumpulan profesi-nya yaitu Perkumpulan Pengobatan Tradisional Interkontinental Indonesia (PPTII). PPTII telah mendapat pengakuan dari Menteri Kesehatan sebagai salah satu jenis tenaga kesehatan tradisional di Indonesia. Hal ini membuat lulusan dari prodi D4 PTT IIK Bhakta dapat memperoleh Surat Tanda Registrasi Tenaga Kesehatan Tradisional (STRTKT) dan Surat Izin Praktik Tenaga Kesehatan Tradisional (SIPTKT), sehingga dapat melegalkan lulusan kami dalam memberikan pelayanan kesehatan tradisional kepada masyarakat. Dengan upaya-upaya ini, kami berharap kepercayaan masyarakat luas terhadap Prodi D4 PTT IIK Bhakta semakin bertambah dari waktu ke waktu.

Kaprodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok

Anindini Winda Amalia., S.Kep., Ns., M.Si

Jumlah Statistik
statistik prodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok IIK Bhakta

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam mutu pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat di bidang penyakit dalam pengobatan tradisional tiongkok berdasarkan perkembangan IPTEK dan pengelolaan berlandaskan budaya PLUS di tingkat nasional tahun 2025

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang bermutu dan dapat dipertanggung jawabkan sehingga menghasilkan tenaga professional kesehatan di bidang penyakit dalam yang unggul di tingkat nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu di tingkat nasional untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi di bidang penyakit dalam berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bermutu di tingkat nasional berdasarkan keahlian di bidang penyakit dalam untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.
  4. Mengembangkan kelembagaan menuju managemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan managemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

CAPAIAN LULUSAN

Sikap :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan Kode Etik Pengobatan Tradisional Tiongkok.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  11. Menginternalisasi budaya PLUS dalam memberikan pelayanan pengobatan tradisional Tiongkok.

 

Ketrampilan Umum:

  1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang pengobatan tradisional Tiongkok.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur sesuai standar pengobatan tradisional Tiongkok.
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pengobatan tradisional Tiongkok yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pelayanan pengobatan tradisional Tiongkok.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Penguasaan Pengetahuan :

  1. Menguasai konsep teoritis bidang ilmu kedokteran dasar (anatomi, fisiologi, biokimia, farmakologi, patologi, patofisiologi, imunologi, mikrobiologi, kegawatdaruratan medik, penyakit infeksi, diagnosis barat).
  2. Menguasai konsep teoritis perkembangan pengobatan TCM, prinsip prosedur dan metode terapi akupuntur, tuina, herbal dan nutrisi sesuai dengan metode TCM.
  3. Menguasai pengetahuan faktual tentang esensi, makna dan perkembangan pengobatan TCM.
  4. Menguasai pengetahuan faktual tentang prinsip TCM: Yin Yang, Lima Unsur, Fenomena organ, Qi-Energi, Xue-darah, cairan tubuh dan Meridian.
  5. Menguasai konsep tentang penyebab penyakit dan proses perkembangan penyakit.
  6. Menguasai prinsip dan metode terapi TCM, 4 cara pemeriksaan klien, differensiasi sindrom menurut ilmu TCM.
  7. Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip promotif, dan preventif terhadap masalah-masalah kesehatan.
  8. Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip metodologi riset, penulisan proposal penelitian, penulisan abstrak, pembuatan dan presentasi poster.Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip kewirausahaan.

Ketrampilan Khusus :

  1. Mampu mengkaji sifat herbal (Indonesia dan Cina) dan mengaplikasikan untuk mengelola masalah kesehatan klien.
  2. Mampu mengaplikasikan metode akupuntur dalam mengelola masalah kesehatan klien.
  3. Mampu mengaplikasikan metode tuina dalam mengelola masalah kesehatan klien.
  4. Mampu mengkaji bahan makanan berkhasiat sesuai dengan kebutuhan klien untuk pemeliharaan dan pemulihan kesehatan klien.

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok IIK Bhakta

Apotek
Apotek
Rumah Sakit
Rumah Sakit
Puskesmas
Puskesmas
Pedagang Besar Farmasi
Pedagang Besar Farmasi
Industri Farmasi
Industri Farmasi
Lembaga Pendidkan
Lembaga Pendidkan
Industri makan dan minuman
Industri makan dan minuman
Dinas Kesehatan
Dinas Kesehatan
Balai Penelitian Tanaman Obat dan Obat Tradisional
Balai Penelitian Tanaman Obat dan Obat Tradisional
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan
Industri Obat Tradisional
Industri Obat Tradisional
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta

Apa Kata Alumni tentang D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok IIK Bhakta?

