Welcome To IIK Bhaktiwiyata

Pendaftaran Program Reguler, Jalur Reguler 1 Gelombang 1, D3 D4 S1 IIK Bhakta T.A. 2024 - 2025 Daftar Sekarang

Telah dibuka Program Kelas Karyawan (Kategori RPL, Progsus dan Alih Jenjang) TA 2024-2025Info Selengkapnya

Pendaftaran Online IIK Bhakta Request Information Konsultasi Online IIK Bhakta


Sejarah & Perkembangan IIK Bhakta



IIK Bhakta

Perkembangan IIK Bhakta dari Masa ke Masa

Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata merupakan institut kesehatan pertama di Indonesia yang mendapat penghargaan dari Rekor MURI tahun 2017. Penghargaan ini diperoleh tidak mudah dan penuh perjuangan untuk dapat terus mempertahankan eksistensi dari tahun ke tahun. Pencapaian berharga ini tak lepas dari sejarah di masa lampau dan komitmen yang teguh untuk memajukan dunia kesehatan di Indonesia.

Berdirinya IIK Bhakta menyimpan sejarah yang panjang dalam perjalanan pendidikan tinggi di Indonesia. Pada saat berdiri di tahun 2005, IIK Bhakta memiliki 4 fakultas terbaik dengan 15 Prodi. Beragam prodi yang terbentuk merupakan hasil peleburan (merger) dari semua akademi yang berasa di Yayasan Bhakti Wiyata pada waktu itu.

Sampai dengan saat ini tahun 2023, 4 fakultas di IIK Bhakta jumlahnya masih sama, namun jumlah prodi telah berkembang banyak hingga 21 Prodi. Bila diperinci, sejarah IIK Bhakta dapat dijabarkan seperti berikut

1985

Cikal bakal berdirinya IIK Bhakti Wiyata diawali dengan berdirinya sekolah Sekolah Menengah Farmasi Bhakti Husada pada tahun 1985. Sekolah kesehatan ini berdiri di bawah naungan resmi Yayasan Bhakti Husada. Yayasan Bhakti Husada adalah lembaga sosial yang memang berfokus dalam kemajuan dunia pendidikan dan kesehatan. Dr. Bambang Harsono Suhartono, M.B.A., sebagai pemimpin Yayasan Bhakti Husada saat itu sangat konsisten menjalankan visi misi yayasan untuk mencetak tenaga kesehatan yang lebih banyak dan tersebar hingga pelosok Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemerataan tenaga kesehatan di Indonesia sehingga sulit dijangkau bagi masyarakat daerah yang hidup di pelosok. Melalui Sekolah Menengah Farmasi inilah harapan pemenuhan tenaga kesehatan itu mulai nyata dan semakin berkembang dari tahun ke tahun.

1991 - 1992

Setelah sukses mendirikan Sekolah Menengah Farmasi, berdirilah juga Akademi Analis Kesehatan (AAK). Jurusan ini banyak dicari sebagai ahli laboratorium dan banyak dibutuhkan masyarakat saat itu. Dengan adanya ahli laboratorium ini dapat membantu menegakkan diagnosa para dokter agar semakin akurat dalam menentukan perawatan medis pada pasien. Yayasan Bhakti Husada semakin melebarkan sayapnya. Tahun berikutnya, sekolah kesehatan yang juga didirikan adalah Akademi Teknik Gigi (ATG) dan Akademi Analis Farmasi (AAF) yang berada dibawah naungan Departemen Kesehatan.

1997

Animo masyarakat yang meningkat dan tingginya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, mendorong Yayasan Bhakti Husada berganti nama menjadi Yayasan Bhakti Wiyata. Hal ini semakin menunjukan eksistensi Yayasan Bhakti Wiyata yang selalu konsisten mempertahankan visi misi mulianya dalam bidang pengembangan kesehatan dan pendidikan.

Seiring perubahan nama tersebut, kesusksesan Yayasan Bhakti Wiyata semakin berlanjut. Lembaga ini juga mendirikan Akademi Perekam Informasi Kesehatan (APIKES) Bhakti Wiyata, Akademi Fisioterapi (AKFIS) dan Akademi Farmasi (AKFAR) yang berada dibawah naungan Departemen Kesehatan.

2005

Pada tahun 2005, impian mendirikan sebuah kampus dengan beragam jurusan kesehatan pun akhirnya terwujud. IIK Bhakta resmi didirikan dengan 3 fakultas utama. Beragam fakultas yang terbentuk merupakan hasil peleburan (merger) dari semua akademi yang berasa di Yayasan Bhakti Wiyata. Tiga fakultas yang terbentuk diantaranya Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Ketiga fakultas ini berada dibawah naungan Yayasan Bhakti Wiyata untuk menyelenggarakan Program Sarjana (S1).

