Mahasiswa KKN IIK Bhakta Sulap Jeruk Nipis Menjadi Jamu Peningkat Imunitas

Pendaftaran Program Reguler, Jalur Reguler 1 Gelombang 1, D3 D4 S1 IIK Bhakta T.A. 2024 - 2025 Daftar Sekarang

Telah dibuka Program Kelas Karyawan (Kategori RPL, Progsus dan Alih Jenjang) TA 2024-2025Info Selengkapnya

 
 

Mahasiswa KKN IIK Bhakta Sulap Jeruk Nipis Menjadi Jamu Peningkat Imunitas

25 Aug 2021 15:03 by Totok Agung


Previous Next
 

Inovasi yang layak diacungi jempol kepada anggota kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 18 IIK Bhakta Kediri. Anggota KKN ini membuat jamu penambah imunitas tubuh dari Jeruk Nipis untuk dibagikan kepada masyarakat Desa Blawe Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri, Rabu (25 Agustus 2021).

Latar belakang adanya pandemi seperti ini masyarakat membutuhkan asupan peningkat imunitas yang lebih atau daya tahan tubuh dengan bahan yang tersedia di sekitar. Anggota  KKN Kelompok 18 berinovasi untuk membuat suatu produk minuman yang baik dikonsumsi dan mempunyai banyak manfaat yaitu JAMU JERUK NIPIS SEREH "JENISER".

Alasan tim KKN kelompok 18 memilih jeruk nipis sebagai bahan utama karena mempunyai banyak manfaat diantaranya dapat meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi resiko jantung, dan meredakan batuk. 

"Kandungan antioksidan dalam jeruk nipis sangat dibutuhkan oleh tubuh dimasa pandemi saat ini. Proses pengolahan pun tidak memakan waktu yang lama dan tidak sulit. 

Jeruk nipis juga mudah didapatkan selain itu harga jeruk nipis juga terjangkau. Untuk bahan lain yang akan digunakan ada sereh, jahe, kunyit, kayu manis dan untuk gula optional," jelas Fatwa Yuan Narotama ketua KKN 18 IIK Bhakta.

Cara pembuatan nya pun cukup mudah hanya dengan memasukan semua bahan-bahan kedalam air dan merebusnya hingga mendidih, disaring lalu dikemas dalam botol dengan pemberian label dan jamu siap dikomsumsi.

Kegiatan ini pun di dukung penuh oleh Kepala Desa Blawe Ibu Hj. Kusnul Hidayati, perangkat desa dan masyarakat di desa Blawe Purwoasri Kediri. Beliau menilai kegiatan ini cukup bermanfaat bagi warga masyarakat sekitar dengan pengomsumsian olahan herbal yang dapat meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19 yang saat ini yang belum juga berakhir.

 

 

Artikel Terkait


1. IIK Bhakta bersama Kodim 0809 Lakukan Vaksinasi ke Santri Lirboyo
2. Pengabdian Masyarakat Bersama Alumni Fakultas Kedokteran Gigi IIK Bhakti Wiyata Kediri, Kesehatan Gigi Dan Mulut pada Pubertas
3. Mahasiswa FKG IIK Bhakta Borong Prestasi 3rd Runner Up Putra Pariwisata 2022, Duta Agrowisata dan Duta Kesehatan Nasional 2022.
4. Delegasi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat IIK Bhakti Wiyata Ikuti Kegiatan RAPIMNAS ISMKMI di Riau
5. IIK BW Peduli dan BEM IIK BW Salurkan Sembako kepada Warga Terdampak Covid-19
6. Cegah Covid-19: Mahasiswa IIK BW Bergabung Menjadi Relawan di BPBD Kota Kediri