Welcome To IIK Bhaktiwiyata
Pendaftaran Online IIK Bhakta Login Pendaftaran Online IIK Bhakta Konsultasi Online IIK Bhakta


Sejarah & Perkembangan IIK Bhakta



Sejarah IIK Bhaktiwiyata

IIK Bhakti Wiyata telah berdiri sejak tahun 1985. Selama kurang lebih 35 tahun, IIK Bhakti Wiyata berdedikasi untuk mencetak tenaga kerja kesehatan yang profesional dan andal untuk mengabdi di masyarakat lokal dan masyarakat internasional.
Berdasarkan data dari Tim Pendaftaran IIK BW, total keseluruhan alumni hingga tahun ini sudah mencapai lebih dari 17.500 alumni.
Sejarah lahirnya program studi S-1 di Institut Ilmu Kesehatan Kediri yang dikembangkan dari program diploma dan tuntutan masyarakat akan kebutuhan tenaga sarjana ilmu kesehatan yang profesional.

Dengan landasan yang mengacu pada pengembangan tenaga kesehatan seperti yang tercantum dalam Sistem Kesehatan Nasional. Disamping itu dilihat dari gambaran kedudukan geografis dan geopolitik, maka Institut Ilmu Kesehatan ikut bertanggung jawab akan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia Timur khususnya dan nasional serta regional antar Negara.

Pendidikan tinggi diharapkan dapat memberi pengalaman belajar pada peserta didik untuk menumbuhkan dan membina sikap, kemampuan serta ketrampilan profesional yang diperlukan sebagai seorang Sarjana Ilmu Kesehatan yang profesional.

Pendirian Program Studi S-1 Ilmu Kesehaan Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri didirikan atas upaya dari Yayasan Bhakti Wiyata Kediri bersama Kopertis Wilayah VII serta lembaga yang terkait yang telah mengadakan langkah - langkah selanjutnya, maka pada tanggal 27 September 2005 telah diterbitkan SK Dirjen Dikti No : 139/D/O/2005 Bahwa Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri untuk menyelenggarakan Program Studi S1 Farmasi, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Kimia, Biologi, Fisioterapi ( D-IV), Analis Kesehatan ( D-IV )

Dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan lampirannya yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional, juknis Perpres ini Permendikbud No. 73 Tahun 2013.Terbitnya Perpres No. 08 Tahun 2012 dan UU PT No. 12 Tahun 2012 Pasal 29 ayat (1), (2), dan (3) telah berdampak pada kurikulum dan pengelolaannya di setiap program. Kurikulum yang pada awalnya mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes). Secara ringkas KKNI terdiri dari sembilan level kualifikasi akademik SDM Indonesia.


Perkembangan IIK Bhakti Wiyata dari Masa ke Masa

 

1985

Dengan rasa cinta tanah air, Dr. Bambang Harsono Suhartono M.B.A. membangun pendidikan kesehatan di Indonesia dengan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi, hingga sekarang, Yayasan Bhakti Wiyata telah memberikan lebih dari 200 beasiswa total.

1991

Di bawah naungan Yayasan Bhakti Wiyata, kita terus berkontribusi dan mengembangkan diri dalam dunia pendidikan kesehatan dengan mendirikan SMK Analis Kesehatan, SMK Perawat Gigi, Diploma 3 dan Diploma 4.

2006

Pada tahun 2006 berdirilah IIK Bhakta dengan 3 Fakultas. Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi dan Fakultas Kesehatan Masyarakat dibawah naungan Yayasan Bhakti Wiyata Kediri untuk menyelenggarakan Program Studi Sarjana (S1).

2019

Dengan meluluskan 14.225 tenaga profesional yang tersebar diseluruh Indonesia, IIK Bhakta telah berpartisipasi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia selama 34 tahun.

Masa Depan

IIK Bhakta terus mengembangkan kualitas dan kuantitas pelayanan pendidikan untuk menjadi pusat pengembangan kesehatan dan terciptanya tenaga ahli kesehatan. Tujuan inilah yang melahirkan motto IIK Bhakta "Developing Healt Experts" dan menjadi semangat IIK Bhakta untuk terus maju.

Penyempurnaan Logo Terbaru IIK Bhakti Wiyata

Tahukah kamu jika saat ini di media sosial IIK Bhakti Wiyata mulai gencar disosialisasikan logo baru? Yap, hal ini dilakukan IIK Bhakti Wiyata untuk lebih menyempurnakan kembali branding yang sudah ada agar terlihat lebih konsisten dan mudah diingat masyarakat. Jika diurutkan, ,mari kita ber-flashback sebentar mengenai transformasi logo IIK Bhakti Wiyata dari masa ke masa.


