Institut Ilmu Kesehatan
Courses > Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan > Informasi Akademis
InformasiVisi MisiKompetensiDistribusi Mata KuliahLaboratoriumTestimonial

Lahirnya paradigma baru rekam medis yang dinamakan sebagai manajemen informasi kesehatan merupakan dampak positif dari revolusi teknologi informasi dan komunikasi,terjadi perubahan paradigma yaitu dari praktik tradisional Manajemen informasi kesehatan, beralih menjadi praktik Manajemen berorientasi Informasi.

Program Studi yang pada awal berdiri pada tahun 1999 dikenal dengan nama “AKADEMI PEREKAM DAN INFORMATIKA KESEHATAN”,dimana pada tahun 2007 setelah bergabung dibawah bendera Insitut  Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, dikenal dengan nama “PROGRAM STUDI D-3 PEREKAM DAN INFORMASI KESEHATAN”, dibawah Fakultas Kesehatan Masyarakat

Kalau pada awalnya pendidikan diberikan kepada mahasiswa lebih berfokus pada bentuk fisik rekam medis dan pelaporan, memeriksa kuantitas isi rekam medis, mengatur jalannya arus rekaman, menyimpan, mengeluarkan dan mengembalikan dan lainnya yang titik pusatnya pada unit kerja rekam medis; dengan berkembangnya paradigma baru, pendidikan kita terutama lebih difokuskan pada berbasis informasi, dengan tampilan diutamakan dapat secara elektronis, menggunakan statistik dan teknik pemodelan data.

Proses pergeseran ini memang memerlukan waktu,baik bagi para pembimbing dan juga para mahasiswa. tapi hal ini tidak mungkin kita tunda lagi. Sayangnya, Hukum cenderung tertinggal dengan modernisasi teknologi.

Lewat pelatihan-pelatihan, seminar maupun workshop yang mengikut sertakan para pembimbing apabila dana memungkinkan, kita terus akan mengikuti seiring modernisasi teknologi.

Pada tanggal 30 Juli 2011 telah terbentuk PORMIKI (PERHIMPUNAN ORGANISASI PROFESI PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN INDONESIA) Cabang Kediri , tinggal menunggu pelantikan dari DPD PORMIKI Jatim yang menurut rencana diadakan awal januari 2012,dikarenakan kepengurusan yg ada telah demisioner. Pada tanggal 18 Agustus 2011 telah terbentuk secara resmi “ASSOSIASI PERGURUAN TINGGI REKAM MEDIS DAN MANAJEMEN”, dimana program studi DIII - Perekam medis dan Informasi kesehatan , dan juga seluruh DIII serupa diseluruh wilayah Indonesia secara resmi sudah bergabung didalamnya. dan Ketua Prodi D-3 PIKES, Fakultas Kesehatan Masyarakat,  Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, diminta bergabung dalam kepengurusan Pusat.


Mengapa Belajar Program Studi ini di IIK ?

Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki keunggulan sistem perkuliahan yang modern, memiliki dosen – dosen yang berpengalaman dibidangnya masing – masing, memiliki fasilitas yang lengkap, dan tempat kuliah yang mudah dijangkau.


Pekerjaan Masa Depan

Lulusan D-3 Perekam dan Informasi Kesehatan memiliki beragam kesempatan dilapangan kerja. Mayoritas lulusan jurusan ini bekerja :

  • Rumah Sakit
  • Puskesmas
  • Klinik
  • Balai Pengobatan
  • ASKES
  • JAMSOSTEK
  • ASURANSI
 

Course


Fakultas Ilmu Kesehatan
Sambutan Dekan
Visi Dan Misi
Sejarah
Badan Eksekutif Mahasiswa

S1 Kesehatan Masyarakat
S1 Keperawatan
D4 Traditional Chinese Medicine
D4 Analis Kesehatan
D3 Analis Kesehatan
D3 Kebidanan
D3 Fisioterapi
D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
D3 Gizi (Coming soon)
Fakultas Farmasi

Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Sains

  UNIVERSITY
Pimpinan Akademis
Sejarah
Fasilitas Kampus
Peta Kampus
COURSES
Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Farmasi
Fakultas Ilmu Kesehatan
Fakultas Sains
STUDENT
Jurusan Yang Tersedia
Pendaftaran Online
Kalender Akademik
Beasiswa
Biaya Pendidikan
Cara Pembayaran
PARTNERSHIP &
COMMUNITY
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat
Lembaga Penjamin Mutu Internal IIK
INTERNATIONAL  

"Developing Health Experts"

CONTACT

Jl. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri 64114 Jawa Timur
Tlp. 0354 773299 / 773535
Fax. 0354 721539
HP: 0822 3086 8898

SITE TRAFFIC

Last 24 hrs
1,701 
Last 7 days
15,062 
Last 30 days
67,042 

Online Now

106