2013

Berdiri satu Fakultas Sains, Teknologi & Analisis yang diselenggarakan untuk memenuhi kompetensi Sumber Daya Manusia yang berfokus pada keilmuan Biologi & Kimia. Seiring berjalanya waktu dan berkembangnya pengetahuan, kini Fakultas tersebut telah berubah nama menjadi Fakultas Teknologi dan Manajemen Kesehatan.

2017

Untuk memaksimalkan kualitas pendidikan, IIK Bhakta terus berbenah terutama fokus pada penyediaan sarana dan prasarana belajar yang modern dan nyaman. Gedung Adipadma berlantai 7 resmi selesai dibangun pada tahun ini. Gedung yang diklaim sebagai Gedung kampus tertinggi di Kota Kediri ini menjadi ikon baru untuk IIK Bhakti Wiyata dan dikenal banyak masyarakat. Tentunya dengan Gedung baru ini, semakin memberikan bukti bahwa IIK Bhakta benar-benar serius dalam peningkatan kualitas pendidikan dan terus berinovasi.

2019

Dengan meluluskan ribuan alumni tenaga profesional yang tersebar diseluruh Indonesia, IIK Bhakta telah berpartisipasi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia selama 30 tahun lebih, terhitung sejak tahun 1985. IIK Bhakta juga semakin melebarkan sayap dengan mendirikan prodi-prodi terbaru seperti S1 Gizi, S1 Administrasi Rumah Sakit, S1 Kebidanan, Profesi Apoteker dan Profesi Bidan. Tentunya hal ini juga diimbangi dengan fasilitas, SDM serta mutu pendidikan yang memang berkualitas dan kompeten dibidangnya.

2020

Pada tahun ini, IIK Bhakta meraih penghargaan dari LLDIKTIV Wilayah VII sebagai PTS Terbaik Nomor 2 Bentuk Institut 2020. Hal ini merupakan buah dari kerja keras seluruh sivitas akademika IIK Bhakta yang terus berupaya semakin maju dan berkembang dari tahun ke tahun.

2021

IIK Bhakta melakukan penyempurnaan logo terbarunya dan memperkenalkan maskot barunya yaitu Bhabha dan Tata. Boneka ikonik ini sering muncul dan turut support dalam kegiatan kampus. Selain itu, IIK Bhakta juga melakukan re-branding untuk penyebutan nama kampus menjadi lebih mudah diingat yaitu IIK Bhakta dengan mengusung konsep Kampus Modern & Inovatif. Pada tahun ini juga, IIK Bhakta berhasil raih anugerah perak kategori Organisasi Pendidikan Tinggi dari SNI Award. IIK Bhakta menjadi satusatunya Institut yang menerima anugerah SNI Award dari 4.468 perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

2022

IIK Bhakta akan terus mengembangkan kualitas dan kuantitas pelayanan pendidikan untuk menjadi pusat pengembangan kesehatan dan terciptanya tenaga ahli kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya prodi baru S1 Psikologi di tahun ini. Dalam prodi ini, pembelajaran yang diberikan berfokus pada psikologi kesehatan.

2023

IIK Bhakta meraih penghargaan sebagai universitas berstandar internasional dengan meraih sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Penjaminan Mutu. Dengan mengukir segudang prestasi lainnya, tahun yang akan datang IIK Bhakta akan terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan dan terus berinovasi menjadi yang terbaik. Tujuan inilah yang sesuai dengan motto IIK Bhakta "Developing Health Experts" dan menjadi semangat IIK Bhakta untuk terus maju dan menuju World Class University.

Penyempurnaan Logo Baru IIK Bhakti Wiyata

Tahukah Anda bahwa saat ini di media sosial IIK Bhakti Wiyata mulai gencar mensosialisasikan logo baru? Yap, hal ini dilakukan oleh IIK Bhakti Wiyata untuk lebih menyempurnakan branding yang sudah ada agar terlihat lebih konsisten dan mudah diingat masyarakat. Jika diurutkan, mari kilas balik sekilas tentang transformasi logo IIK Bhakti Wiyata dari masa ke masa.


Awal Logo IIK Bhakti Wiyata tahun 2005

iik bhakti wiyata logo 2005

Logo awal IIK Bhakti Wiyata berbentuk seperti toga, di dalam toga bertuliskan IIK+ dengan perpaduan warna merah dan putih. Makna yang terkandung dalam logo tersebut adalah:

  1. Toga sebagai lambang lembaga.
  2. Warna merah memberikan citra keberanian menghadapi berbagai tantangan dalam mewujudkan visinya.
  3. Dasar putih memiliki kesungguhan dalam bekerja yang dilandasi kesucian hati atas niat mengabdi pada bangsa, negara dan masyarakat.
  4. IIK+ berarti lulusan yang dihasilkan memiliki nilai lebih/unggul.

