Program Studi D3 Kebidanan | IIK Bhakti Wiyata

Pendaftaran Program Reguler, Jalur Reguler 1 Gelombang 1, D3 D4 S1 IIK Bhakta T.A. 2024 - 2025 Daftar Sekarang

Telah dibuka Program Kelas Karyawan (Kategori RPL, Progsus dan Alih Jenjang) TA 2024-2025Info Selengkapnya

D3 Kebidanan

Menghasilkan lulusan yang berkualitas di bidang kesehatan ibu dan anak, reproduksi, KB dan mampu membantu proses persalinan. Lulusan D3 kebidanan bisa bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, klinik bersalin) dan dapat pula menjadi asisten peneliti.

D3 Kebidanan

border
Tingkat : Diploma
SKS : 118
Durasi : 3 Tahun
Gelar : A.Md.Keb
akreditasi

Akreditasi LAM-PTKes

Baik Sekali | 0257/LAM-PTKes/Akr/Dip/IV/2022

Sekilas Tentang Program Studi D3 Kebidanan

Informasi

Bidan dapat melaksanakan asuhan kebidanan yang berfokus pada ibu, bayi, balita, anak, remaja, kesehatan reproduksi dan Keluarga berencana (KB).

Bidan merupakan tenaga ahli madya kebidanan yang memiliki kompetensi analisis konseptual dan praktikal disertai kemampuan manajerial berlandaskan pada etika profesi dalam tugas pokok dan fungsinya.

Bidan merupakan tenaga ahli madya kebidanan yang memiliki kemampuan bersaing baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun internasional.

 

Mengapa Belajar Program Studi ini di IIK Bhakta?

IIK Bhakti Wiyata Kediri merupakan insitusi perguruan tinggi di bidang kesehatan yang unggul, kompetitif, berwawasan kebangsaan, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, berperan utama dalam penyelenggaraan pembangunan berkelanjutan yang memberikan manfaat kepada umat manusia.

Pekerjaan Masa Depan

Lulusan D-3 Kebidanan dapat berkesempatan bekerja di institusi seperti :

  1. Rumah Sakit (RS) baik negeri maupun swasta
  2. Puskesmas
  3. Klinik kesehatan
  4. Rumah Bersalin(RB).
  5. Bisa mendirikan BPS (Bidan Praktek swasta).
  6. PNS di bidang Kesehatan.

Email : d3keb@iik.ac.id

DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini

PRESTASI

Selain belajar bersama, dosen dan para mahasiswa di IIK Bhakta juga saling support dalam meraih prestasi bersama.

Prestasi Mahasiswa D3 Kebidanan

Mahasiswa S1 Keperawatan, Ega Restu Riyandi, Lita Rizki Anita dan Nova Dwi Romadini berhasil raih Juara 3 Lomba Poster Nasional yang diselenggarakan oleh AIPNI 2023.

Prestasi Mahasiswa D3 Kebidanan

Mahasiswa D3 Kebidanan, Dinda Risquina Wilujeng berhasil raih Juara 2 News Caster Maephoria International Competition pada tanggal 30 Juni 2023.

Prestasi Mahasiswa D3 Kebidanan

Prodi D3 Kebidanan Raih Juara 3 dalam Ajang "Video Info Bidan" yang diadakan oleh UNICEF Bekerjasama dengan FKM UNAIR pada Tanggal 05 Maret 2019.

Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Kesehatan

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi D3 Kebidanan

Pety Merita Sari S.Tr.Keb,. M.Kes , Kaprodi D3 Kebidanan IIK Bhakta

Selamat Datang di D3 Kebidanan

Assalamu’alaykum warahmatullaahi wabarakatuh.

Selamat datang di Program Studi D3 Kebidanan – Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. Terima kasih sudah menunjukkan ketertarikan dengan Program Studi kami. Program Studi D3 Kebidanan IIK Bhakta saat ini telah terakreditasi “BAIK SEKALI” berdasarkan Sertifikat Akreditasi LAM-PTKes dengan No.0257/LAM-PTKes/Akr/Dip/IV/2022. Program Studi D3 Kebidanan siap menghasilkan lulusan yang unggul dibidang kesehatan ibu dan anak.

