Program Studi Prodi | IIK Bhakti Wiyata

Pendaftaran Program Reguler, Jalur Reguler 1 Gelombang 1, D3 D4 S1 IIK Bhakta T.A. 2024 - 2025 Daftar Sekarang

Telah dibuka Program Kelas Karyawan (Kategori RPL, Progsus dan Alih Jenjang) TA 2024-2025Info Selengkapnya

S1 Farmasi

S1 Farmasi

border
Tingkat :
SKS :
Durasi : Tahun
Gelar :
akreditasi

Akreditasi LAM-PTKes

Sekilas Tentang Program Studi S1 Farmasi

Program Studi S1 Farmasi Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri berdiri tahun 2005 dengan SK penyelenggaraan No.139/D/0/2005 tanggal 27 September 2005 dan mulai menerima mahasiswa baru pada Tahun Akademik 2006/2007 dengan peminat yang cukup banyak. Sampai saat ini program studi S1 Farmasi telah terakreditasi dengan No 0526/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2022 tanggal 15 Juli 2022

Kesadaran masyarakat akan hidup sehat semakin meningkat dan pengetahuan masyarakat yang semakin baik tentang obat dan pengobatan membuat program studi S1 Farmasi berkembang cukup pesat. Mengantisipasi kebutuhan pasar akan tenaga teknis kefarmasian maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi yang mendukung program studi S1 Farmasi yang unggul di bidang obat tradisional. Pengembangan obat penyakit degeneratif.

Muatan institusi dibuat cukup spesifik untuk menambah pengetahuan mahasiswa sehingga dapat berkompetisi di pangsa kerja kelak. Lulusan S1 Farmasi memiliki peluang karir yang luas dan beragam. Mereka dapat bekerja di berbagai bidang diantaranya: 

  • Enterpreneur apotek

  • Apoteker

  • Asisten Apoteker

  • Dinas Kesehatan

  • BPOM

  • Dosen 

  • Peneliti

Prodi S1 Farmasi mempersiapkan mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian dan pengembangan obat baru. Mahasiswa mempelajari prinsip-prinsip kimia farmasi, farmakologi, teknologi dan pelayanan farmasi yang membantu dalam merancang, menguji, dan mengembangkan obat-obatan yang aman dan efektif untuk penggunaan klinis. Lulusan S1 Farmasi IIK Bhakta dapat langsung melanjutkan Pendidikan minimal satu tahun profesi Apoteker di IIK Bhakti Wiyata. Pasalnya komposisi penerimaan mahasiswa Pendidikan profesi Apoteker di IIK Bhakti Wiyata diprioritaskan dari alumni IIK Bhakti Wiyata  sendiri.

 

Fakultas Farmasi

Gedung Graha IIK Bhakta Lantai 3

Telp (0354) 773 535

Email: pss1.farmasi@iik.ac.id

DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini

PRESTASI

Selain belajar bersama, dosen dan para mahasiswa di IIK Bhakta juga saling support dalam meraih prestasi bersama.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan dari UKM Persaudaraan Setia Hati Terate (UKM PSHT), M. Iqbal Prayogo berhasil meraih medali emas kategori tanding dewasa kelas E. Syendriva meraih medali Perak kategori tanding dewasa putra kelas F, serta medali perunggu diraih Fandicha Tegar pada kategori tanding dewasa putra kelas C dalam ajang Kejuaraan Pencak Silat di Universitas Trunojoyo Madura

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan Mahasiswa S1 Farmasi, Zida Naswa Febriana berhasil raih Juara 1 PCC (Patient Counseling Competition) di Universitas Sriwijaya dan Juara 2 dengan tema "The Role of Pharmaceuticals in Preventing Chronic Kidney Disease" di Universitas Muhamadiyah Surakarta

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan Mahasiswa S1 Farmasi, Zida Naswa Febriana berhasil raih Juara 3 dalam ajang Patient Counseling Event (PCE) Eurycoma 2023 di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan Mahasiswa Bhakta meraih juara 2 dalam kompetisi video “The 2nd Numinal (Nursing And Midwifery International Student Forum 2022)” di Universitas Nahdhatul Ulama Surabaya (UNUSA).

