D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok Durasi : 4 tahun SKS : 146 Gelar : S.Tr.Kes
Pengobatan ala Tiongkok menjadi sebuah tren masa kini. Masyarakat mulai percaya dan mencoba pengobatan Tiongkok. Pengobatan Tiongkok dipercaya memiliki khasiat dan manfaat luar biasa dalam proses penyembuhan tubuh dari penyakit.
D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) IIK BW merupakan satu-satunya prodi PTT yang ada di Jawa Timur. Kami menjadi pelopor prodi PTT karena melihat animo massa yang banyak membutuhkan lulusan PTT. Untuk menciptakan lulusan dengan kualitas terbaik, kami telah bekerja sama dengan universitas ternama di Cina yaitu Yunnan University of Traditional Chinese Medicine.
Kami juga menggunakan dosen terbaik yang memiliki kompetensi, keahlian dan profesionalitas tinggi. Selain itu prodi PTT telah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium dan kelengkapan alat yang memadai pula. Hal ini membuat prodi PTT semakin mapan dalam mencetak lulusan PTT yang andal dan profesional.
Visi
Menjadi Prodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok yang diakui keberadaannya dalam menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, berwawasan kebangsaan, dan berperan dalam mendorong pembangunan berkelanjutan di bidang kesehatan pada tingkat nasional dan internasional pada tahun 2021.
Misi
-
Menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi dan vokasi yang kompeten dan dapat dipertanggung jawabkan sehingga menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional.
-
Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif di bidang kesehatan berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
-
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan keahlian di bidang ilmu dan teknologi kesehatan untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.
-
Melaksanakan manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama).
Kompetensi CAPAIAN LULUSAN Sikap:
-
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
-
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan Kode Etik Pengobatan Tradisional Tiongkok;
-
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
-
berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
-
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
-
berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
-
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
-
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
-
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
-
menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
-
Menginternalisasi budaya PLUS dalam memberikan pelayanan pengobatan tradisional Tiongkok.
Ketrampilan Umum:
-
mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang pengobatan tradisional Tiongkok;
-
mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur sesuai standar pengobatan tradisional Tiongkok;
-
mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pengobatan tradisional Tiongkok yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
-
mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
-
mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pelayanan pengobatan tradisional Tiongkok;
-
mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya;
-
mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
-
mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
-
mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Penguasaan Pengetahuan :
-
Menguasai konsep teoritis bidang ilmu kedokteran dasar (anatomi, fisiologi, biokimia, farmakologi, patologi, patofisiologi, imunologi, mikrobiologi, kegawatdaruratan medik, penyakit infeksi, diagnosis barat)
-
Menguasai konsep teoritis perkembangan pengobatan TCM, prinsip prosedur dan metode terapi akupuntur, tuina, herbal dan nutrisi sesuai dengan metode TCM
-
Menguasai pengetahuan faktual tentang esensi, makna dan perkembangan pengobatan TCM
-
Menguasai pengetahuan faktual tentang prinsip TCM: Yin Yang, Lima Unsur, Fenomena organ, Qi-Energi, Xue-darah, cairan tubuh dan Meridian
-
Menguasai konsep tentang penyebab penyakit dan proses perkembangan penyakit
-
Menguasai prinsip dan metode terapi TCM, 4 cara pemeriksaan klien, differensiasi sindrom menurut ilmu TCM
-
Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip promotif, dan preventif terhadap masalah-masalah kesehatan
-
Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip metodologi riset, penulisan proposal penelitian, penulisan abstrak, pembuatan dan presentasi poster
-
Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip kewirausahaan
Ketrampilan Khusus :