Sebagai Kepala Program Studi, saya merasa sangat bangga dan bersyukur dapat memimpin dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan pendidikan di lingkungan IIK Bhakta melalui Program Studi D3 Kebidanan. Program studi ini tidak hanya sekedar tempat menimba ilmu, namun juga menjadi wadah bagi pertumbuhan dan pengembangan potensi mahasiswa dalam bidang keahliannya.

Kami selalu berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman. Dalam era yang penuh tantangan ini, Prodi D3 Kebidanan terus berupaya meningkatkan kurikulum, fasilitas, dan sumber daya lainnya guna mendukung pencapaian prestasi akademik mahasiswa.

Para dosen kami adalah tenaga pengajar yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Mereka tidak hanya memperluas pengetahuan, tetapi juga membentuk kepribadian yang tangguh dan siap menghadapi dunia kerja

Marilah kita bersama-sama membangun suasana akademik yang kondusif, menjunjung tinggi etika ilmiah, dan menjaga keharmonisan dalam lingkungan akademik. Saya yakin, dengan kerjasama dan dedikasi kita bersama, Prodi D3 Kebidanan akan terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Ayo bergabung dan berkembang bersama kami!

Wassalamu’alaykum warahmatullaahi wabarakatuh.

Kaprodi D3 Kebidanan

Pety Merita Sari S.Tr.Keb,. M.Kes

Jumlah Statistik
statistik prodi D3 Kebidanan IIK Bhakta

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi Prodi D3 Kebidanan

Menjadi program studi yang unggul dalam pengelolaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang tumbuh kembang anak yang berbasis digital sesuai perkembangan IPTEK berlandaskan budaya PLUS di tingkat nasional pada tahun 2025.

Misi Prodi D3 Kebidanan

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang bermutu dan dapat dipertanggung jawabkan sehingga menghasilkan tenaga professional kebidanan yang unggul di bidang tumbuh kembang anak berbasis digital pada tingkat nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu di tingkat nasional untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi dibidang kebidanan khususnya tumbuh kembang anak berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional untuk menunjang pengembangan  pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bermutu di tingkat nasional berdasarkan keahlian dibidang ilmu dan tehnologi kebidanan untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.
  4. Mengembangkan kelembagaan menuju managemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan managemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Tujuan Prodi D3 Kebidanan

  1. Menghasilkan lulusan ahli madya kebidanan yang unggul dan dapat dipertanggungjawabkan melalui pendidikan vokasi
  2. Menghasilkan penelitian bermutu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang inovatif dibidang kebidanan khususnya tumbuh kembang anak berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional dalam menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat bermutu berdasarkan keahlian dibidang ilmu dan tehnologi kebidanan untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.
  4. Terwujudnya kelembagaan menuju managemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan managemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

Kompetensi utama

Lulusan program studi D3 Kebidanan IIK Bhakti Wiyata Kediri mengacu pada Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan tentang Kurikulum Inti Pendidikan Diploma III Kebidanan tahun 2011, yaitu :

  1. Mampu berperilaku profesional, beretika, dan bermoral, serta tanggap terhadap nilai sosial budaya dalam praktik kebidanan.
  2. Mampu melakukan komunikasi efektif dengan perempuan, keluarga, masyarakat, sejawat dan profesi lain dalam upaya peningkatan derajat kesehatan ibu & anak dalam pelayanan kebidanan.
  3. Mampu memberikan asuhan kebidanan secara efektif, aman, dan holistik dengan memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui, bayi baru lahir, balita dan kesehatan reproduksi pada kondisi normal berdasarkan standar praktik kebidanan & kode etik profesi.
  4. Mampu memberikan penanganan kegawatdaruratan sesuai dengan kewenangannya.
  5. Mampu melakukan upaya promotif, preventif, deteksi dini dan pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan kebidanan.
  6. Mempunyai kemampuan mengelola kewirausahaan, dalam pelayanan kebidanan yang menjadi tanggung jawabnya.