Awal Logo IIK Bhakti Wiyata tahun 2005

iik bhakti wiyata logo 2005

Logo awal IIK Bhakti Wiyata berbentuk seperti toga, di dalam toga tersebut bertuliskan IIK+ dengan perpaduan warna merah dan putih. Makna yang terkandung dalam logo tersebut adalah:

  1. Toga sebagai lambang institut.
  2. Warna merah memberikan gambaran berani menghadapi berbagai tantangan dalam mewujudkan visinya.
  3. Dasar putih memiliki ketulusan dalam berkarya dilandasi kesucian hati atas niat berbakti kepada bangsa, negara serta masyarakat.
  4. IIK+ artinya lulusan yang dihasilkan mempunyai nilai lebih/unggul.

Seiring berkembangnya waktu, logo IIK Bhakti Wiyata pun bertransformasi menjadi

iik bhakti wiyata proses logo 1

iik bhakti wiyata proses logo 2

iik bhakti wiyata proses logo 3

Transformasi logo diatas tidak banyak perubahan dari sebelumnya, hanya dipertegas adalam penulisan Bhakti Wiyata-nya saja, dengan bentuk-bentuk yang berbeda seperti berikut: IIK BW, IIK Bhakti Wiyata, IIK BHAKTI WIYATA. Serta ada penambahan makna dibalik logo tersebut, yaitu Budaya PLUS yang diusung oleh Bapak Rektor kita saat ini, Prof. Dr. apt. Muhamad Zainuddin. Budaya PLUS sendiri merupakan singkatan dari Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama.

Pada tahun 2021, IIK Bhakti Wiyata melakukan perubahan logo. Perubahan ini terlihat berbeda dari yang sebelumnya. Ada penyingkatan khusus untuk Bhakti Wiyata, yakni “Bhakta”. Lambang toga pun juga sudah berganti menjadi bulat. Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih mengenal kepanjangan dari BW yakni Bhakti Wiyata. Dapat dilihat bersama, tampilan terbaru dari logo IIK Bhakti Wiyata saat ini adalah:

iik bhakti wiyata new logo 1
Horizontal

iik bhakti wiyata new logo 2
Vertikal

Tulisan Bhakti Wiyata sengaja dijabarkan agar masyarakat selalu ingat dari kepanjangan BW tersebut. Selain itu IIK Bhakti Wiyata juga ingin membangun image yang lebih jelas agar tidak tertukar dengan brand lain. Hal ini dilatarbelakangi karena saat ini banyak bermunculan kampus yang berlabel Intsitut Ilmu Kesehatan di Indonesia. Tetapi meskipun banyak nama yang memakai nama Institut Ilmu Kesehatan, IIK Bhakti Wiyata tetap menjadi Institut kesehatan pertama di Indonesia yang telah diakui oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

iik bhakti wiyata new logo philosophy 1
iik bhakti wiyata new logo philosophy 2
iik bhakti wiyata new logo philosophy 3 iik bhakti wiyata new logo philosophy 4 iik bhakti wiyata new logo philosophy 5
iik bhakti wiyata new logo philosophy 6

Adapun makna dari keterangan logo baru IIK Bhakti Wiyata adalah:

logo description 1

Dari segi bentuk adalah lingkaran. Bentuk lingkaran sangat cocok dengan perusahaan yang ingin memberikan kesan yang dinamis, bergerak, memiliki kecepatan, sesuatu yang berulang, tidak terputus, tidak memiliki awal atau akhir, abadi, memiliki kualitas, dapat diandalkan, sesuatu yang sempurna, serta kehidupan.

logo description 1

Bentuk bunga kamboja dalam agama Hindu dapat diartikan sebagai dedikasi dan pengabdian sesuai arti nama Bhakta.

logo description 1

Bentuk cross sebagai awal pendidikan yang berfokus di pendidikan disatukan menjadi bunga kamboja berkelopak empat, yang artinya membawa keberuntungan dan simbol PLUS menjadi akronim dari nilai luhur budaya kampus IIK Bhakta.

logo description 1

Bentuk Kompas dari pusat mengarah ke delapan penjuru, menunjukkan bagaimana para siswa dibekali dan diangkat dari BHAKTI WIYATA untuk menjadi bersinar, berdedikasi dan berbakti serta menyebar ke seluruh dunia.

logo description 1

Warna kuning melambangkan seperti cahaya matahari yang memberikan kesan bahagia dan optimis. Pengunaan warna kuning mudah menarik perhatian karena terlihat menyolok jika dibandingkan dengan warna primer lainnya. Warna kuning sering dipergunakan oleh perusahaan perusahaan yang berjiwa muda, kreativitas, dan penuh semangat.

logo description 1

Warna Merah adalah warna identitas Institut yang melambangkan energi, kekuatan, keberanian, pencapaian tujuan, cinta, perjuangan, dan perhatian.

logo description 1

Warna Biru melambangkan komunikasi dan peruntungan yang baik, kebijakan, perlindungan, inspirasi, tenang, kelembutan, dinamis, kreativitas, kedamaian, kepercayaan, kepandaian, kekuatan, percaya diri, berbagi, persahabatan, harmoni, dan kasih sayang.

logo description 1

Warna putih melambangkan kemurnian, kesucian, dan kebajikan.


iik bhakti wiyata new logo dimension
 
 
 
©   IIK BHAKTI WIYATA