Pusat Penjamin Mutu Internal Institut Ilmu Kesehatan

Tunjang Akreditasi, IIK BW Sambut Tim Asesor BAN-PT untuk Asesmen Lapangan

2 Jul 2018

Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan visitasi ke Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK BW) dalam rangka pelaksanaan asesmen lapangan untuk keperluan akreditasi institusi pada Senin, (2/7) lalu. Kehadiran tim asesor merupakan tindak lanjut pengajuan borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang telah diajukan IIK BW beberapa waktu lalu.

Acara visitasi dihadiri juga oleh pimpinan IIK BW yaitu Rektor IIK BW, Bapak Prof. Dr. Muhamad Zainuddin, Apt  dan Bapak dr. David Raditya Soehartono, B.Com., M.M., M.B.A selaku perwakilan Yayasan Bhakti Wiyata. Sementara itu empat orang asesor yang ditunjuk BAN-PT untuk melakukan asesemen lapangan diantaranya Prof. drg. Armasastra Bahar Ph.D dari Universitas Indonesia, Dr. Ridwan Mochtar Thaha, M.Sc. dari Universitas Hasanuddin, Dr.Yulastri Arif, S.Kp., M.Kes. dari Universitas Andalas, dan  Dr. dr. Lantip Rujito, M.Si.Med. dari Universitas Jenderal Soedirman.

Kegiatan asesmen ini berlangsung dua hari hingga Selasa (3/7). Proses asesmen terdiri dari, presentasi dari dekanat, prodi, tinjauan langsung fasilitas pendidikan, fasilitas fakultas, perpustakaan, verifikasi dokumen borang, wawancara pada pimpinan, rektorat, dekanat, kepala-kepala pusat lembaga internal IIK, mahasiswa, alumni, para dosen, tenaga kependidikan, dan stakeholder seperti beberapa rumah sakit, puskesmas dan institusi lainnya yang digunakan mahasiswa IIK BW selama menjalani PKL. Sementara itu proses wawancara yang dilontarkan para asesor kepada civitas akademika IIK BW pun beragam, mulai dari visi-misi, dokumen-dokumen, penjaminan mutu, hingga pedoman penerimaan mahasiswa baru.

Perwakilan Yayasan Bhakti Wiyata, Bapak dr. David Raditya Soehartono, B.Com., M.M., M.B.A. mengatakan bahwa kegiatan visitasi pada hari ini berjalan lancar dan tinggal menunggu hasil dari BAN-PT. “Visitasi hari ini berjalan lancar, untuk hasil kita tentu masih harus menunggu, semoga IIK mendapat akreditasi minimal B," ujarnya. Harapannya, dari asesmen ini dapat memberikan hasil terbaik untuk IIK Bhakti Wiyata Kediri.

Terkait hasil akreditasi nanti, Rektor IIK BW, yakni Bapak Prof. Dr. Muhamad Zainuddin, Apt mengaku optimis bahwa IIK BW akan memperoleh nilai yang terbaik. “Dari 98 butir penilaian, IIK BW mendapat skor 300 lebih yang artinya skor ini sudah berada di nilai B dengan predikat sangat baik. Kita tunggu saja, pengumuman resminya dua bulan lagi, Saya optimis IIK BW mendapat nilai baik dalam akreditasi ini,” papar Rektor IIK BW saat diwawancarai. Pernyataan Rektor IIK BW ini juga didukung dari respon para asesor yang menyampaikan bahwa mereka sangat puas dengan jawaban yang dipaparkan oleh civitas akademika IIK BW dan mengapresiasi bahwa kampus IIK BW sudah memenuhi dari segi fasilitasnya baik sarana laboratorium maupun sarana lainnya.

Akreditasi institusi ini merupakan modal awal bagi IIK BW untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan seperti pembukaan prodi baru diantaranya: Profesi Apoteker, S1 Gizi, S1 Administrasi Rumah Sakit, S1 Psikologi Kesehatan, S1 Teknik Biomedik, dan Pendidikan Dokter. Selain itu juga akan dibuka program pasca sarjana di bidang kesehatanSemoga dengan akreditasi ini dapat memotivasi semua civitas akademika IIK Bhakti Wiyata untuk semakin berkembang dan memajukan IIK BW sebagai kampus kesehatan yang lebih berkualitas. IIK Developing Health Experts. 

 

Leave Reply


Berita Lainnya

Prodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok (D4 PTT) IIK Bhakti Wiyata Jalani Akreditasi LAM-PTKes

Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes) melakukan proses asesmen lapangan...

Pembaruan Akreditasi Prodi D3 RMIK IIK BW oleh LAM-PTKes

Sebagai komitmen terhadap sistem penjaminan mutu perguruan tinggi, Prodi D3 III Rekam Medis dan Info...

Prodi S1 Farmasi Torehkan Nilai B dalam Akreditasi LAM-PTKes

Kabar bahagia kembali datang dari prodi S1 Farmasi IIK BW yang berhasil meraih nilai B dalam akredit...

D3 Kebidanan IIK BW Turut Berbangga Atas Keberhasilan Raih Nilai B dalam Akreditasi LAM-PTKes

IIK Bhakti Wiyata kembali bersyukur atas keberhasilan Prodi D3 Kebidanan mendapatkan nilai B dalam a...

D3 Teknik Gigi IIK BW Raih Nilai Terbaik dalam Akreditasi LAM PT-Kes

Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK BW) berhasil meraih hasil terbaik dalam akreditasi progra...


 

PPMI

+ Beranda

+ Profil

Lembaga
Sejarah
Visi dan Misi
Struktur Organisasi
+ Berita
+ Kegiatan
Program Kerja
- Akreditasi
- AMI
+ Dokumentasi
 

"developing
health experts"

 

CONTACT

Jl. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri 64114 Jawa Timur
Tlp. 0354 773299 / 773535
Fax. 0354 721539