Kompetensi pendukung

Lulusan program studi D3 Kebidanan IIK Bhakti Wiyata Kediri mengacu pada SK program studi D3 Kebidanan tentang kompetensi pendukung lulusan yaitu :

  1. Mampu merumuskan diagnosis kebidanan, merencanakan intervensi dan re-evaluasi yang didasari keterampilan komunikasi profesional khususnya terkait tumbuh kembang anak.
  2. Mampu memberikan pelayanan khususnya terkait tumbuh kembang anak.
  3. Mempunyai kemampuan dalam bidang Baby Spa & Treatment.

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan

  1. Mempunyai integritas, disiplin dan percaya diri yang tinggi sehingga mampu meningkatkan kinerja di bidang Kebidanan.
  2. Mempunyai kemampuan bekerja secara mandiri, kelompok dan berorganisasi.
  3. Mempunyai kemampuan berbahasa asing (Inggris dan Mandarin).

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
D3 Kebidanan IIK Bhakta

Bidan di Klinik
Bidan di Klinik
Bidan di Rumah Sakit
Bidan di Rumah Sakit
Bidan di Puskesmas
Bidan di Puskesmas
Penyuluh dan Konselor
Penyuluh dan Konselor
Peneliti di Laboratorium
Peneliti di Laboratorium
Pembimbing dan Fasiliator Klinik
Pembimbing dan Fasiliator Klinik
Praktik Bidan Mandiri
Praktik Bidan Mandiri
Penggerak Pemberdayaan perempuan
Penggerak Pemberdayaan perempuan
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta

Apa Kata Alumni tentang D3 Kebidanan IIK Bhakta?

Testimonial from Neny Anggraini, AMd. Keb., graduate of  D3 Kebidanan IIK Bhakta

Kesannya kuliah di IIK Bhakta sangat istimewa karena suasana belajar yang nyaman dan didukung sarana prasarana yang lengkap, metode pembelajaran yang tidak membosankan serta pengajar yang berkualitas. Banyak hal yang saya dapatkan selain studi yang mengagumkan, yaitu bertemu dengan teman-teman dan dosen pengajar yang banyak menambah pengalaman dan wawasan saya.

Neny Anggraini, AMd. Keb.
Tahun Lulus 2018
Bidan (Team Homecare RSUD Gambiran Kota Kediri) di RSUD Gambiran Kediri

Testimoni Rizkita Putri Hadi, lulusan D3 Kebidanan IIK Bhakta

Kuliah di IIK Bhakta memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya, karena memperoleh pengajaran dari tenaga pendidik yang berkompeten sehingga membuat saya mudah menyerap ilmu yang disampaikan. Para pengajar yang friendly, membuat saya tidak malu untuk bertanya ketika mengalami kesulitan dalam latihan praktikum maupun penyusunan laporan asuhan kebidanan.

Rizkita Putri Hadi
Tahun Lulus 2012
Bidan Puskesmas Perak Kabupaten Jombang di Puskesmas Perak Kabupaten Jombang

Testimonial from Ilma Prisma Luthfiana, A.Md.Keb, graduate of  D3 Kebidanan IIK Bhakta

Suatu kebanggaan bagi saya menjadi alumni D3 Kebidanan IIK Bhakti Wiyata Kediri. Selama proses perkuliahan, saya dididik dan dibimbing untuk menjadi lulusan yang terampil baik secara ilmu pengetahuan maupun keterampilan kebidanan. Didukung suasana belajar yang sangat nyaman dengan fasilitas lengkap serta keharmonisan antar mahasiswa, dosen dan karyawan yang sangat luar biasa. Saya merasa betul bagaimana D3 Kebidanan IIK Bhakti Wiyata sangat mendukung dan mendorong mahasiswanya untuk berprestasi dan mampu berkompetisi di dunia kerja dan membuktikan bahwa lulusan Kampus Swasta tidak kalah dengan lulusan kampus negeri.

