Institut Ilmu Kesehatan
Courses > Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Administrasi Rumah Sakit > Informasi Akademis

Berdirinya Prodi baru S1 Administrasi Rumah Sakit (S1-ARS) di Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK BW) menunjukkan bahwa institut kesehatan pertama di Indonesia ini selalu fokus dalam usaha pemenuhan tenaga kesehatan yang berkualitas.

Prodi S1-ARS IIK BW juga memiliki keunggulan pada Manajemen Berbasis Mutu Rumah Sakit. Keunggulan ini didasarkan pada kebutuhan rumah sakit dalam menghadapi era SNARS (Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit), JCI (Joint Comission International ) dan Revolusi Industri 4.0. Keunggulan tersebut membuat lulusan Prodi S1-ARS IIK BW menjadi sumber daya manusia yang vital di lingkup penyedia layanan kesehatan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terkhusus di rumah sakit Indonesia dengan memperhatikan keterjaminan mutu pelayanan kesehatan dan kemampuan teknologi di era Revolusi Industri 4.0.

Dalam hal penyelenggaraan Prodi S1-ARS IIK-BW telah bekerjasama dengan rumah sakit di wilayah eks-Karesidenan Kediri dan sekitarnya. Selain itu, adanya RSGM IIK dan rencana pembangunan RS Afiyama oleh Yayasan Bhakti Wiyata memberikan kesempatan bagi mahasiswa S1-ARS untuk melakukan praktik kerja langsung di RS Afiyama maupun RS mitra lain. Lulusan S1-ARS IIK-BW juga memiliki kesempatan untuk direkrut oleh RSGM IIK dan RS Afiyama maupun RS mitra lain. Adapun karier yang dapat diraih setelah lulus dari S1 ARS (selengkapnya lihat infografis):

  1. Middle manager;
  2. Evaluator internal;
  3. Asisten konsultan;
  4. Peneliti yang inovatif.

Visi

Menjadi Program Studi Administrasi Rumah Sakit yang unggul, kompetitif, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, berwawasan kebangsaan, dan berperan dalam mendorong pembangunan berkelanjutan di bidang kesehatan berlandaskan manajemen mutu rumah sakit pada tahun 2021.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik administrasi rumah sakit berlandaskan manajemen mutu yang kompeten dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga menghasilkan tenaga administrasi rumah sakit yang profesional.

  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif di bidang administrasi rumah sakit berlandaskan manajemen mutu berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan keahlian di bidang ilmu dan teknologi administrasi rumah sakit berlandaskan manajemen mutu untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta derajat kesehatan masyarakat.

  4. Melaksanakan manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama).

  1. Kemampuan untuk mengidentifikasi perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengkontrolan dan evaluasi
  2. Kemampuan untuk melakukan pencatatan dan pelaporan
  3. Kemampuan untuk melakukan kegiatan manajemen sumber daya manusia
  4. Kemampuan untuk mendemonstrasikan advokasi dan kemampuan komunikasi untuk menghadapi perilaku konsumen
  5. Kemampuan untuk menghitung dan menganalisis pembiayaan serta memanfaatkan metrik
  6. Kemampuan untuk mengoperasikan sistem informasi manajemen terintregasi
  7. Kemampuan untuk mengidentifikasi alur sistem pelayanan kesehatan
  8. Kemampuan untuk mengidentifikasi pengendalian penyakit infeksi dan keselamatan pasien
  9. Kemampuan untuk melakukan kerjasama tim yang efektif dalam organisasi
  10. Kemampuan untuk menggunakan instrumen penilaian mutu dan melakukan self assesment
  11. Kemampuan untuk mengumpulkan dan mengolah data menjadi informasi

Laboratorium Mini Hospital yang terdiri dari beberapa ruang yaitu :

  1. Lab elektroterapi
  2. Lab Manual terapi
  3. Lab pediatri
  4. Lab IGD
  5. Lab ANC & PNC
  6. Lab INC
  7. Lab Komunitas & keluarga
  8. Lab Neonatus & baby spa
  9. Lab medikal bedah
  10. Lab jiwa & gerontik
  11. Lab anak
  12. Lab gizi
  13. Lab kesehatan lingkungan
  14. Ruang manajemen

 

Course


Fakultas Ilmu Kesehatan
Sambutan Dekan
Visi Dan Misi
Sejarah
Badan Eksekutif Mahasiswa

S1 Kesehatan Masyarakat
S1 Keperawatan
D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok
D3 Kebidanan
D3 Fisioterapi
D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Fakultas Farmasi

Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Sains, Teknologi & Analisis

  UNIVERSITY
Visi Misi
Pimpinan Akademis
Sejarah IIK BW
Fasilitas Kampus
Rektor IIK BW Masa ke masa
Penghargaan
COURSES
Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Farmasi
Fakultas Ilmu Kesehatan
Fakultas Sains, Teknologi & Analisis
STUDENT
Jurusan Yang Tersedia
Pendaftaran Online
Kalender Akademik
Beasiswa
Biaya Pendidikan
Cara Pembayaran
PARTNERSHIP &
COMMUNITY
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat
Lembaga Penjamin Mutu Internal IIK
INTERNATIONAL
About IIK
Achievements
Our City
How To Apply Visitor Visa
Tuition Fee
International Partnership
 

"Developing Health Experts"

Pendaftaran IIK Facebook IIK Instagram IIK Youtube IIK
Map IIK

CONTACT

Jl. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri 64114 Jawa Timur
Tlp. 0354 773299 / 773535
Fax. 0354 721539
HP: 0822 3086 8898

SITE TRAFFIC

Site Traffic Last 24 Hours Last 24 hrs
2,813 
Site Traffic Last 7 days Last 7 days
23,294 
Site Traffic Last 30 Days Last 30 days
100,484 

Online Now

44