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Mahasiswa prodi S1 Farmasi, M. Nur Husna berhasil raih Juara 3 Kategori Putra dalam ajang Pencak Silat UNP CUP di Universitas PGRI Kediri.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Mahasiswa prodi S1 Farmasi, Syendriva Zeptyan Zenmas berhasil raih Juara 2 kategori Putra dalam ajang Pencak Silat UNP CUP di Universitas PGRI Kediri.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Mahasiswa Prodi S1 Farmasi, yaitu Devy Eline Putri Raih Juara 1 Kategori Putri dan M. Ravi Salahuddin Raih Juara 2 Kategori Putra dalam Ajang Pencak Silat Batu Nasional Championship pada Tanggal 31 Januari -01 Februari 2020 di Gor Gadjah Mada Kota Batu

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan Prodi S1 Farmasi yakni M. Ravi Salahudin Raih Juara 3 dalam Acara Open Tournament Pencak Silat of Kota Pahlawan Championship Kategori Tanding Putra Dewasa di GOR ITS pada tanggal 25 November 2019

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan Prodi S1 Farmasi yakni Putri Agusti Raih Juara 3 dalam Acara Open Tournament Pencak Silat of Kota Pahlawan Championship Kategori Tanding Putri Dewasa di GOR ITS pada tanggal 25 November 2019.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan Prodi S1 Farmasi yakni Icho Erinda Timur dan Timnya Raih Juara 3 dalam Acara Open Tournament Pencak Silat of Kota Pahlawan Championship Kategori Tarung Putri di GOR ITS pada tanggal 25 November 2019.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Hudaya Nazdif Maulana Abdillah, mahasiswa S1 Farmasi IIK BW menjadi Runner up Mr and Mrs Jawa Timur Ambassador 2019 pada tanggal 24 November 2019 di Lenmarc Mall Surabaya.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Dua Mahasiswa IIK BW dari Prodi S1 Farmasi dan D4 Teknologi Laboratorium Medis Berhasil Raih Juara 1 dan Juara 2 dalam Pemilihan Duta Inklusi Keuangan yang dilaksanakan Otoritas Jasa Keuangan Tanggal 20 Oktober 2019

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Hudaya Nazdif Maula Abdillah Mahasiswa Prodi S1 Farmasi Terpilih Menjadi Putra Batik Kabupaten Kediri 2019 pada Tanggal 19 Juli 2019.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Tim Mahasiswa Prodi S1 Farmasi terdiri dari Titin Hidayana, Novia Putri, Sella Mulya Raih Juara 1 Lomba Innotech Tingkat Kota Kediri 2018 di Balai Kota Kediri.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Tim mahasiswa Fakultas Farmasi terdiri dari Newi Solika, Ulvia Nurmalia, dan Nofi Ria Kustiani lolos dana hibah PKM 5 bidang oleh DIKTI 2017 di Universitas PGRI Madiun (UNIPMA).

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Prodi S1 Farmasi & D4 Teknologi Laboratorium Medis Masuk 5 besar Duta Mahasiswa Genre (Generasi Berencana) Tanggal 04 Mei 2016

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Prodi S1 Farmasi & S1 Keperawatan Juara 3 Lomba Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja 2015 Universitas Muhamadiyah Makasar

Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Farmasi

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi Program Studi S1 Farmasi Bhakta

Menjadi program studi yang unggul dalam mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang farmasi sains dan pengelolaan berlandaskan budaya PLUS pada tahun 2025.

 

Misi Program Studi S1 Farmasi Bhakta

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang bermutu untuk  menghasilkan tenaga profesional kefarmasian yang unggul

  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang farmasi sains yang berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.

  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bermutu dibidang farmasi sains dalam memanfaatkan ilmu dan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat

  4. Mengembangkan kelembagaan menuju manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, kompetitif dan mengikuti perkembangan IPTEK di bidang kefarmasian.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang farmasi dalam pemanfaatan bahan herbal dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK.
  3. Meningkatkan taraf kesehatan dan taraf kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat di bidang kefarmasian.