Ilma Prisma Luthfiana, A.Md.Keb
Tahun Lulus 2015

Testimonial from Rini Kusumawati, AMd. Keb, graduate of  D3 Kebidanan IIK Bhakta

Pilihan yang tepat menempuh pendidikan di IIK Bhakti Wiyata Kediri, karena Kampus IIK Bhakta memiliki tenaga pendidik yang kompeten dan profesional di bidangnya. Selain fasilitas yang lengkap dan modern kita sebagai mahasiswa juga dibekali ilmu teori dan praktek yang sangat bermanfaat saat di dunia kerja nantinya. Saya sangat berterimakasih kepada semua dosen dan teman-teman seperjuangan yang telah memberikan banyak ilmu dan pengalaman terbaik saat berkuliah di Kampus IIK Bhakta.

Rini Kusumawati, AMd. Keb
Tahun Lulus 2015
Pemilik Usaha di Myra Baby & Kids Spa Ringinpitu Tulungagung

Distribusi Mata Kuliah


Semester


distribusi mata kuliah

Fasilitas Laboratorium
D3 Kebidanan

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Anak
Lab Anatomi & Fisiologi
Lab ANC
Lab Baby Spa
Lab Bermain Anak
Lab CBT Center
Lab Elektroterapi
Lab Gizi
Lab Gymnasium
Lab Imunoserologi
Lab INC & Neunatus
Lab KMB 1
Lab KMB 2
Lab Komunitas Keluarga
Lab Konseling Individu
Lab Laboran dan Alat Tes
Lab Manajemen
Lab Manual Terapi
Lab Mini Hospital
Lab OSCE
Lab Pediatri
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab PNC
Lab Anak
Lab Anatomi & Fisiologi
Lab ANC
Lab Baby Spa
Lab Bermain Anak
Lab CBT Center
Lab Elektroterapi
Lab Gizi
Lab Gymnasium
Lab Imunoserologi
Lab INC & Neunatus
Lab KMB 1
Lab KMB 2
Lab Komunitas Keluarga
Lab Konseling Individu
Lab Laboran dan Alat Tes
Lab Manajemen
Lab Manual Terapi
Lab Mini Hospital
Lab OSCE
Lab Pediatri
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab PNC
360 Campus Tour IIK Bhakta

Sekilas Tentang Program Studi D3 Kebidanan

Informasi

Bidan dapat melaksanakan asuhan kebidanan yang berfokus pada ibu, bayi, balita, anak, remaja, kesehatan reproduksi dan Keluarga berencana (KB).

Bidan merupakan tenaga ahli madya kebidanan yang memiliki kompetensi analisis konseptual dan praktikal disertai kemampuan manajerial berlandaskan pada etika profesi dalam tugas pokok dan fungsinya.

Bidan merupakan tenaga ahli madya kebidanan yang memiliki kemampuan bersaing baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun internasional.

 

Mengapa Belajar Program Studi ini di IIK Bhakta?

IIK Bhakti Wiyata Kediri merupakan insitusi perguruan tinggi di bidang kesehatan yang unggul, kompetitif, berwawasan kebangsaan, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, berperan utama dalam penyelenggaraan pembangunan berkelanjutan yang memberikan manfaat kepada umat manusia.

Pekerjaan Masa Depan

Lulusan D-3 Kebidanan dapat berkesempatan bekerja di institusi seperti :

  1. Rumah Sakit (RS) baik negeri maupun swasta
  2. Puskesmas
  3. Klinik kesehatan
  4. Rumah Bersalin(RB).
  5. Bisa mendirikan BPS (Bidan Praktek swasta).
  6. PNS di bidang Kesehatan.

Email : d3keb@iik.ac.id



DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini



PRESTASI

Selain belajar bersama, dosen dan para mahasiswa di IIK Bhakta juga saling support dalam meraih prestasi bersama.