-
Mampu mengkaji sifat herbal (Indonesia dan Cina) dan mengaplikasikan untuk mengelola masalah kesehatan klien
-
Mampu mengaplikasikan metode akupuntur dalam mengelola masalah kesehatan klien
-
Mampu mengaplikasikan metode tuina dalam mengelola masalah kesehatan klien
-
Mampu mengkaji bahan makanan berkhasiat sesuai dengan kebutuhan klien untuk pemeliharaan dan pemulihan kesehatan klien
No |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
Teori |
Praktek |
1 |
AGI610 |
Agama |
3 |
|
2 |
SOP610 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
|
3 |
BAI620 |
Bahasa Indonesia |
3 |
|
4 |
SOW610 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
|
5 |
KDA630 |
Anatomi |
2 |
1 |
6 |
KDF630 |
Fisiologi |
2 |
1 |
7 |
KED631 |
Basic Health Science I |
2 |
|
8 |
BAE621 |
Bahasa Inggris I |
1 |
1 |
|
Jumlah |
17 |
3 |
No |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
Teori |
Praktek |
1 |
HOB610 |
Ilmu Sosial Budaya Dasar |
2 |
|
2 |
KED632 |
Basic Health Science II |
2 |
|
3 |
KDP631 |
Patologi |
2 |
1 |
4 |
KIB630 |
Biokimia |
2 |
1 |
5 |
KDP632 |
Patofisiologi |
3 |
|
6 |
BIM630 |
Mikrobiologi |
2 |
|
7 |
BIM620 |
Praktikum Mikrobiologi |
|
1 |
8 |
KDI630 |
Imunologi |
2 |
|
9 |
KDI620 |
Praktikum Imunologi |
1 |
|
|
Jumlah |
15 |
4 |
No |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
Teori |
Praktek |
1 |
FFA630 |
Farmakologi |
2 |
1 |
2 |
CMD631 |
Teori Dasar TCM |
4 |
|
3 |
CMH631 |
Herbal TCM I |
2 |
|
4 |
CMH621 |
Praktikum Herbal TCM I |
|
2 |
5 |
CMD632 |
Diagnosa TCM |
2 |
|
6 |
CMD620 |
Praktikum Diagnosa TCM |
|
1 |
7 |
CMA631 |
Akupuntur I |
2 |
|
8 |
CMA621 |
Praktikum Akupuntur I |
|
2 |
9 |
CMT631 |
Tuina I |
2 |
|
10 |
CMT621 |
Praktikum Tuina I |
|
2 |
|
Jumlah |
14 |
8 |
No |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
Teori |
Praktek |
1 |
KWK620 |
Kewirausahaan |
1 |
1 |
2 |
BAE622 |
Bahasa Inggris II |
|
2 |
3 |
HUE610 |
Etika dan Hukum Kesehatan |
2 |
|
4 |
KME620 |
Epidemologi Penyakit |
2 |
|
5 |
CMH632 |
Formulasi Herbal |
2 |
|
6 |
CMH622 |
Praktikum Formulasi Herbal |
|
1 |
7 |
CMA632 |
Akupuntur II |
2 |
|
8 |
CMA622 |
Praktikum Akupuntur II |
|
2 |
9 |
CMT632 |
Tuina II |
2 |
|
10 |
CMT622 |
Praktikum Tuina II |
|
2 |
11 |
MJN631 |
Menajemen Nutrisi I |
2 |
1 |
|
Jumlah |
13 |
9 |
No |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
Teori |
Praktek |
1 |
CMH633 |
Herbal TCM II |
2 |
|
2 |
CMH623 |
Praktikum Herbal TCM II |
|
1 |
3 |
FFA640 |
Farmakologi TCM |
2 |
1 |
4 |
MPP620 |
Metodologi Penelitian |
2 |
1 |
5 |
KKN620 |
KKN |
|
3 |
6 |
MJD630 |
Manajemen Fasyankestrad |
2 |
|
7 |
CMA641 |
Akupuntur dan Moksibusi |
1 |
1 |
8 |
CMA642 |
Scalp Puncture |
1 |
2 |
9 |
FFA630 |
Etnofarmakologi |
2 |
|
10 |
CMA643 |
Auriculo Puncture |
1 |
2 |
11 |
KPE630 |
Kegawatdaruratan Medik |
2 |
|
12 |
KDD630 |
Diagnosa Barat |
2 |
|
|
Jumlah |
17 |
11 |
No |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
Teori |
Praktek |
1 |
KME632 |
Penyakit Infeksi |
2 |
|
2 |
STS630 |
Statistik |
1 |
1 |
3 |
KMP620 |
Promosi Kesehatan |
1 |
1 |
4 |
MJN632 |
Manajemen Nutrisi II |
2 |
1 |
5 |
CMT640 |
Pijat Bayi |
1 |
1 |
6 |
PTO640 |
Budidaya Tanaman Obat |
1 |
1 |
7 |
PSP630 |
Psikologi Kesehatan |
1 |
1 |
8 |
KOE610 |
Komunikasi Efektif |
1 |
1 |
9 |
CMB640 |
Body Space Medicine |
1 |
2 |
10 |
CMH640 |
Herbal Terapan (Saintifikasi Jamu dan Fitofarmaka) |
1 |
2 |
|
Jumlah |
12 |
11 |
No |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
Teori |
Praktek |
1 |
PLK641 |
PKL I |
|
8 |
2 |
TAK641 |
Proposal |
|
2 |
|
Jumlah |
|
10 |
No |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
Teori |
Praktek |
1 |
PLK642 |
PKL II |
|
8 |
2 |
TAK642 |
Skripsi |
|
4 |
|
Jumlah |
|
12 |
Lihat video testimoni penerima beasiswa D4 PTT 2017
 |
Nurul Fitria Arman |
Bagaimana kesan Anda selama belajar di D4 PTT IIK BW?
Unik dan mengesankan.Uniknya karena kita bisa sekaligus belajar bahasa Mandarin di D4 PTT dan mengesankan karena dosen-dosennya berkompeten pada bidangnya sehingga membuat saya lebih mudah memahami materi yang disampaikan.
|
|
 |
Lata Manjari |
Bagaimana kesan Anda selama belajar di D4 PTT IIK BW?
Senang sekali bisa belajar di IIK BW. Dosen-dosennya sangat berkompeten dan selalu mengajari mahasiswanya sampai bisa. IIK BW satu-satunya lembaga yang berizin untuk menyelenggarakan pendidikan PTT yang bekerja sama dengan Yunnan University of Traditional Chinese Medicine yang sudah terbukti unggul dalam pendidikan PTT. Saya juga senang karena dapat kuliah sekaligus belajar bahasa Mandarin dan belajar tentang pengobatan herbal. |
|
|
|