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

Kompetensi Utama:

  1. Mampu mengidentifikasi masalah terkait obat dan alternatif solusinya.
  2. Mampu melakukan pelayanan sediaan farmasi sesuai prosedur.
  3. Mampu menyiapkan atau meracik sediaan farmasi sesuai prosedur.
  4. Mampu menerapkan ilmu dan teknologi kefarmasian dalam pembuatan dan penjaminan mutu sediaan farmasi.
  5. Mampu mencari, menyiapkan dan memberikan informasi tentang obat dan pengobatan.
  6. Mampu berkomunikasi dan membangun hubungan interpersonal.
  7. Mampu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dan manajemen.
  8. Mampu bertindak secara bertanggung jawab sesuai ketentuan perundang – undangan dan etik kefarmasian.
  9. Menunjukkan penguasaan IPTEK kemampuan riset dan kemampuan pengembangan diri.

Kompetensi Pendukung:

  1. Mampu menganalisa senyawa aktif dalam bahan herbal.
  2. Memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan ilmu farmasi, farmasi industri dan memanfaatkan IPTEK dalam pemanfaatan bahan herbal.
  3. Memiliki kemampuan untuk mengendalikan stabilitas sediaan herbal dan persyaratan penyimpanannya.
  4. Menggunakan cara berkomunikasi dengan efisien dan efektif.
  5. Menjelaskan, menguasai, dan menerapkan pengetahuan anatomi, fisiologi dan proses – proses imunologi dan patologi.
  6. Mampu untuk melakukan promosi pemanfaatan bahan herbal.

Kompetensi Lainnya:

  1. Memiliki kemampuan mengulas publikasi ilmiah, membuat ringkasan, mengartikan data dan menarik kesimpulan serta mengambil manfaat praktis dari suatu penemuan dalam hubungannya dengan penggunaan klinis sediaan farmasi.
  2. Memiliki kemampuan bertindak secara bertanggungjawab dalam lingkungan masyarakat dan ikut serta dalam pengabdian masyarakat.
  3. Menjelaskan, mengembangkan, dan menerapkan berbagai upaya manajerial yang diperlukan dalam berwirausaha.

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
S1 Farmasi IIK Bhakta

Apa Kata Alumni tentang S1 Farmasi IIK Bhakta?

Testimonial from Ria indah kusuma pitaloka, M.Farm, graduate of  S1 Farmasi IIK Bhakta

Selama berkuliah di IIK Bhakta saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman mulai dari kegiatan belajar mengajar di kelas, PKL, KKN, Kunjungan Industri, seminar, workshop dan ditunjang dengan sarpras yang lengkap serta tenaga pengajar profesional di bidangnya. Saya bangga menjadi alumni IIK BHAKTA karena telah membawa saya untuk dapat bersaing di dunia kerja dengan profesional dan beradab. Berkat pengalaman dan ilmu dari IIK Bhakta, kini saya bekerja sebagai dosen dan kepala laboratorium teknologi farmasi di Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi S1 Farmasi UNUGIRI Bojonegoro bahasa inggris

Ria indah kusuma pitaloka, M.Farm
Tahun Lulus 2014
Dosen dan Kepala Laboratorium Teknologi Farmasi di Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi S1 Farmasi UNUGIRI Bojonegoro di UNUGIRI Bojonegoro

Testimonial from apt, Umul Farida, M. Farm, graduate of  S1 Farmasi IIK Bhakta

Kesan kesan selama belajar di IIK Bhakta sangat menyenangkan. Banyak dosen yang care terhadap mahasiswa sehingga apabila dalam proses belajar ada materi yang kurang saya mengerti pasti akan dijelaskan sampai detail dan menjadi mudah untuk dimengerti. Untuk adik kelas jangan menjadi pribadi yang malu bertanya di saat kalian tidak jelas atau tidak paham di salah satu materi kuliah dan jangan malas untuk selalu update keilmuan. Pelajari semua ilmu yang didapat dengan baik, agar kelak dapat diaplikasikan di lingkungan masyarakat. Semangat meraih kesuksesan bersama IIK Bhakta. bahasa inggris

apt, Umul Farida, M. Farm
Tahun Lulus 2007
Dosen Farmasi dan Apoteker di RSGM IIK Bhakta (Rumah Sakit Gigi & Mulut)