Prestasi Mahasiswa D3 Kebidanan

Mahasiswa S1 Keperawatan, Ega Restu Riyandi, Lita Rizki Anita dan Nova Dwi Romadini berhasil raih Juara 3 Lomba Poster Nasional yang diselenggarakan oleh AIPNI 2023.

Prestasi Mahasiswa D3 Kebidanan

Mahasiswa D3 Kebidanan, Dinda Risquina Wilujeng berhasil raih Juara 2 News Caster Maephoria International Competition pada tanggal 30 Juni 2023.

Prestasi Mahasiswa D3 Kebidanan

Prodi D3 Kebidanan Raih Juara 3 dalam Ajang "Video Info Bidan" yang diadakan oleh UNICEF Bekerjasama dengan FKM UNAIR pada Tanggal 05 Maret 2019.



Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Kesehatan

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi D3 Kebidanan

Pety Merita Sari S.Tr.Keb,. M.Kes , Kaprodi D3 Kebidanan IIK Bhakta

Selamat Datang di D3 Kebidanan

Assalamu’alaykum warahmatullaahi wabarakatuh.

Selamat datang di Program Studi D3 Kebidanan – Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. Terima kasih sudah menunjukkan ketertarikan dengan Program Studi kami. Program Studi D3 Kebidanan IIK Bhakta saat ini telah terakreditasi “BAIK SEKALI” berdasarkan Sertifikat Akreditasi LAM-PTKes dengan No.0257/LAM-PTKes/Akr/Dip/IV/2022. Program Studi D3 Kebidanan siap menghasilkan lulusan yang unggul dibidang kesehatan ibu dan anak.

Sebagai Kepala Program Studi, saya merasa sangat bangga dan bersyukur dapat memimpin dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan pendidikan di lingkungan IIK Bhakta melalui Program Studi D3 Kebidanan. Program studi ini tidak hanya sekedar tempat menimba ilmu, namun juga menjadi wadah bagi pertumbuhan dan pengembangan potensi mahasiswa dalam bidang keahliannya.

Kami selalu berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman. Dalam era yang penuh tantangan ini, Prodi D3 Kebidanan terus berupaya meningkatkan kurikulum, fasilitas, dan sumber daya lainnya guna mendukung pencapaian prestasi akademik mahasiswa.

Para dosen kami adalah tenaga pengajar yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Mereka tidak hanya memperluas pengetahuan, tetapi juga membentuk kepribadian yang tangguh dan siap menghadapi dunia kerja

Marilah kita bersama-sama membangun suasana akademik yang kondusif, menjunjung tinggi etika ilmiah, dan menjaga keharmonisan dalam lingkungan akademik. Saya yakin, dengan kerjasama dan dedikasi kita bersama, Prodi D3 Kebidanan akan terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Ayo bergabung dan berkembang bersama kami!

Wassalamu’alaykum warahmatullaahi wabarakatuh.

Kaprodi D3 Kebidanan

Pety Merita Sari S.Tr.Keb,. M.Kes

Jumlah Statistik
statistik prodi D3 Kebidanan IIK Bhakta

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi Prodi D3 Kebidanan

Menjadi program studi yang unggul dalam pengelolaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang tumbuh kembang anak yang berbasis digital sesuai perkembangan IPTEK berlandaskan budaya PLUS di tingkat nasional pada tahun 2025.