Seiring perkembangan zaman, logo IIK Bhakti Wiyata pun bertransformasi menjadi

iik bhakti wiyata proses logo 1

iik bhakti wiyata proses logo 2

iik bhakti wiyata proses logo 3

Transformasi logo di atas tidak banyak berubah dari sebelumnya, hanya ditegaskan pada tulisan Bhakti Wiyata, dengan bentuk yang berbeda sebagai berikut: IIK BW, IIK Bhakti Wiyata, IIK BHAKTI WIYATA. Dan ada tambahan makna dibalik logo tersebut yaitu Budaya PLUS yang diusung oleh Rektor kita saat ini, Prof. Dr. apt. Muhamad Zainudin. Budaya PLUS sendiri berarti Prima dalam pelayanan, Mulia dalam akhlak, Unggul dalam pekerjaan, dan Sejahtera dalam hidup bersama.

Pada tahun 2021, IIK Bhakti Wiyata melakukan perubahan logo. Perubahan ini terlihat berbeda dari yang sebelumnya. Ada penyingkatan khusus untuk Bhakti Wiyata, yakni “Bhakta”. Lambang toga pun juga sudah berganti menjadi bulat. Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih mengenal kepanjangan dari BW yakni Bhakti Wiyata. Dapat dilihat bersama, tampilan terbaru dari logo IIK Bhakti Wiyata saat ini adalah:

iik bhakti wiyata new logo 1
Horizontal

iik bhakti wiyata new logo 2
Vertikal

Tulisan Bhakti Wiyata sengaja dijabarkan agar masyarakat selalu ingat dari kepanjangan BW tersebut. Selain itu IIK Bhakti Wiyata juga ingin membangun image yang lebih jelas agar tidak tertukar dengan brand lain. Hal ini dilatarbelakangi karena saat ini banyak bermunculan kampus yang berlabel Intsitut Ilmu Kesehatan di Indonesia. Tetapi meskipun banyak nama yang memakai nama Institut Ilmu Kesehatan, IIK Bhakti Wiyata tetap menjadi Institut kesehatan pertama di Indonesia yang telah diakui oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

iik bhakti wiyata new logo philosophy 1
iik bhakti wiyata new logo philosophy 2
iik bhakti wiyata new logo philosophy 3 iik bhakti wiyata new logo philosophy 4 iik bhakti wiyata new logo philosophy 5
iik bhakti wiyata new logo philosophy 6

Adapun makna dari keterangan logo baru IIK Bhakti Wiyata adalah:

logo description 1

Dari segi bentuk adalah lingkaran. Bentuk lingkaran sangat cocok dengan perusahaan yang ingin memberikan kesan yang dinamis, bergerak, memiliki kecepatan, sesuatu yang berulang, tidak terputus, tidak memiliki awal atau akhir, abadi, memiliki kualitas, dapat diandalkan, sesuatu yang sempurna, serta kehidupan.

logo description 1

Bentuk bunga kamboja dalam agama Hindu dapat diartikan sebagai dedikasi dan pengabdian sesuai arti nama Bhakta.

logo description 1

Bentuk cross sebagai awal pendidikan yang berfokus di pendidikan disatukan menjadi bunga kamboja berkelopak empat, yang artinya membawa keberuntungan.

logo description 1

Bentuk Kompas dari pusat mengarah ke delapan penjuru, menunjukkan bagaimana para siswa dibekali dan diangkat dari BHAKTI WIYATA untuk menjadi bersinar, berdedikasi dan berbakti serta menyebar ke seluruh dunia.

logo description 1

Warna kuning melambangkan seperti cahaya matahari yang memberikan kesan bahagia dan optimis. Pengunaan warna kuning mudah menarik perhatian karena terlihat menyolok jika dibandingkan dengan warna primer lainnya. Warna kuning sering dipergunakan oleh perusahaan perusahaan yang berjiwa muda, kreativitas, dan penuh semangat.

logo description 1

Warna Merah adalah warna identitas Institut yang melambangkan energi, kekuatan, keberanian, pencapaian tujuan, cinta, perjuangan, dan perhatian.

logo description 1

Warna Biru melambangkan komunikasi dan peruntungan yang baik, kebijakan, perlindungan, inspirasi, tenang, kelembutan, dinamis, kreativitas, kedamaian, kepercayaan, kepandaian, kekuatan, percaya diri, berbagi, persahabatan, harmoni, dan kasih sayang.

logo description 1

Warna putih melambangkan kemurnian, kesucian, dan kebajikan.


iik bhakti wiyata new logo dimension