Testimonial from apt. Binti Muzayyanah, M.Farm.Klin., graduate of  S1 Farmasi IIK Bhakta

Awal masuk IIK Bhakta karena ingin mengembangkan kemampuan diri, setelah lama menjadi TTK, merasa tertantang untuk belajar kefarmasian lebih luas dan mendalam. Awal pendidikan, banyak yang meragukan karena usia sudah tidak muda lagi. Berbekal keinginan yang kuat untuk bisa menjadi contoh bagi anak-anak, S1 dijalani dengan semangat (walau sempat terseok-seok di mata kuliah dasar) tetapi tidak menyurutkan keinginan. Hampir tidak pernah bolos kuliah dan selalu duduk di barisan paling depan adalah kunci dapat menyerap ilmu yang disampaikan. Alhamdulillah akhirnya bisa membuktikan bahwa usia tidak menjadi masalah dalam melakukan pendidikan. Berhasil lulus tepat waktu dan menjadi lulusan terbaik untuk angkatan 2007. Dimanapun kita mencari ilmu, yang bisa membuktikan kita mampu adalah kita sendiri. Tempat kuliah adalah faktor pendukung yang kuat dan dosen adalah pengantar kita dalam mencapai kesuksesan. Tetap semangat untuk menjadi orang yang berguna bagi sesama.

apt. Binti Muzayyanah, M.Farm.Klin.
Tahun Lulus 2007
Kepala Instalasi Farmasi di RSUD dr. Iskak Tulungagung

Course Distribution


Semester


distribusi mata kuliah

Fasilitas Laboratorium
S1 Farmasi

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Bakteriologi
Lab Biologi Farmasi
Lab Farmakognisi
Lab Farmakologi
Lab Farmasetika
Lab Hematologi
Lab Instrument
Lab Kimia Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Parasitologi
Lab Simulasi Apotek
Lab Teknologi Sediaan Solida
Lab Teknologi Sediaan Steril
Lab Bakteriologi
Lab Biologi Farmasi
Lab Farmakognisi
Lab Farmakologi
Lab Farmasetika
Lab Hematologi
Lab Instrument
Lab Kimia Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Parasitologi
Lab Simulasi Apotek
Lab Teknologi Sediaan Solida
Lab Teknologi Sediaan Steril
360 Campus Tour IIK Bhakta

Sekilas Tentang Program Studi S1 Farmasi

Program Studi S1 Farmasi Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri berdiri tahun 2005 dengan SK penyelenggaraan No.139/D/0/2005 tanggal 27 September 2005 dan mulai menerima mahasiswa baru pada Tahun Akademik 2006/2007 dengan peminat yang cukup banyak. Sampai saat ini program studi S1 Farmasi telah terakreditasi dengan No 0526/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2022 tanggal 15 Juli 2022

Kesadaran masyarakat akan hidup sehat semakin meningkat dan pengetahuan masyarakat yang semakin baik tentang obat dan pengobatan membuat program studi S1 Farmasi berkembang cukup pesat. Mengantisipasi kebutuhan pasar akan tenaga teknis kefarmasian maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi yang mendukung program studi S1 Farmasi yang unggul di bidang obat tradisional. Pengembangan obat penyakit degeneratif.

Muatan institusi dibuat cukup spesifik untuk menambah pengetahuan mahasiswa sehingga dapat berkompetisi di pangsa kerja kelak. Lulusan S1 Farmasi memiliki peluang karir yang luas dan beragam. Mereka dapat bekerja di berbagai bidang diantaranya: 

  • Enterpreneur apotek

  • Apoteker

  • Asisten Apoteker

  • Dinas Kesehatan

  • BPOM

  • Dosen 

  • Peneliti

Prodi S1 Farmasi mempersiapkan mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian dan pengembangan obat baru. Mahasiswa mempelajari prinsip-prinsip kimia farmasi, farmakologi, teknologi dan pelayanan farmasi yang membantu dalam merancang, menguji, dan mengembangkan obat-obatan yang aman dan efektif untuk penggunaan klinis. Lulusan S1 Farmasi IIK Bhakta dapat langsung melanjutkan Pendidikan minimal satu tahun profesi Apoteker di IIK Bhakti Wiyata. Pasalnya komposisi penerimaan mahasiswa Pendidikan profesi Apoteker di IIK Bhakti Wiyata diprioritaskan dari alumni IIK Bhakti Wiyata  sendiri.