Misi Prodi D3 Kebidanan

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang bermutu dan dapat dipertanggung jawabkan sehingga menghasilkan tenaga professional kebidanan yang unggul di bidang tumbuh kembang anak berbasis digital pada tingkat nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu di tingkat nasional untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi dibidang kebidanan khususnya tumbuh kembang anak berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional untuk menunjang pengembangan  pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bermutu di tingkat nasional berdasarkan keahlian dibidang ilmu dan tehnologi kebidanan untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.
  4. Mengembangkan kelembagaan menuju managemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan managemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Tujuan Prodi D3 Kebidanan

  1. Menghasilkan lulusan ahli madya kebidanan yang unggul dan dapat dipertanggungjawabkan melalui pendidikan vokasi
  2. Menghasilkan penelitian bermutu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang inovatif dibidang kebidanan khususnya tumbuh kembang anak berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional dalam menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat bermutu berdasarkan keahlian dibidang ilmu dan tehnologi kebidanan untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.
  4. Terwujudnya kelembagaan menuju managemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan managemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

Kompetensi utama

Lulusan program studi D3 Kebidanan IIK Bhakti Wiyata Kediri mengacu pada Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan tentang Kurikulum Inti Pendidikan Diploma III Kebidanan tahun 2011, yaitu :

  1. Mampu berperilaku profesional, beretika, dan bermoral, serta tanggap terhadap nilai sosial budaya dalam praktik kebidanan.
  2. Mampu melakukan komunikasi efektif dengan perempuan, keluarga, masyarakat, sejawat dan profesi lain dalam upaya peningkatan derajat kesehatan ibu & anak dalam pelayanan kebidanan.
  3. Mampu memberikan asuhan kebidanan secara efektif, aman, dan holistik dengan memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui, bayi baru lahir, balita dan kesehatan reproduksi pada kondisi normal berdasarkan standar praktik kebidanan & kode etik profesi.
  4. Mampu memberikan penanganan kegawatdaruratan sesuai dengan kewenangannya.
  5. Mampu melakukan upaya promotif, preventif, deteksi dini dan pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan kebidanan.
  6. Mempunyai kemampuan mengelola kewirausahaan, dalam pelayanan kebidanan yang menjadi tanggung jawabnya.

Kompetensi pendukung

Lulusan program studi D3 Kebidanan IIK Bhakti Wiyata Kediri mengacu pada SK program studi D3 Kebidanan tentang kompetensi pendukung lulusan yaitu :

  1. Mampu merumuskan diagnosis kebidanan, merencanakan intervensi dan re-evaluasi yang didasari keterampilan komunikasi profesional khususnya terkait tumbuh kembang anak.
  2. Mampu memberikan pelayanan khususnya terkait tumbuh kembang anak.
  3. Mempunyai kemampuan dalam bidang Baby Spa & Treatment.

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan

  1. Mempunyai integritas, disiplin dan percaya diri yang tinggi sehingga mampu meningkatkan kinerja di bidang Kebidanan.
  2. Mempunyai kemampuan bekerja secara mandiri, kelompok dan berorganisasi.
  3. Mempunyai kemampuan berbahasa asing (Inggris dan Mandarin).

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
D3 Kebidanan IIK Bhakta

Bidan di Klinik
Bidan di Klinik
Bidan di Rumah Sakit
Bidan di Rumah Sakit
Bidan di Puskesmas
Bidan di Puskesmas
Penyuluh dan Konselor
Penyuluh dan Konselor
Peneliti di Laboratorium
Peneliti di Laboratorium
Pembimbing dan Fasiliator Klinik
Pembimbing dan Fasiliator Klinik
Praktik Bidan Mandiri
Praktik Bidan Mandiri
Penggerak Pemberdayaan perempuan
Penggerak Pemberdayaan perempuan
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta

Apa Kata Alumni tentang D3 Kebidanan IIK Bhakta?

Testimonial from Neny Anggraini, AMd. Keb., graduate of  D3 Kebidanan IIK Bhakta

Kesannya kuliah di IIK Bhakta sangat istimewa karena suasana belajar yang nyaman dan didukung sarana prasarana yang lengkap, metode pembelajaran yang tidak membosankan serta pengajar yang berkualitas. Banyak hal yang saya dapatkan selain studi yang mengagumkan, yaitu bertemu dengan teman-teman dan dosen pengajar yang banyak menambah pengalaman dan wawasan saya.

