Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di tengah Pandemi COVID-19
Pendaftaran Online IIK Bhakta Login Pendaftaran Online IIK Bhakta Konsultasi Online IIK Bhakta
 
 

Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di tengah Pandemi COVID-19

4 Jul 2020 14:45 by Rizki Aprilia


Previous Next
 

Adanya pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai sektor mengalami gangguan, salah satunya sektor pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Tak dipungkiri bila layanan kesehatan gigi dan mulut berpotensi tinggi menularkan virus SARS-CoV-2 atau lebih dikenal dengan corona. Pasalnya, penularan virus tersebut bisa melalui droplet/ percikan air liur, dimana cairan ini bisa saja tersembur di tengah proses pemeriksaan yang kemudian menempel di peralatan yang digunakan untuk memeriksa gigi.

Untuk menghindari hal tersebut, maka Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menghimbau bila sifatnya tidak darurat dan masih bisa melakukan perawatan di rumah, maka sebaiknya tidak perlu mengunjungi pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Kategori yang dianggap darurat diantaranya:

Bila keadaan tidak darurat, maka sebaiknya rencana mengunjungi layanan kesehatan gigi dan mulut ditunda. Dan cukup lakukan perawatan secara pribadi di rumah menggunakan cara sederhana seperti kumur dengan air garam atau mengonsumsi obat pereda nyeri.

Selain himbauan, PDGI juga membuat sejumlah aturan terkait pelayanan kesehatan gigi dan mulut selama pandemi COVID-19. Adapun protokol aman tersebut diantaranya:

Protokol aman tersebut juga diterapkan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut IIK BW. Rumah Sakit yang dibuka untuk umum ini tetap membuka pelayanan meski di tengah pandemi COVID-19. Hal ini dikarenakan kami sadar bahwa proses pelayanan kesehatan harus tetap berjalan.

Rumah Sakit Gigi dan Mulut IIK BW selain membuka layanan untuk umum, juga digunakan sebagai tempat praktik mahasiswa Kedokteran Gigi IIK BW pada saat perkuliahan. Mereka dilatih untuk menangani pasien dengan terjun langsung ke lapangan. Namun, selama pandemi sejak Maret lalu, praktik yang dilakukan oleh mahasiswa sementara ditunda dan dialihkan dengan pembelajaran daring (online). Selama pembelajaran daring, mahasiswa S1 Kedokteran Gigi juga dibekali dengan materi Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, salah satu tujuannya agar nantinya bisa menangani pasien dalam kondisi apapun. Nantinya bila keadaan sudah kondusif, mahasiswa akan dipersiapkan untuk mulai terjun lagi di RSGM untuk praktik menangani pasien dan siap menjadi dokter gigi yang andal di masa depan.

Apakah kamu juga tertarik bergabung bersama kami menjadi bagian dari pelayanan kesehatan gigi dan mulut? Kenali lebih lanjut prodi S1 Kedokteran Gigi dengan klik link berikut ini. 

https://iik.ac.id/web.php?judul=s1_kedokteran_gigi_iik_bw&r=prodi_iik_bw&sp=s1doktergigi

 

Artikel Terkait


1. Dukung Percepatan Program Vaksin Pemerintah, Polsek Mojoroto Mantap Berkolaborasi dengan RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri
2. Sukseskan Program Pemerintah, Tenaga Kesehatan dan Karyawan RSGM IIK BW Jalani Vaksinasi Covid-19
3. Pertama di Kediri: RSGM IIK Bhakti Wiyata Layani Swab Antigen dan PCR Secara Drive Thru

©   IIK BHAKTI WIYATA