 

Fakultas Farmasi

Gedung Graha IIK Bhakta Lantai 3

Telp (0354) 773 535

Email: pss1.farmasi@iik.ac.id



DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini



PRESTASI

Selain belajar bersama, dosen dan para mahasiswa di IIK Bhakta juga saling support dalam meraih prestasi bersama.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan dari UKM Persaudaraan Setia Hati Terate (UKM PSHT), M. Iqbal Prayogo berhasil meraih medali emas kategori tanding dewasa kelas E. Syendriva meraih medali Perak kategori tanding dewasa putra kelas F, serta medali perunggu diraih Fandicha Tegar pada kategori tanding dewasa putra kelas C dalam ajang Kejuaraan Pencak Silat di Universitas Trunojoyo Madura

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan Mahasiswa S1 Farmasi, Zida Naswa Febriana berhasil raih Juara 1 PCC (Patient Counseling Competition) di Universitas Sriwijaya dan Juara 2 dengan tema "The Role of Pharmaceuticals in Preventing Chronic Kidney Disease" di Universitas Muhamadiyah Surakarta

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan Mahasiswa S1 Farmasi, Zida Naswa Febriana berhasil raih Juara 3 dalam ajang Patient Counseling Event (PCE) Eurycoma 2023 di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan Mahasiswa Bhakta meraih juara 2 dalam kompetisi video “The 2nd Numinal (Nursing And Midwifery International Student Forum 2022)” di Universitas Nahdhatul Ulama Surabaya (UNUSA).

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Mahasiswa prodi S1 Farmasi, M. Nur Husna berhasil raih Juara 3 Kategori Putra dalam ajang Pencak Silat UNP CUP di Universitas PGRI Kediri.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Mahasiswa prodi S1 Farmasi, Syendriva Zeptyan Zenmas berhasil raih Juara 2 kategori Putra dalam ajang Pencak Silat UNP CUP di Universitas PGRI Kediri.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Mahasiswa Prodi S1 Farmasi, yaitu Devy Eline Putri Raih Juara 1 Kategori Putri dan M. Ravi Salahuddin Raih Juara 2 Kategori Putra dalam Ajang Pencak Silat Batu Nasional Championship pada Tanggal 31 Januari -01 Februari 2020 di Gor Gadjah Mada Kota Batu

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan Prodi S1 Farmasi yakni M. Ravi Salahudin Raih Juara 3 dalam Acara Open Tournament Pencak Silat of Kota Pahlawan Championship Kategori Tanding Putra Dewasa di GOR ITS pada tanggal 25 November 2019

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan Prodi S1 Farmasi yakni Putri Agusti Raih Juara 3 dalam Acara Open Tournament Pencak Silat of Kota Pahlawan Championship Kategori Tanding Putri Dewasa di GOR ITS pada tanggal 25 November 2019.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Perwakilan Prodi S1 Farmasi yakni Icho Erinda Timur dan Timnya Raih Juara 3 dalam Acara Open Tournament Pencak Silat of Kota Pahlawan Championship Kategori Tarung Putri di GOR ITS pada tanggal 25 November 2019.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Hudaya Nazdif Maulana Abdillah, mahasiswa S1 Farmasi IIK BW menjadi Runner up Mr and Mrs Jawa Timur Ambassador 2019 pada tanggal 24 November 2019 di Lenmarc Mall Surabaya.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Dua Mahasiswa IIK BW dari Prodi S1 Farmasi dan D4 Teknologi Laboratorium Medis Berhasil Raih Juara 1 dan Juara 2 dalam Pemilihan Duta Inklusi Keuangan yang dilaksanakan Otoritas Jasa Keuangan Tanggal 20 Oktober 2019

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Hudaya Nazdif Maula Abdillah Mahasiswa Prodi S1 Farmasi Terpilih Menjadi Putra Batik Kabupaten Kediri 2019 pada Tanggal 19 Juli 2019.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Tim Mahasiswa Prodi S1 Farmasi terdiri dari Titin Hidayana, Novia Putri, Sella Mulya Raih Juara 1 Lomba Innotech Tingkat Kota Kediri 2018 di Balai Kota Kediri.