Neny Anggraini, AMd. Keb.
Tahun Lulus 2018
Bidan (Team Homecare RSUD Gambiran Kota Kediri) di RSUD Gambiran Kediri

Testimoni Rizkita Putri Hadi, lulusan D3 Kebidanan IIK Bhakta

Kuliah di IIK Bhakta memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya, karena memperoleh pengajaran dari tenaga pendidik yang berkompeten sehingga membuat saya mudah menyerap ilmu yang disampaikan. Para pengajar yang friendly, membuat saya tidak malu untuk bertanya ketika mengalami kesulitan dalam latihan praktikum maupun penyusunan laporan asuhan kebidanan.

Rizkita Putri Hadi
Tahun Lulus 2012
Bidan Puskesmas Perak Kabupaten Jombang di Puskesmas Perak Kabupaten Jombang

Testimonial from Ilma Prisma Luthfiana, A.Md.Keb, graduate of  D3 Kebidanan IIK Bhakta

Suatu kebanggaan bagi saya menjadi alumni D3 Kebidanan IIK Bhakti Wiyata Kediri. Selama proses perkuliahan, saya dididik dan dibimbing untuk menjadi lulusan yang terampil baik secara ilmu pengetahuan maupun keterampilan kebidanan. Didukung suasana belajar yang sangat nyaman dengan fasilitas lengkap serta keharmonisan antar mahasiswa, dosen dan karyawan yang sangat luar biasa. Saya merasa betul bagaimana D3 Kebidanan IIK Bhakti Wiyata sangat mendukung dan mendorong mahasiswanya untuk berprestasi dan mampu berkompetisi di dunia kerja dan membuktikan bahwa lulusan Kampus Swasta tidak kalah dengan lulusan kampus negeri.

Ilma Prisma Luthfiana, A.Md.Keb
Tahun Lulus 2015

Testimonial from Rini Kusumawati, AMd. Keb, graduate of  D3 Kebidanan IIK Bhakta

Pilihan yang tepat menempuh pendidikan di IIK Bhakti Wiyata Kediri, karena Kampus IIK Bhakta memiliki tenaga pendidik yang kompeten dan profesional di bidangnya. Selain fasilitas yang lengkap dan modern kita sebagai mahasiswa juga dibekali ilmu teori dan praktek yang sangat bermanfaat saat di dunia kerja nantinya. Saya sangat berterimakasih kepada semua dosen dan teman-teman seperjuangan yang telah memberikan banyak ilmu dan pengalaman terbaik saat berkuliah di Kampus IIK Bhakta.

Rini Kusumawati, AMd. Keb
Tahun Lulus 2015
Pemilik Usaha di Myra Baby & Kids Spa Ringinpitu Tulungagung

Distribusi Mata Kuliah


Semester


distribusi mata kuliah

Fasilitas Laboratorium
D3 Kebidanan

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Anak
Lab Anatomi & Fisiologi
Lab ANC
Lab Baby Spa
Lab Bermain Anak
Lab CBT Center
Lab Elektroterapi
Lab Gizi
Lab Gymnasium
Lab Imunoserologi
Lab INC & Neunatus
Lab KMB 1
Lab KMB 2
Lab Komunitas Keluarga
Lab Konseling Individu
Lab Laboran dan Alat Tes
Lab Manajemen
Lab Manual Terapi
Lab Mini Hospital
Lab OSCE
Lab Pediatri
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab PNC
Lab Anak
Lab Anatomi & Fisiologi
Lab ANC
Lab Baby Spa
Lab Bermain Anak
Lab CBT Center
Lab Elektroterapi
Lab Gizi
Lab Gymnasium
Lab Imunoserologi
Lab INC & Neunatus
Lab KMB 1
Lab KMB 2
Lab Komunitas Keluarga
Lab Konseling Individu
Lab Laboran dan Alat Tes
Lab Manajemen
Lab Manual Terapi
Lab Mini Hospital
Lab OSCE
Lab Pediatri
Lab Pengobatan Tradisional Tiongkok
Lab PNC
360 Campus Tour IIK Bhakta