Mahasiswa IIK Bhakti Wiyata Melalui Pendanaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Melaksanakan PKM-Pengabdian Masyarakat Pengembangan Program GEMAYUR (Gemar

Pendaftaran Program Reguler, Jalur Reguler 1 Gelombang 1, D3 D4 S1 IIK Bhakta T.A. 2024 - 2025 Daftar Sekarang

Telah dibuka Program Kelas Karyawan (Kategori RPL, Progsus dan Alih Jenjang) TA 2024-2025Info Selengkapnya

 
 

Mahasiswa IIK Bhakti Wiyata Melalui Pendanaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Melaksanakan PKM-Pengabdian Masyarakat Pengembangan Program GEMAYUR (Gemar Makan Sayur) Melalui Permainan Edukatif Petualangan Sayur Pada Anak Di SD

10 Oct 2023 09:22 by Totok Agung


Previous Next
 

Tim Mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata menggelar pengabdian kepada masyarakat bertajuk GEMAYUR (Gemar Makan Sayur) di SDN Grogol 2 Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, dimulai tanggal 14 Agustus sampai 23 September 2023.

 

Dalam kegiatan ini dilakukan oleh 54 siswa/siswi kelas 1 dengan dipandu oleh 4 leader dari mahasiswa IIK dan didampingi oleh 2 guru kelas 1. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut siswa/siswi SDN Grogol 2 lebih mengenal macam-macam sayur agar pengetahuan dan frekuensi konsumsi makan sayur siswa/siswi kelas 1 meningkat.

 

Ibu Anitawati selaku guru kelas 1B mengatakan “Permainan ini membuat siswa/siswi senang, tertarik dengan apa yang dilakukan selama 2 minggu di sekolah”

 

Ibu Fitria Novita Sari selaku guru kelas 1A mengatakan “Anak kelas 1 itu masih berbaur dengan anak TK sehingga permainan ini sangat cocok sekali untuk anak kelas 1 dengan usia yang masih segitu dan kemungkinana nanti permainannya bisa diterapkan sebagai media pembelajaran di tengah-tengah pelajaran agar tidak terlalu jenuh.”

 

Ibu Fitria Novita Sari dalam wawancara tanggapan kegiatan menambahkan bahwa “permainan ini layak diteruskan di SDN Grogol 2 karena permainannya tidak membosankan selain itu juga menambah pengetahuan karena dibaur dengan materi-materi tentang sayur”

 

Sementara itu, 4 mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata yakni Kharintria Urfila Astari, Berlian Hesty Wardani Praditya, Febrilia Puspita Barliana, Alisya Putri Salsabila dengan dosen pembimbing Ibu Sheylla Septina Margaretta, Ns., M.Kep, didampingi oleh guru kelas 1 SD menjelaskan alur permainan kepada siswa/siswi di SDN Grogol 2 Kabupaten Kediri.

 

Tahap selanjutnya pembagian peran untuk persiapan permainan di 2 kelas yang diawali dengan pembagian kuisioner pre-test dan kartu pemantauan minggu ke-1, dilanjutkan dengan permainan edukatif petualangan sayur, kemudian pembagian kuisioner post-test dan kartu pemantauan minggu ke-2, ditutup dengan wawancara tanggapan kegiatan dari guru kelas 1, siswa/siswi kelas 1, dan wali murid kelas 1.

 

Siswa/siswi kelas 1 sangat antusias dalam mengikuti permainan GEMAYUR (Gemar Makan Sayur). Mereka terlihat sangat senang, seru karena permainannya mudah dilakukan dan dapat dimainkan sendiri ketika jam istirahat. Kemampuan siswa/siswi mengenal sayur meningkat dan mereka mengatakan sayur seperti brokoli, kentang, dan wortel sering dimasak oleh orang tuanya.

 

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa IIK Bhakti Wiyata melalui hibah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memberikan perlengkapan permainan GEMAYUR (Gemar Makan Sayur) berupa buku pedoman mitra, banner permainan ular tangga, pion, dadu, kartu sakit dan sayur, serta stempel award untuk siswa/siswi kelas 1 SD.