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Tim mahasiswa Fakultas Farmasi terdiri dari Newi Solika, Ulvia Nurmalia, dan Nofi Ria Kustiani lolos dana hibah PKM 5 bidang oleh DIKTI 2017 di Universitas PGRI Madiun (UNIPMA).

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Prodi S1 Farmasi & D4 Teknologi Laboratorium Medis Masuk 5 besar Duta Mahasiswa Genre (Generasi Berencana) Tanggal 04 Mei 2016

Prestasi Mahasiswa S1 Farmasi

Prodi S1 Farmasi & S1 Keperawatan Juara 3 Lomba Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja 2015 Universitas Muhamadiyah Makasar



Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Farmasi

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi Program Studi S1 Farmasi Bhakta

Menjadi program studi yang unggul dalam mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang farmasi sains dan pengelolaan berlandaskan budaya PLUS pada tahun 2025.

 

Misi Program Studi S1 Farmasi Bhakta

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang bermutu untuk  menghasilkan tenaga profesional kefarmasian yang unggul

  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang farmasi sains yang berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.

  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bermutu dibidang farmasi sains dalam memanfaatkan ilmu dan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat

  4. Mengembangkan kelembagaan menuju manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, kompetitif dan mengikuti perkembangan IPTEK di bidang kefarmasian.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang farmasi dalam pemanfaatan bahan herbal dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK.
  3. Meningkatkan taraf kesehatan dan taraf kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat di bidang kefarmasian.

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

Kompetensi Utama:

  1. Mampu mengidentifikasi masalah terkait obat dan alternatif solusinya.
  2. Mampu melakukan pelayanan sediaan farmasi sesuai prosedur.
  3. Mampu menyiapkan atau meracik sediaan farmasi sesuai prosedur.
  4. Mampu menerapkan ilmu dan teknologi kefarmasian dalam pembuatan dan penjaminan mutu sediaan farmasi.
  5. Mampu mencari, menyiapkan dan memberikan informasi tentang obat dan pengobatan.
  6. Mampu berkomunikasi dan membangun hubungan interpersonal.
  7. Mampu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dan manajemen.
  8. Mampu bertindak secara bertanggung jawab sesuai ketentuan perundang – undangan dan etik kefarmasian.
  9. Menunjukkan penguasaan IPTEK kemampuan riset dan kemampuan pengembangan diri.

Kompetensi Pendukung:

  1. Mampu menganalisa senyawa aktif dalam bahan herbal.
  2. Memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan ilmu farmasi, farmasi industri dan memanfaatkan IPTEK dalam pemanfaatan bahan herbal.
  3. Memiliki kemampuan untuk mengendalikan stabilitas sediaan herbal dan persyaratan penyimpanannya.
  4. Menggunakan cara berkomunikasi dengan efisien dan efektif.
  5. Menjelaskan, menguasai, dan menerapkan pengetahuan anatomi, fisiologi dan proses – proses imunologi dan patologi.
  6. Mampu untuk melakukan promosi pemanfaatan bahan herbal.

Kompetensi Lainnya:

  1. Memiliki kemampuan mengulas publikasi ilmiah, membuat ringkasan, mengartikan data dan menarik kesimpulan serta mengambil manfaat praktis dari suatu penemuan dalam hubungannya dengan penggunaan klinis sediaan farmasi.
  2. Memiliki kemampuan bertindak secara bertanggungjawab dalam lingkungan masyarakat dan ikut serta dalam pengabdian masyarakat.
  3. Menjelaskan, mengembangkan, dan menerapkan berbagai upaya manajerial yang diperlukan dalam berwirausaha.

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
S1 Farmasi IIK Bhakta

Apa Kata Alumni tentang S1 Farmasi IIK Bhakta?

