Welcome To IIK Bhaktiwiyata

Registration for Reguler Program, Reguler 1 Section 1, D3 D$ S1 IIK Bhakta Year 2024 - 2025 Regist Now

The Employee Class Program (RPL, Program and Level Transfer Categories) for TA 2024-2025 has been opened. More Info

Filosofi Pendidikan

Sejak tahun 2017 Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK Bhakta) telah mencanangkan budaya PLUS sebagai budaya organisasi atau nilai luhur filosofis institut yang dipegang teguh seluruh sivitas akademika (dosen, mahasiswa, karyawan) dan seluruh jajaran pimpinan dalam menjalankan atau mengoperasionalkan seluruh kegiatan IIK Bhakta. PLUS merupakan akronim dari Prima dalam Layanan, Luhur dalam Budi Pekerti, Unggul dalam Berkarya Dan Sejahtera dalam Kebersamaan.

Prima

Budaya Prima dalam Layanan (Excellent Service) memiliki makna yang luas. Pelayanan publik IIK Bhakta diharapkan mempunyai komitmen pelayanan prima, harus melakukan inovasi untuk memberikan layanan yang melebihi ekspektasi para pengguna layanan. Moto pelayanan prima adalah: “Tetapkan Standar, Terapkan, Biasakan dan Budayakan.”

Luhur

Budaya Luhur dalam Budi Pekerti mempunyai makna berbudi pekerti yang baik, mulia atau terpuji. Budi Pekerti sendiri mempunyai arti yaitu usaha sadar yang dilakukan dalam rangka menanamkan atau menginternalisasikan nilai-nilai mulia etika moral ke dalam sikap dan prilaku sivitas akademika agar memiliki sikap dan perilaku yang luhur “berakhlakul karimah” dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam berinteraksi dengan Tuhan, dengan sesama manusia maupun dengan alam/lingkungan.

Unggul

Budaya Unggul dalam Berkarya mempunyai makna menghasilkan produk Tridharma (pendidikan-pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat) yang lebih baik, lebih modern, lebih cepat atau lebih berkualitas dibandingkan dengan standar nasional untuk mencapai standar internasional. Unggul dalam tridharma Pendidikan mengandung makna pendidikan bukan sekedar pengajaran transfer of knowledge tetapi juga transfer of value. Unggul dalam penelitian mempunyai makna menghasilkan produk karya publikasi yang berstandar nasional dan internasional serta produk inovatif dalam bentuk patent atau haki. Unggul dalam pengabdian masyarakat mempunyai makna menghasilkan produk karya publikasi yang berstandar nasional dan internasional serta produk inovatif dalam bentuk patent atau HAKI.

Sejahtera

Budaya Sejahtera dalam Kebersamaan. Sivitas akademika yang menginginkan sejahtera lahir dan batin, harus bekerja produktif dalam bidangnya masing-masing secara baik dan benar. Institut yang menginginkan sivitas akademika sejahtera lahir dan batin, harus melakukan cara-cara pemberian imbalan dan fasilitas yang baik dan benar. Jadi Sejahtera itu bukanlah berdiri sendiri, sejahtera itu harus mendapatkan respon positif dari komunitas, pergaulan, saudara-saudara, dari lingkungan sivitas akademika dengan melakukan program-program kebersamaan.

Program Kerja

Seiring berjalannnya waktu, arah pengembangan dalam Renstra IIK Bhakta 2021-2025 dirumuskan dalam program kerja dengan tema:

NK-CK

Nawa Karya - Catur karsa

menuju Standar Nasional Pendidikan tinggi yang unggul dan mewujudkan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar dengan 9 Indikator Kinerja Utama (IKU).

Seluruh karya tersebut dilandasi budaya PLUS dan dapat dikembangkan bersama. NK-CK sehingga dapat mencapai kualitas unggul sesuai dengan 9 standar akreditasi BAN-PT dan LAM-PTKes. Sesuai dengan Visi IIK Bhakta, maka diakhir tahun 2025 ditargetkan mencapai IIK Bhakta telah terakreditasi A (unggul). Adapun Visi IIK Bhakta tahun 2021-2025 adalah “Menjadi institut yang unggul dalam mutu pengelolaan Tridharma dibidang kesehatan berlandaskan budaya PLUS”.

Berdasarkan visi, misi, tujuan, dan tujuan strategis untuk 5 tahun ke depan, maka akan dikembangkan kebijakan dalam 4 Area dengan 9 Aspek/Karya dilandasi budaya PLUS dengan nama Nawa Karya-Catur Karsa sebagai sasaran pengembangan IIK Bhakta tahun 2021-2025. Secara skematis jenis area dan aspek/karya dalam Nawa Karya-catur Karsa dapat digambarkan sebagai berikut.

Penerapan program dalam mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) harus mengedepankan prinsip pelaksanaan yang good governance yakni kredibel, transparan, akuntabel bertanggung jawab dan menerapkan prinsip-prinsip keadilan. Setiap unit pelaksana yang terlibat dapat bersinergi melangkah bersama sesuai dengan peran dan tugas masing-masing sehingga dapat mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan IIK Bhakta.

Bagan Filosofi
Kata kunci NK-CK adalah :
  1. Kesiapan kerja lulusan
  2. Mahasiswa belajar di luar kampus
  3. Dosen melaksanakan tridharma paruh waktu di luar kampus
  4. Kualifikasi dosen dan tendik ditingkatkan dengan sertifikasi profesional
  5. Penerapan riset dan pengabdian masyarakat didunia usaha dan dunia industri (DUDI)
  6. Kemitraan dalam Tridharma
  7. Pembelajaran aktif-kolaboratif
  8. Akreditasi dan Sertiasi Internasional dengan tatakelola bermutu
  9. Tata kelola dan struktur organisasi korporasi nirlaba