Testimoni Nurul Fitria Arman, lulusan D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok IIK Bhakta

Unik dan mengesankan. Uniknya karena kita bisa sekaligus belajar bahasa Mandarin di D4 PTT dan mengesankan karena dosen-dosennya berkompeten pada bidangnya sehingga membuat saya lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

Nurul Fitria Arman

Testimoni Lata Manjari, lulusan D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok IIK Bhakta

Senang sekali bisa belajar di IIK BW. Dosen-dosennya sangat berkompeten dan selalu mengajari mahasiswanya sampai bisa. IIK BW satu-satunya lembaga yang berizin untuk menyelenggarakan pendidikan PTT yang bekerjasama dengan Yunnan University of Traditional Chinese Medicine yang sudah terbukti unggul dalam pendidikan PTT. Saya juga senang karena dapat kuliah sekaligus belajar bahasa Mandarin dan belajar tentang pengobatan herbal.

Lata Manjari

Course Distribution


Semester


distribusi mata kuliah

Fasilitas Laboratorium
D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab Mini Hospital
Lab Fisioterapi
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab Mini Hospital
Lab Fisioterapi
360 Campus Tour IIK Bhakta

Sekilas Tentang Program Studi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok

Informasi

Pengobatan ala Tiongkok menjadi sebuah tren masa kini. Masyarakat mulai percaya dan mencoba pengobatan Tiongkok. Pengobatan Tiongkok dipercaya memiliki khasiat dan manfaat luar biasa dalam proses penyembuhan tubuh dari penyakit.

D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) IIK BW merupakan satu-satunya prodi PTT yang ada di Jawa Timur. Kami menjadi pelopor prodi PTT karena melihat animo massa yang banyak membutuhkan lulusan PTT. Untuk menciptakan lulusan dengan kualitas terbaik, kami telah bekerja sama dengan universitas ternama di Cina yaitu Yunnan University of Traditional Chinese Medicine.

Kami juga menggunakan dosen terbaik yang memiliki kompetensi, keahlian dan profesionalitas tinggi. Selain itu prodi PTT telah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium dan kelengkapan alat yang memadai pula. Hal ini membuat prodi PTT semakin mapan dalam mencetak lulusan PTT yang andal dan profesional.



DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini





Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Kesehatan

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok

Anindini Winda Amalia., S.Kep., Ns., M.Si , Kaprodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok IIK Bhakta

Selamat Datang di D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok

Prodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) IIK Bhakta merupakan program studi sarjana terapan yang berada di bawah Fakultas Kesehatan. Prodi D4 PTT telah mendapat akreditasi B dari LAM-PTKes yang berlaku sampai 28 September 2024, suatu capaian yang selalu kami usahakan peningkatannya dari waktu ke waktu.

Di samping itu perlu kami sampaikan bahwa Prodi D4 PTT merupakan pelopor pengembang pengobatan tradisional Tiongkok yang ada di Indonesia, dengan kompetensi utama yang dimiliki lulusannya antara lain akupuntur, herbal, tuina, guasha dan terapi makanan. Untuk meningkatkan kompetensinya prodi kami juga telah bekerjasama dengan kampus Traditional Chinese Medicine di Cina antara lain Yunnan University of Traditional Chinese Medicine, Baoshan College of Traditional Chinese Medicine, dan Fujian University of Traditional Chinese Medicine.

Lulusan kami juga telah tergabung dalam perkumpulan profesi-nya yaitu Perkumpulan Pengobatan Tradisional Interkontinental Indonesia (PPTII). PPTII telah mendapat pengakuan dari Menteri Kesehatan sebagai salah satu jenis tenaga kesehatan tradisional di Indonesia. Hal ini membuat lulusan dari prodi D4 PTT IIK Bhakta dapat memperoleh Surat Tanda Registrasi Tenaga Kesehatan Tradisional (STRTKT) dan Surat Izin Praktik Tenaga Kesehatan Tradisional (SIPTKT), sehingga dapat melegalkan lulusan kami dalam memberikan pelayanan kesehatan tradisional kepada masyarakat. Dengan upaya-upaya ini, kami berharap kepercayaan masyarakat luas terhadap Prodi D4 PTT IIK Bhakta semakin bertambah dari waktu ke waktu.

Kaprodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok

Anindini Winda Amalia., S.Kep., Ns., M.Si

Jumlah Statistik
statistik prodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok IIK Bhakta

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam mutu pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat di bidang penyakit dalam pengobatan tradisional tiongkok berdasarkan perkembangan IPTEK dan pengelolaan berlandaskan budaya PLUS di tingkat nasional tahun 2025

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang bermutu dan dapat dipertanggung jawabkan sehingga menghasilkan tenaga professional kesehatan di bidang penyakit dalam yang unggul di tingkat nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu di tingkat nasional untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi di bidang penyakit dalam berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bermutu di tingkat nasional berdasarkan keahlian di bidang penyakit dalam untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.
  4. Mengembangkan kelembagaan menuju managemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan managemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

CAPAIAN LULUSAN

Sikap :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan Kode Etik Pengobatan Tradisional Tiongkok.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  11. Menginternalisasi budaya PLUS dalam memberikan pelayanan pengobatan tradisional Tiongkok.

 

Ketrampilan Umum:

  1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang pengobatan tradisional Tiongkok.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur sesuai standar pengobatan tradisional Tiongkok.
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pengobatan tradisional Tiongkok yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pelayanan pengobatan tradisional Tiongkok.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Penguasaan Pengetahuan :

  1. Menguasai konsep teoritis bidang ilmu kedokteran dasar (anatomi, fisiologi, biokimia, farmakologi, patologi, patofisiologi, imunologi, mikrobiologi, kegawatdaruratan medik, penyakit infeksi, diagnosis barat).
  2. Menguasai konsep teoritis perkembangan pengobatan TCM, prinsip prosedur dan metode terapi akupuntur, tuina, herbal dan nutrisi sesuai dengan metode TCM.
  3. Menguasai pengetahuan faktual tentang esensi, makna dan perkembangan pengobatan TCM.
  4. Menguasai pengetahuan faktual tentang prinsip TCM: Yin Yang, Lima Unsur, Fenomena organ, Qi-Energi, Xue-darah, cairan tubuh dan Meridian.
  5. Menguasai konsep tentang penyebab penyakit dan proses perkembangan penyakit.
  6. Menguasai prinsip dan metode terapi TCM, 4 cara pemeriksaan klien, differensiasi sindrom menurut ilmu TCM.
  7. Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip promotif, dan preventif terhadap masalah-masalah kesehatan.
  8. Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip metodologi riset, penulisan proposal penelitian, penulisan abstrak, pembuatan dan presentasi poster.Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip kewirausahaan.

Ketrampilan Khusus :

  1. Mampu mengkaji sifat herbal (Indonesia dan Cina) dan mengaplikasikan untuk mengelola masalah kesehatan klien.
  2. Mampu mengaplikasikan metode akupuntur dalam mengelola masalah kesehatan klien.
  3. Mampu mengaplikasikan metode tuina dalam mengelola masalah kesehatan klien.
  4. Mampu mengkaji bahan makanan berkhasiat sesuai dengan kebutuhan klien untuk pemeliharaan dan pemulihan kesehatan klien.

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok IIK Bhakta

Apotek
Apotek
Rumah Sakit
Rumah Sakit
Puskesmas
Puskesmas
Pedagang Besar Farmasi
Pedagang Besar Farmasi
Industri Farmasi
Industri Farmasi
Lembaga Pendidkan
Lembaga Pendidkan
Industri makan dan minuman
Industri makan dan minuman
Dinas Kesehatan
Dinas Kesehatan
Balai Penelitian Tanaman Obat dan Obat Tradisional
Balai Penelitian Tanaman Obat dan Obat Tradisional
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan
Industri Obat Tradisional
Industri Obat Tradisional
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta

Apa Kata Alumni tentang D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok IIK Bhakta?

Testimoni Nurul Fitria Arman, lulusan D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok IIK Bhakta

Unik dan mengesankan. Uniknya karena kita bisa sekaligus belajar bahasa Mandarin di D4 PTT dan mengesankan karena dosen-dosennya berkompeten pada bidangnya sehingga membuat saya lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

Nurul Fitria Arman

Testimoni Lata Manjari, lulusan D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok IIK Bhakta

Senang sekali bisa belajar di IIK BW. Dosen-dosennya sangat berkompeten dan selalu mengajari mahasiswanya sampai bisa. IIK BW satu-satunya lembaga yang berizin untuk menyelenggarakan pendidikan PTT yang bekerjasama dengan Yunnan University of Traditional Chinese Medicine yang sudah terbukti unggul dalam pendidikan PTT. Saya juga senang karena dapat kuliah sekaligus belajar bahasa Mandarin dan belajar tentang pengobatan herbal.

Lata Manjari

Course Distribution


Semester


distribusi mata kuliah

Fasilitas Laboratorium
D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab Mini Hospital
Lab Fisioterapi
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab Mini Hospital
Lab Fisioterapi
360 Campus Tour IIK Bhakta