Testimonial from Ria indah kusuma pitaloka, M.Farm, graduate of  S1 Farmasi IIK Bhakta

Selama berkuliah di IIK Bhakta saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman mulai dari kegiatan belajar mengajar di kelas, PKL, KKN, Kunjungan Industri, seminar, workshop dan ditunjang dengan sarpras yang lengkap serta tenaga pengajar profesional di bidangnya. Saya bangga menjadi alumni IIK BHAKTA karena telah membawa saya untuk dapat bersaing di dunia kerja dengan profesional dan beradab. Berkat pengalaman dan ilmu dari IIK Bhakta, kini saya bekerja sebagai dosen dan kepala laboratorium teknologi farmasi di Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi S1 Farmasi UNUGIRI Bojonegoro bahasa inggris

Ria indah kusuma pitaloka, M.Farm
Tahun Lulus 2014
Dosen dan Kepala Laboratorium Teknologi Farmasi di Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi S1 Farmasi UNUGIRI Bojonegoro di UNUGIRI Bojonegoro

Testimonial from apt, Umul Farida, M. Farm, graduate of  S1 Farmasi IIK Bhakta

Kesan kesan selama belajar di IIK Bhakta sangat menyenangkan. Banyak dosen yang care terhadap mahasiswa sehingga apabila dalam proses belajar ada materi yang kurang saya mengerti pasti akan dijelaskan sampai detail dan menjadi mudah untuk dimengerti. Untuk adik kelas jangan menjadi pribadi yang malu bertanya di saat kalian tidak jelas atau tidak paham di salah satu materi kuliah dan jangan malas untuk selalu update keilmuan. Pelajari semua ilmu yang didapat dengan baik, agar kelak dapat diaplikasikan di lingkungan masyarakat. Semangat meraih kesuksesan bersama IIK Bhakta. bahasa inggris

apt, Umul Farida, M. Farm
Tahun Lulus 2007
Dosen Farmasi dan Apoteker di RSGM IIK Bhakta (Rumah Sakit Gigi & Mulut)

Testimonial from apt. Binti Muzayyanah, M.Farm.Klin., graduate of  S1 Farmasi IIK Bhakta

Awal masuk IIK Bhakta karena ingin mengembangkan kemampuan diri, setelah lama menjadi TTK, merasa tertantang untuk belajar kefarmasian lebih luas dan mendalam. Awal pendidikan, banyak yang meragukan karena usia sudah tidak muda lagi. Berbekal keinginan yang kuat untuk bisa menjadi contoh bagi anak-anak, S1 dijalani dengan semangat (walau sempat terseok-seok di mata kuliah dasar) tetapi tidak menyurutkan keinginan. Hampir tidak pernah bolos kuliah dan selalu duduk di barisan paling depan adalah kunci dapat menyerap ilmu yang disampaikan. Alhamdulillah akhirnya bisa membuktikan bahwa usia tidak menjadi masalah dalam melakukan pendidikan. Berhasil lulus tepat waktu dan menjadi lulusan terbaik untuk angkatan 2007. Dimanapun kita mencari ilmu, yang bisa membuktikan kita mampu adalah kita sendiri. Tempat kuliah adalah faktor pendukung yang kuat dan dosen adalah pengantar kita dalam mencapai kesuksesan. Tetap semangat untuk menjadi orang yang berguna bagi sesama.

apt. Binti Muzayyanah, M.Farm.Klin.
Tahun Lulus 2007
Kepala Instalasi Farmasi di RSUD dr. Iskak Tulungagung

Course Distribution


Semester


distribusi mata kuliah

Fasilitas Laboratorium
S1 Farmasi

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Bakteriologi
Lab Biologi Farmasi
Lab Farmakognisi
Lab Farmakologi
Lab Farmasetika
Lab Hematologi
Lab Instrument
Lab Kimia Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Parasitologi
Lab Simulasi Apotek
Lab Teknologi Sediaan Solida
Lab Teknologi Sediaan Steril
Lab Bakteriologi
Lab Biologi Farmasi
Lab Farmakognisi
Lab Farmakologi
Lab Farmasetika
Lab Hematologi
Lab Instrument
Lab Kimia Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Parasitologi
Lab Simulasi Apotek
Lab Teknologi Sediaan Solida
Lab Teknologi Sediaan Steril
360 Campus Tour IIK Bhakta